Inilah Cara Tepat Mengobati Alergi Susu Sapi pada Anak

Mengobati Alergi Susu pada anak
Cara mengobati alergi susu pada anak,
Ilustrasi dari morinagasoya.com dan canva


Beberapa waktu yang lalu Sahabat saya menceritakan kalau anaknya yang berusia dua tahun mengalami ruam pada tangan dan sembelit. Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata anaknya mengalami alergi susu. Ibunya sedang mengusahakan cara tepat mengobati alergi susu sapi pada anak tersebut.


Sahabat saya bilang kalau saat anaknya bayi sampai usia dua tahun tidak mengalami gejala seperti ruam pada tangan dan sembelit. Ternyata  anaknya full ASI, tetapi setelah disapih dan dikenalkan dengan susu tambahan atau susu formula, memang sejak saat itu anaknya mengalami alergi susu.



Mengenal Alergi Susu 

Alergi adalah kondisi hipersensitivitas pada manusia yang menyebabkan timbulnya reaksi imunologi. Alergi ini tak hanya terjadi pada dewasa, bayi atau anak pun bisa mengalaminya. 


Salah satu jenis alergi yang terjadi pada anak adalah alergi susu. Apa itu alergi susu? Alergi susu merupakan reaksi yang berlebihan dari sistem kekebalan tubuh terhadap kandungan protein yang ada dalam berbagai produk olahan susu. 


Alergi susu terutama alergi susu sapi dapat terjadi karena sistem imunitas  anak mendeteksi protein susu sapi sebagai zat asing dan berbahaya sehingga sistem kekebalan tubuh akan melawannya seperti saat melawan bakteri atau virus. Akibatnya tubuh melepaskan histamin yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada anak.


Alergi susu ini berbeda dengan intolerance lactose, ya, Sahabat Catatan Leannie. Intolerance lactose ini tubuh tidak mampu mengolah laktosa karena kekurangan enzim laktase sehingga efeknya ke gangguan pencernaan. 


Sedangkan pada alergi susu, sistem imunitas bereaksi berlebihan atau hipersensitivitas terhadap protein susu. Sistem imun tubuh menganggap protein susu sebagai benda asing sehingga tubuh merespon dengan mengeluarkan histamin, sehingga menimbulkan gejala seperti ruam, diare, sembelit, atau reaksi lainnya.


Ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko alergi susu pada anak diantaranya memiliki orang tua yang punya riwayat alergi seperti asma atau eksim, anak mengalami dermatitis atopik, memiliki alergi pada jenis minuman atau makanan lain.


Faktor lain yang ikut meningkatkan risiko alergi diantaranya polusi udara, asap rokok, binatang peliharaan, dan juga faktor cuaca. 



Gejala Alergi Susu Sapi

Reaksi alergi pada anak bisa bermacam-macam. Gejala alergi pada anak dapat muncul saat mengkonsumsi susu atau produk susu, bisa juga timbul gejala beberapa jam setelahnya. Gejala yang umum terjadi karena alergi susu yaitu:


🌷Diare

🌷Muntah

🌷Bibir atau mulut terasa gatal

🌷Bibir atau lidah membengkak

🌷Hidung terasa gatal dan berair

🌷Kram pada perut

🌷Mata berair

🌷Sesak napas


Jika muncul gejala alergi sesaat atau beberapa jam setelah mengkonsumsi susu atau produk olahan susu lainnya, segera hubungi dokter. 


Alergi susu juga bisa memicu reaksi alergi yang parah atau anafilaksis, seperti sesak napas, jantung berdebar, tekanan darah menurun, dan penurunan kesadaran. Segera cari pertolongan ke IGD terdekat jika muncul gejala di atas.



Diagnosis

Diagnosis alergi susu ini dimulai dari wawancara dokter terhadap pasien yang meliputi gejala, riwayat kesehatan, daftar berbagai jenis makanan atau minuman yang dikonsumsi selama beberapa hari yang lalu. Setelah itu dilakukan pemeriksaan fisik. 


Penegakkan diagnosis biasanya dilakukan dengan tes darah, terutama pemeriksaan immunologi dengan mengecek kadar immunoglobulin E sebagai penanda alergi. 


Tes alergi ini penting dilakukan karena menjadi skrining terhadap kesehatan anak. Bisa jadi anak tak hanya alergi terhadap susu sapi saja tetapi alergi terhadap pencetus lainnya, baik dari faktor makanan atau lingkungan.


Gejala alergi dapat mempengaruhi proses tumbuh kembang anak. Lakukan tes alergi  untuk mengetahui gejala alergi pada anak dan konsultasi langsung dengan dokter.


Segera lakukan penanganan lebih lanjut jika sudah muncul gejala alergi seperti ruam di tangan, leher atau bagian tubuh lainnya. Selain itu, ada juga yang mengalami diare, sembelit atau lainnya.



Cara Mengobati Alergi Susu Sapi

Pengobatan alergi susu pada anak
Pengobatan alergi susu,
Ilustrasi dari morinagasoya.com

Jika Mom's bertanya tentang cara mengobati alergi susu pada anak, sebenarnya sampai saat ini belum ditemukan obat untuk mengatasi alergi ini, tetapi ada beberapa cara tepat  untuk meredakan gejala alergi susu sapi pada anak, diantaranya:


1. Pemberian obat-obatan 

Untuk meredakan gejala akibat reaksi alergi biasanya diberikan histamin. Sedangkan untuk mencegah reaksi anafilaksis yaitu dengan obat suntik epinephrine atau adrenaline.


2. Melakukan upaya pencegahan alergi 

Upaya pencegahan bisa dilakukan dengan menghindari susu sapi dan produk olahannya seperti mentega, yoghurt, keju, cokelat, dan es krim.


3. Pemberian susu soya atau susu formula hypoallergenic 

Susu formula hipoallergenic atau susu soya dapat  menjadi solusi untuk mengatasi alergi susu sapi pada anak. Protein dalam susu formula hypoallergenic sudah melewati proses khusus sehingga bisa mencegah reaksi alergi susu sapi pada anak. 


Pemberian susu jenis ini diberikan pada anak berusia 2 tahun ke atas atas rekomendasi dokter, contohnya Susu Morinaga Chil School Soya Moricare Triple Bifidus yang cocok dikonsumsi untuk anak usia 3-12 tahun.

Solusi Alergi Susu Sapi
Solusi alergi susu sapi,
Ilustrasi dari morinagasoya.com dan inshot


Tak perlu khawatir, jika anak memiliki alergi susu sapi, karena nutrisi yang terdapat dalam susu sapi juga dapat diperoleh dari makanan pengganti lainnya. 


Berikan asupan makanan bergizi dan mengandung vitamin D seperti bayam, brokoli, kacang kedelai, tahu tempe, ikan, jamur, seafood, dan telur.


Itulah cara tepat untuk mengobati alergi susu sapi pada anak. Kenali gejala alergi sejak dini dan lakukan pencegahan untuk mengurangi risiko terjadinya alergi pada anak. 


Salam,












108 comments

  1. Noted banget sih ini mba buat aku yg belum punya anak, supaya bisa lebih paham jika anak mengalami alergi susu sapi dan langkah yang harus dilakukan sprt apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangankan yg belum berkeluarga saya saja ini udah punya anak usia sembilan tahun, malah baru tahu sedetail nya itu setelah membaca artikel ini. Memang sangat bermanfaat

      Delete
    2. Syukurlah Teh jadi tahu tentang alergi susu ya

      Delete
  2. Alergi susu sapi penggantinya bisa soya ini ya, Mbak Li? Morinaga Soya untuk anak usia 3-12 tahun bisa menikmatinya. Yang alergi terhadap susu sapipun tetap bisa minum susu donk, ya dengan menggantinya dengan soya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Simbok. Bisa konsumsi Morinaga Soya buat ngatasin alergi susu sapi

      Delete
  3. Iya ada anak yang alergi susu sapi. Itu makanya senang banget ada pilihan yang soya begini. Setidaknya anak yang alergi susu sapi tetap bisa mendapat asupan gizi dari susu soya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mba. Kebayang Kan ortunya yang pengen kasih susu ke anak, eh anaknya alergi. Untunglah ada Morinaga Soya ini

      Delete
  4. Kalau yang alergi susu sapi itu termasuk susu yang udah diolah ke makanan ga sih? Misalnya kue. Kalau iya mayan juga ya repot. Di keluarga belum ada histori alergi susu sapi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya begitu Mba, Kan tubuh anaknya nggak bisa dikasih Susu dan produk olahnya. Makanya yang punya anak alergi, asupan makanan harus diperhatikan banget. Cek kemasan produk sebelum makan makanan yang dijual bebas

      Delete
  5. Bahaya juga ya kalau anak mengalami alergi susu sapi , harus segera ditangani. Untung sekarang sudah ada susu zoya yang khusus untuk anak alergi susu sapi jadi ortu gak perlu khawatir kalau anak ada riwayat alergi susu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, reaksi alergi bisa sampai menyebabkan anafilaksis sih

      Delete
  6. senengnya sekarang Morinaga menyiapkan susu untuk anak2 yang alergi
    Sebelum pandemi saya ikut talkshow tentang sulitnya ibu2 yang punya anak dengan alergi
    Mereka terpaksa membeli susu impor
    Gimana dengan yang gak mampu? Ya anaknya gak minum susu. Pedih banget ya dengernya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untungnya ada pengganti susu sapi yaitu susu soya untuk anak yang alergi susu

      Delete
  7. Memang sudah terbukti kok, bakteri Bifidobacterium yang jadi salah satu dari triple bifidus itu memang bisa mengurangi reaksi alergi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh karena ada kandungan bakteri ini di dalam susu Morinaga Moricare Soya yang bantu atasi alergi susu sapi pada anak. Kalau alergi lainnya, bakalan ngefek jugakah?

      Delete
    2. Khusus untuk alergi Susu Sapi aja Teh. Bakteri ini bekerjanya juga Di dalam pencernaan. Pencernaan sehat, anak juga sehat. Kalau alergi lain kan beda pencetusnya.

      Delete
    3. Haturnuhun, teh Lia.
      Karena yang kebayang di aku dengan asupan susu soya bisa meningkatkan imun tubuh.

      Delete
  8. Menghindari trigger dari alergen ini adalah salah sat langkah yang bisa dilakukan ketika mengetahui anak mengidap alergi tertentu. Namun orangtua sering resah dengan kecukupan gizi ananda. Alhamdulillah kini ada Morinaga Soya Moricare Triple Bifidus yang bisa bantu mencukupi kebutuhan gizi ananda, terutama di masa pertumbuhan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul untung ada Morinaga Soya. Memang yang paling efektif melakukan upaya pencegahan terhadap alergi sih.

      Delete
    2. Panik yaa..mengetahui anak sakit dan tanpa tahu triggernya.
      kalau uda ketahuan karena alergi susu sapi, ini nyaman banget. Dengan konsumsi Morinaga Soya yang rasanya juga tetap disukai anak-anak.

      Delete
  9. Baca pengalaman anak alergi susu sapi kok jadi prihatin ya tapi sekarang teknologi sudah maju makanya ada susu soya. Btw anakku belum pernah beli susu morinaga, jadi penasaran sih bun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untungnya sekarang ada Morinaga Soya sebagai pengganti susu sapi

      Delete
    2. InsyaAllah nanti lihat di super market deket rumah pas belanja bulanan ya teh

      Delete
  10. anakku juga alergi, untungnya bukan alergi susu sapi. Blom pernah cobain tes alergi karena setauku harganya lumayan. Sayang, di zamannya, blom ada ni Morinaga ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, untung sekarang sudah ada susu untuk anak yang punya alergi susu sapl

      Delete
  11. Alergi susu ini bukannya sama ya dengan lactose intolerance? Ada sih dosen saya di Unila yg alergi susu, jadi kalo pas seminar skripsi mahasiswa senengnya dikasih makanan ringan yang berbahan non susu (jajanan pasar seperti lemper, lambangsari, dll)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda, Kak, kalau intoleransi laktosa itu tubuh tidak mampu mengelola laktosa karena kekurangan enzim laktase, biasanya efeknya ke gangguan pencernaan. Nah, kalau alergi itu tubuh sistem imunitas bereaksi berlebihan atau hipersensitivitas terhadap protein dari Susu. Jadi dianggap benda asing oleh tubuh dan tubuh merespon dengan mengeluarkan histamin sehingga timbul gejala alergi seperti ruam, batuk, diare atau sembelit. Beda-beda sih reaksinya

      Delete
  12. alergi ini biasanya memang harus kita kenali sejak dini ya biar bisa dihindari pemicunya. kalau alergi susu sapi alhamdulillah sekarang sudah ada banyak susu alternatif yang bisa diberikan untuk anak kita ya, mbak

    ReplyDelete
  13. Waktu putra saya balita, ia juga konsumsi Morinaga. Lalu udah lebih gede dia lanjut minum susu uht nya yaitu Chillgo. Suka banget karena emang enak

    ReplyDelete
  14. Walau belum nikah dan belum punya anak, aku seneng nemu artikel parenting+kesehatan anak gini. Aku catetin gejala alergi susu sapi dan cara menanganinya. Meski anak alergi susu sapi, tetap bisa dapat nutrisi yang setara melalui susu soya dan makanan bergizi lainnya ya mba. Noted banget

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah dua anak perempuan saya gak ada masalah sama susu sapi maupun produk dairy lainnya. Tapi kalaupun suatu saat dihadapkan pada kondisi ini, atau ada keluarga yang bertanya, udah tahu nih rekomendasikannya ke susu chil school soya.

    ReplyDelete
  16. Alergi susu sapi pun gejalanya bisa sesak napas juga ya Teh? Wah perlu peka ini keluarga melihat gejala agar penanganannya cepat dilakukan

    ReplyDelete
  17. Sefatal itu ya kalau kena alergi susu, kebayang deh gimana pas mereka kena reaksinya, kasihan juga jadinya anak-anak tidak dapat protein susu. Untung sekarang ada solusi susu soya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga kak Lia,
      Jadinya kudu gercep juga memahami apa saja gejala alergi, sehinga kalau ada apa-apa bisa langsung mendapat penanganan

      Delete
  18. anakku alergi susu sapi, Mba. Dan saat ini juga sedang minum susu morinaga chilschool 4 soya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, 5 anakku gak ada yg alergi susu sapi. Namun, ada keponakan yang alergi susu sapi dan sepertinya orang tuanya mengalihkannya ke susu soya. Morinaga susu soya ini bisa direkomendasikan ke ortunya, nih.

      Delete
  19. Untungnya sekarang sudah ada Morinaga Chil School Soya ya ... jadi anak yang alergi susu sapi bisa diberikan susu soya ini.

    ReplyDelete
  20. Pernah ngobrol-ngobrol dengan tetangga, susu soya ini memang jadi solusi buat bu ibu dengan anak yang memiliki riwayat alergi susu sapi. Ibu tenang, anak senang

    ReplyDelete
  21. Ternyata banyak ya efek yang ditimbulkan karena alergi susu sapi ini. Makanya penting bagi balita untuk dicek apa saja alerginya. Untung sudah ada morinaga susu soya sebagai pengganti susu sapi yang nutrisinya juga lengkap. Jadi anak2 dg alergi susu sapi bisa tetep memperoleh gizi lengkap..

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah ya, mbak sekarang sudah cukup banyak susu untuk anak yang alergi susu sapi seperti susu dari morinaga ini

      Delete
  22. untung ya sudah ada Morinaga Chil School Soya ya, salah satu solusi untuk memenuhi kecukupan gizi anak yang alergi susu sapi

    ReplyDelete
  23. Terkadang ada anak yang mengalami alergi susu ya mbak
    Tapi jika tahu penyebabnya,kita bisa mencari solusinya

    ReplyDelete
  24. Ya benar sekali. Alergi susu jangan diremehkan tapi harus bisa dicarikan

    ReplyDelete
  25. Saya juga pernah menanyakan kepada dokter masalah alergi ini. Juga direkomendasikan susu soya. meskipun anak saya Alhamdulillah tidak ada yang alergi susu.

    ReplyDelete
  26. Penanganan alergi pada anak wajib diketahui setiap ortu, apa yang harus dilakukan biar ga panik, dan melek info akan makanan atau asupan apa yang baik untuk anak alergi, jadi anak akan tumbuh dan berkembang sesuai usianya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget mba, terkadang masih banyak yang abai, pdhl seharusnya cek alergi lebih cepat sebelum parah

      Delete
  27. Cara yang sering dipakai dokter untuk menghindari pencetus alergi memang dengan cara menghindari pencetusnya.
    Sebetulnya kasian anak alergi bisa mencukupi nutrisinya pakai susu soya Morinaga yang lengkap kandungannya

    ReplyDelete
  28. iya ya mba, ada anak2 yg alergisusu sapi. untungnya ada solusi lain ya mba pake susu soya

    ReplyDelete
  29. Wah, ada ya anak alergi susu sapi. Selama ini saya belum nemui sih. Padahal kandungan susu sapi juga baik untuk imun tubuh. Untungnya ada alternatif ya. Ada susu Soya Moringa yang lebih disukai anak karena kandungannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kak, untungnya ada alternatif untuk bayi yang alergi terhadap susu sapi, alhamdulillah ada Sus soya yg bisa dikonsumsi anak

      Delete
  30. Senangnya kini ada solusi terbaik baik anak usia 3-12 tahun yang alergi susu sapi. Ada Morinaga Chill School Soya Moricar Triple Bifidus yang akan memenuhi nutrisi mereka

    ReplyDelete
  31. Ngeri juga ya gejala alergi susu sapi sampai sesak napas paling parah. Aku juga baru tahu kalo alergi susu sapi beda dengan intoleransi laktosa

    ReplyDelete
  32. Alhamdulillah, kini para orang tua yang anaknya alergi terhadap susu sapi nggak perlu risau lagi ya dengan pemenuhan kebutuhan protein untuk anak-anaknya, karena bisa diganti dengan menggunakan susu soya.

    ReplyDelete
  33. sejak anakku masuk RS gegara diare, aku tim yang jadi was was dengan produk susu khawatir kalau ternyata alergi susu, dapat info ini sepertinya akan kucoba buat ngasih ini

    ReplyDelete
  34. Anakku juga pakai Child Kid Soya tapi yang 3 karena usianya baru 2 tahun. Kemarin sempat ke dokter kok ada gejala yang bikin khawatir pas konsumsi susu, akhirnya diminta ganti dan alhamdulillah pakai Child Kid Soya aman.

    ReplyDelete
  35. nambah lagi ilmu parenting saya soal mengurus anak terutama dalam menangani alergi susu pada si kecil, kebetulan saudara saya juga konsumsi produk susu ini mba

    ReplyDelete
  36. Tantangan tersendiri untuk orang tua dg anak yg memiliki alergi karena kadang makanan atau minuman yg ga boleh dikonsumsi justru itu yg dipinginin. Kalau alergi susu sapi nah bisa dialihkan pada Morinaga Child Soya.

    ReplyDelete
  37. Bagus nih kalau ada inovasi susu buat anak-anak yang alergi pada susu sapi. Jadi mereka pun tetap bisa minum susu dan sehat.

    ReplyDelete
  38. Anak saya juga pernah alergi susu. Setelah itu jadi lebih selektif membeli dan memilih susu untuk anak

    ReplyDelete
  39. Alergi susu bisa banget diatasi, ya. Anak pun tumbuh kembangnya tetap bisa optimal

    ReplyDelete
  40. Untunglah susu Morinaga soya bisa jadi solusi buat anak2 yang alergi susu sapi yaaah. Kadang kalo anak bergejala gitu kita mikirnya sakit biasa aja, jadi hanya dikasih obat. Ternyata harus tes alergi yah baru bisa ketahuan deh.

    ReplyDelete
  41. Dampak dari adanya alergi susu teryata memang agak parah ya mba. Bahkan sampai sesak napas gitu. Sosialisasi seperti ini yang penting agar makin banyak yang aware

    ReplyDelete
  42. nambah lagi pengetahuan saya dalam ilmu parenting, khususnya untuk pola asuh anak dalam urusan minuman, jadi tahu apa yang wajib dilakukan ketika anak alergi minuman

    ReplyDelete
  43. Susu Morinaga Chil School Soya untuk rasa cukup enak dibandingkan dengan susu soya lainnya. Untuk anak dengan alergi susu sapi cukup membantu memenuhi gizi mereka tanpa membuat mereka alergi dan dengan rasa yg mereka suka. sampai sejauh ini belum ada kekurangan yg ditemukan, karena anak suka dan masalah alergi teratasi

    ReplyDelete
  44. Iya bener, anakku dulu alergi susu sapi efeknya sering radang tenggorokannya. Dokter anak sih bilangnya alergi jadi mesti ganti jangan konsumsi susu sapi. Dan jaman anakku, Morinaga Soya ini udah ada loh, untung aja hanya si sulung yang alergi susu sapi ini.

    ReplyDelete
  45. Selalu gak tega kalau liat anak-anak diserang alergi. Jadi perlu banget dilakukan pencegahan, pengobatan, hingga mengganti susu sapi dengan soya kayak Morinaga Chil School Soya Moricare Triple Bifidus gini ya. Semoga anaknya selalu baik-baik saja dan sehat ya mbak. Aamiin

    ReplyDelete
  46. Sulungku dulu malah pernah alergi saat ASI lho Mbak, pas umur 2 bulanan gitu klo ndak salah, padahal dia ASI terus gak campur sufor (kecuali pas di awal lahir saat masih di RS), saat itu sama Paramedisnya dikasih sufor, saya juga belum tahu waktu itu kalau anak masih ada cadangan hingga 3 hari.
    naah saat alergi itu saya malah yang puasa gak boleh makan yang sekiranya pencetus alergi, termasuk produk turunan susu hingga usianya 6 bulan, saatnya MPASI.

    ReplyDelete
  47. Kalau sudah alergian kayak saya ini duhh enggak enak banget ya, makan minum apa aja jadi terbatas.
    Syukurlah sekarang ada Morinaga Chill School Soya untuk anak alergian. Jadi nutrisi mereka tetap terpenuhi tanpa takut alergi.

    ReplyDelete
  48. Wah aku jadi keingetan sama ponakanku yang alergi susu coklat nih. Terimakasih infonya mom sangat membantu, nanti aku kasih tahu ke sep[upu aku ya.

    ReplyDelete
  49. Sedih banget kalau anak alergi susu ya, Mbak. Beruntung sekarang ada solusi buat anak yang alergi susu. Btw; aku baru tau beberaps gejala anak alergi susu. Ternyata sesak nafas juga masuk, ya

    ReplyDelete
  50. Well noted bangettt mba.
    Aku jg sering konsul k dokter anak terkait alergi sufor yg dialami ponakanku.
    Benerrrr bgt, Solusinya sebagaimana d artikel ini.

    ReplyDelete
  51. Tips ini sangat dinanti oleh orangtua baru atau orangtua dari bayi yang baru lahir. Karena pasti waspada dengan alergi susu. Saya juga gitu, dulu, selalu cari tips dan rekomendasi. Alhamdulillah 3 anak tidak mengalaminya.

    ReplyDelete
  52. Catet! Sejauh ini, Keponakan gak ada kelihatan alergi dengan susu sapi. Jadi ya aman-aman aja. Tapi tetap kudu tahu ya gejala dan cara mengatasinya

    ReplyDelete
  53. Anakku alergian sejak bayi, dulu full ASI habis itu pelan pelan susu uht bertahap alhamdulillah sekarang kalau susu dah ga alergi.
    Noted🙏 susu soya bagus ya buat anak yang alergian

    ReplyDelete
  54. Walau anak-anakku sejauh ini ga ada alergi susu sapi dan minumnya paling susu UHT,yyaaa ampunn ini lengkap banget informasinya,detail dan sangat mudah dipahami. Makasih banyak sharing infonya hehe

    ReplyDelete
  55. Kalau boleh menambahkan sebelum mengobati, ajak anak tes alergi dulu supaya ketauan faktor2 lain yang ada kemungkinan bikin alergi :D
    Susu soya ini memang terkenal sebagai pengganti susu formula sapi buat anak yang alergi sapi ya mabk?
    Teknologinya Morinaga jg ok nih krn susunya megandung prebiotik yg bagus buat pencernaan.

    ReplyDelete
  56. Alergi susu sapi bisa diatasi ya mbak
    Agar anak anak tidak terhambat tumbuh kembangnya

    ReplyDelete
  57. anakku juga dulu alergi susu, kalau udah minum tuh, tiap kali jadi gatal-gatal beruntusan kulitnya. wah makasih tipsnya ya mbak, jadi bisa mengantisipasi alergi susu pada anak dan mengobatinya

    ReplyDelete
  58. Sekarang mah banyak yaa susu pengganti buat anak yang alergi susu sapi. Dulu adek Fi pernah divonis alergi susu sapi pas masih baby banget. Bingung cari susu soya yg bagus tuh. Dari Morinaga belum ada dulu. Kalau dah ada mgkn Adek minum ini dulu.

    ReplyDelete
  59. Alergi ini memang sampai sekarang belum ada obatnya ya mbak, yang bisa dilakukan hanyalah upaya pencegahan terhadap pemicunya. Kalau alergi susu sapi kadang ortu khawatir juga gimana dengan pemenuhan kebutuhan proteinnya, syukurlah sekarah sudah ada susu soya buat anak yang alergi susu sapi

    ReplyDelete
  60. Memang alergi susu sapi ini susah-susah gampang diatasi, ya. Saya pun alergi susu, tapi sepertinya lebih ke lactose intolerance yang saya alami. Tetap bisa konsumsi susu sapi, tapi dengan jumlah yang terbatas. Susu soya juga dapat menjadi alternatif nih. Selain harga yang terjangkau, juga sama dapat menyehatkan.

    ReplyDelete
  61. Well noted banget nih buat tipsnya kak, apalagi emang alergi susu sapi tuh kayak complicated banget buat dihindari karena mostly makanan-minuman pake susu sapi.

    ReplyDelete
  62. anakku waktu usia 1 tahun alergi susu sapi, mbak. Pastilah bentol merah kulitnya kalau minum susu atau saat aku minum susu, makan keju dia ikutan kena imbas karena masih menyusu. Sempat cobain susu soya. Alhamdulillah makin gede, alerginya hilang.

    ReplyDelete
  63. Alhamdulillah ya sekarang mah gampang buat cari alternatif susu sapi buat yang alergi susu sapi. Jadinya gak khawatir anak kekurangan zat penting dalam susu. Orang tua yang anaknya alergi susu sapi kudu tahu nih susu inj. Kandungan gizi baik susu ada di susu ini ya.

    ReplyDelete
  64. Alergi ini memang harus segera ditangani.. Apalagi kalau anak alergi, kasian banget yaaa.. Pemberian susu soya ini salah satu cara yg tepat untuk melengkapi nutrisi anak tanpa khawatir alergi lg nih..

    ReplyDelete
  65. Alhamdulillah sekarang ada Morinaga Soya, bisa diberikan pada anak alergi susu sapi. Terbantukan sekali ya, Mbak para ibu yang buah hatinya alergi susu sapi.

    ReplyDelete
  66. alergi susu sapi pada anak nih jadi momok sekali untuk orang tua yah mba, karena anak-anak lebih banyak yang konsumsi susu sapi tapi kalo ada alerginya jadi susah deh, untung ada child school soya yang bisa jadi solusinya

    ReplyDelete
  67. Sepakat banget kalau ada alergi susu sapi mending diganti susu soya atau susu hipoalergenik. Kudu cek ricek anak alergi ga jadi bisa ambil keputusan mau pakai susu apa

    ReplyDelete
  68. Orang tua yang anaknya alergi gak perlu khawatir lagi ya, tetap bisa dapat tambahan nutrisi dengan konsumsi susu soya

    ReplyDelete
  69. Salah satu yang bikin ibu bingung banget kalau anak-anak alergi. Apalagi alergi susu sapi.. alhamdulillah ada tips dan trik yang yang mudah diaplikasikan. Terimakasih mba

    ReplyDelete
  70. Mama mama yang anaknya alergi susu sapi pasti bisa bahagia baca ini. Selalubada solusi dari Morinaga apalagi memang dikenal sebagai susu yang rasanya mayoritas disukai anak-anak.

    ReplyDelete
  71. Dulu saya pikir semua susu itu sama untuk bayi. Ternyata ada beberapa jenis susu yang dapat mengakibatkan alergi ya mbak. Kasihan juga misal bayi alergi sama susu, jadi menghambat nutrisi yang masuk

    ReplyDelete
  72. alhamdulillah ya, mbak sekarang sudah ada pilihan susu selain susu sapi untuk anak yang alergi susu sapi. memang masalah alergi ini tidak bisa dianggap remeh juga soalnya berpengaruh ke tumbuh kembang anak

    ReplyDelete
  73. Pengecekan alergi penting kalau dilakukan saat masih anak-anak, jadi mengurangi resiko fatal dan antisipasi dengan langkah yang tepat

    Saya baru tau Morinaga soya ini bisa dikonsumsi sampai anak 12 tahun ya ,Mbak....

    ReplyDelete
  74. anak alergi itu memang bikin was-was ya Mbak, sebagai orang tua kita harus jeli melihat tanda-tanda pada anak ya sebelum terlambat dan jadi penyesalan.

    ReplyDelete
  75. Pernah juga mengalami kejadian seperti ini si kecil alergi susu sapi sehingga harus mengkonsumsi susu soya, alhamdulillah tumbuh kembangnya baik

    ReplyDelete
  76. Sedih kalau anak alergi susu sapi, sedangkan dia ga bisa minum ASI lagi. Untung udah ada solusinya ya sekarang, jadi lega deh.

    ReplyDelete
  77. Jadi tahu nih gejala anak yang alergi susu. Bisa muntah dan diare. Kadang beranggapan ini karena masuk angin, eh ternyata gejala alergi susu.

    ReplyDelete
  78. Alergi adalah teman sejatiku dari kecil sampai sekarang Mba. Anak juga ada kecenderungan alergi walau masih belum tahu pasti karena belum sempat tes. Alhamdulillah dengan susu formula kedua anak ngga alergi. Alhamdulillah juga sekarang ada Morinaga Chil-Skool yang pas buat anak dengan alergi susu ya.

    ReplyDelete
  79. Kadang anak-anak memang agak sensitif terhadap makanan. Memang ada yang biasa aja, tapi banyak juga yang hanya cocok dengan jenis susu tertentu. Nah, reaksi tubuh anak sering kali beacam-macam ketika alergi susu. Kita bisa coba lakukan tindakan seperti yang dijabarkan di artikel di atas.

    ReplyDelete
  80. Kasian emang kalau anak kecil alergi susu. AKu punya ponakan yang gtu soalnya. Untung ada susu kyk morinaga soya sebagai pengganti susu protein hewani ya, sehingga anak2 yang alergi protein susu hewani masih bisa konsumsi susu ini.
    Tp biasanya makin gede akan menghilang sih ya, emang paling bener lakukan tes alergi nanti.

    ReplyDelete
  81. Jadi nggak harus dipaksa minum susu sapi ya mbak, kalau memang alergi. Karena nutrisi yang terdapat pada susu sapi bisa dipenuhi dari sumber lain...

    ReplyDelete
  82. Beruntung ya jaman sekarang sudah banyak alternative untuk anak yang alergi susu sapi, salah satunya Morinaga Soya. Semoga sehat selalu untuk anak yang terdiagnosa alergi agar tetap nutrisinya tercukupi.

    ReplyDelete
  83. KLo anak alergi susu sapi bisa diasup dengan yang lainnya skg untungnya ada susu yang bisa mengatasi alergi

    ReplyDelete
  84. Terimakasih nih infonya aq mau infoin ah ke sepupu info ini berguna banget yg punya alergi yah

    ReplyDelete
  85. Susu soya bisa jadi alternatif yang bagus untuk anak yang lactose intolerant yah. Sekarang banyak brand susu yang mengeluarkan varian soya seperti Morinaga :)

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Komentar akan muncul setelah saya setujui. Mohon tidak berkomentar sebagai anonim atau menyertakan link hidup. Link hidup akan saya delete. Maaf jika ada komentar yang belum terbalas.

ASUS Zenphone 9