Indonesia Website Awards

Pengalaman Kuret dengan BPJS di RSKIA Kota Bandung

RSKIA Kopo
RSKIA Kota Bandung


Saya menuliskan kembali pengalaman ini setelah proses kuret dilakukan tanggal 22 Mei 2020, dua hari sebelum lebaran di RSKIA Kota Bandung.  Menuliskan cerita ini, sebagai pengingat diri dan melepas rasa yang tertinggal di hati. 

Sebelumnya saya udah bercerita tentang proses mendatangi berbagai rumah sakit di Bandung dan Cimahi, udah keliling-keliling sampai empat RS akhirnya memutuskan untuk kuret di RSKIA Kota Bandung yang terletak di daerah Kopo.

Memang butuh waktu bagi saya menliskannya kembali saat proses kuret kemarin karena jujur saja sampai sekarang masih ada beberapa kenangan yang terus melekat dalam pikiran saya.

Beberapa waktu yang lalu, saya kembali flashback lagi mengingat hal ini. Saat melihat ibu hamil yang perutnya besar, auto saya usap perut saya. Cuman inget aja calon bayi yang udah enggak ada.

Kadang lihat yang lahiran juga entah kenapa saya inget juga. Padahal dede udah ada di tempat yang lebih baik. Berusaha mengikhlaskan tapi tetep belum bisa melupakan kalau dia pernah singgah meaki hanya dua bulan lamanya.


Baca juga : Untukmu yang pernah singgah, sekejap tetapi selalu kuingat


Jadi memang beberapa minggu kemarin, sempat agak merenung cukup lama. Saya jadi memikirkan banyak hal. Soal pekerjaan, mendampingi anak sekolah online, juga mengingat kembali saat keguguran kemarin.

Agak sedih juga tapi saya enggak pengen malah jadi stress yang berkepanjangan, maka saya kembali menuliskan ini.


Proses Kuret dengan BPJS, Dari Rujukan Faskes (Puskesmas) ke RS


Back to topic, deh. Pengalaman saya ke IGD salah satu rumah sakit swasta di Cimahi memang enggak banget. Inget itu jadinya bikin enggak enak hati aja.


Baca juga: Pengalaman Kuret dan ke IGR RS dengan BPJS saat Pandemi dan Jelang Idulfitri


Jadi akhirnya saya dan suami memutuskan untuk kuret ke RSKIA Bandung setelah dapat rujukan dari Puskesmas Garuda. Saya ke Puskesmas Garuda atas saran dari dokter faskes I yang menangani BPJS.

Saat datang ke Puskesmas Garuda, saya langsung ditangani dengan baik. Dari bagian administrasi, perawat, petugas lab, bidan juga dokter semuanya ramah.

 Saat itu jujur aja saya udah lemes banget begitu sampai puskesmas ini karena udah keliling-keliling sampai empat RS di Bandung .

Saya udah menyiapkan diri dengan puasa dari jam 06.00 WIB soalnya biar kalau ketemu dokter di RS dan dijadwalin kuret saya udah siap. Prosedurnya minimal 8 jam disarankan puasa saat akan kuret.

Salut sama Puskesmas ini, pelayanan lengkap 24 jam ada fasilitas rawat inap dan pelayanan nakes di sana baik-baik semuanya. Masyaallah saya doain mereka sehat selalu dan bisa memberi pelayanan baik sama pasien-pasiennya.

Nah, setelah dapat rujukan dari Puskesmas Garuda ke RSKIA Kopo, saya dan suami langsung menuju ke RS ini. Jujur aja saya memang udah menyiapkan diri buat puasa dari jam 06.00 WIB.

Saya ingat saat awal kehamilan kemarin, bisa berpuasa meski selang seling alias enggak tiap hari.  Saat akan datang ke IGD RSKIA saya udah agak pusing banget. 

Sebenarnya saat sampai di Puskesmas Garuda pun, saya pun udah merasa agak lemes karena udah bolak-balik 3 rumah sakit dan masih puasa juga sampai tengah hari.


RSKIA Kota Bandung, akhirnya Kuret di sini


Di RSKIA Kopo ini bangunan depannya bagus banget. RS pemerintah yang bangunannya enggak kalah sama RS Swasta. Dulunya sih di RSKIA yang di Jalan Pajagalan, RS lama yang sekarang udah pindah ke Kopo.

Begitu masuk ke IGD, suami mengambil  berkas  persyaratan BPJS, sementara saya ngobrol dengan perawat IGD. Saya jelaskan kondisi di tensi dulu dan hasilnya memang rendah, tensi 90/60.

Akhirnya saya disuruh berbaring di IGD, sambil menunggu suami. Dia bilang cukup jauh juga dari IGD ke bagian administrasi. Harus bolak-balik juga karena minta KTP, Kartu BPJS dll. Kasian suamiku, dia juga pasti lelah udah keliling-keliling dari pagi.

Saya ingat anak saya yang dititipin ke Mama. Kangen juga sama dia. Selama bedrest, memang mama yang jagain.

Sempat visit dokter terus usg juga, katanya udah mau bersih, cuman masih ada sisa-sisa sedikit lagi. Sebenarnya udah pembukaan satu dari saat dicek di Klinik deket rumah.

Mungkin bisa jadi enggak perlu dikuret, hanya dikasih obat aja cuman berarti kalau enggak ada tindakan kuret berarti enggak dicover BPJS. Begitu penjelasan dokter di IGD.

Saya pun berpandangan sama suami, tahu kalau akhirnya enggak kepake BPJS dan harus bayar mandiri, mungkin saya udah ke RS Swasta dekat rumah aja. Enggak usah ribet ngurusin BPJS dan lainnya.

Seketika saya pusing banget dan mendadak pengen ke kamar mandi. Tadi udah diambil darah juga, periksa lab pastinya. Dulu saya yang meriksa hasil lab, sekarang saatnya jadi pasien.

Suami mengantar saya ke kamar kecil, karena saya ingin ke air. Tenyata memang bercak darahnya hanya tinggal sedikit lagi, percis darah menstruasi hari terakhir. 

Ya memang pas pendarahan terparah dan cukup banyak udah dari beberapa hari yang lalu sebelum ke RS ini. Saya pun berjalan lagi ke kamar IGD mau rebahan lagi, soalnya kepala udah kleyengan pusing banget rasanya.

Suami memang jalan di sebelah saya, saat itu saya hampir ambruk dan untunglah dipegang suami. Habis ini para perawat langsung ngambil kursi dorong nyuruh saya duduk dan berbaring.

Saya pun kembali di tensi dan memang saat itu tensi saya rendah banget sampai 55/90. Saya pun rebahan lagi. Dikasih air minum anget saat itu. Perawat bilang masih nunggu hasil lab sama tergantung keputusan dokter kandungan apa perlu dikuret atau cukup dengan obat aja.

Ibu, ayah, mertua beberapa kali menghubungi suami nanya keadaan saya. Mereka belum bisa jenguk ke RSKIA Kopo karena jauh juga dari rumah dan saya pun minta didoain aja dari jauh. Kasihan mereka kejauhan dan enggak tahu di mana posisi RS, soalnya ini kan bangunan baru juga.

Akhirnya dokter IGD mendatangi saya dan memberikan keputusan harus kuret. Meski udah mau bersih tapi sisa-sisa kantung kehamilan masih ada dan harus dibersihkan.

Tadinya kalau enggak dicover BPJS kan mending di RS lain aja yang deket rumah. Syukurlah BPJSnya bisa digunakan. Lumayan juga kalau enggak dicover BPJS. Saya perkirakan dari USG, Pemeriksaan Lab, visit dokter kalau pakai umum jadi berapa tuh?

Periksa lab aja pasti udah ratusan karena periksa MCU lengkap, belum USG dua kali. Dokternya bilang kalau saya dijadwalkan pukul 17.00 WIB buat kuret. Agak deg-degan juga kalau inget mau dikuret.


Pengalaman Kuret di RSKIA Kota Bandung


Sebelum pukul 17.00 WIB, petugas IGD memberi tahu kalau ruangan operasinya lagi di sterilin dulu soalnya bekas pasien Covid-19. Duh, saya jadi agak khawatir juga. Inget pasien Covid-19. Berarti ada yang dirawat dan dioperasi di sini juga.

Jadi rencana kuret ditunda lagi sampai pukul 19.00 WIB. Saya memang harus puasa. Jadi dari tadi hanya minum air putih aja. 

Suami izin keluar dulu, dia inget ada pesanan kue dari Jajanan Papi Martin yang harus dia anterin. Suami mau pulang dulu ke rumah, bawa bolu pesanan temennnya
Sama katanya mau beli bahan bikin kue buat besok, soalnya ada pesanan lain juga.

Duh, dia pasti kelelahan banget dari pagi udah bolak-balik ke beberapa RS. Sehat, ya, Paksu. Makasih udah jagain dan nemenin saya juga. 

Meski saya tahu, kalau pas kemarin-kemarin saya nangis-nangis tahu kehilangan calon babby, Kamu enggak banyak berkata-kata, tapi pasti sedih juga karena sama-sama kehilangan.

Jadi sambil nunggu suami pulang nganter pesanan kue. Saya dipindahkan ke ruang VK atau ruang bersalin sebelum nanti masuk ruang operasi. 

Sebelumnya, Saya sempat denger juga suara baby nangis. Suami pun bilang kangen, ya, denger suara tangis bayi. Bikin saya agak melow juga saat itu. Ya sudahlah, memang ini udah takdirnya.

Begitu melihat jam berbuka puasa. Saya agak khawatir, soalnya suami belum balik lagi ke RS. Lumayan juga jarak dari sini ke rumah saya yang ada di Gunung Batu. Belum lagi suami nganter pesanan dan beli bahan bikin kue dan bolu buat keesokan harinya. Anggap saja ini ikhtiarnya Kami yang pengen lebih mandiri secara finansial.




Saya telepon suami, katanya baru sampai parkiran. Tadi cari makan dulu buat berbuka. Saya pun sebenarnya lapar, tapi tahan diri dulu karena masih harus puasa. Meski puasanya udah kelewat lama. Bahkan lebih lama dari yang puasa Ramadan.





Setelah lewat jam 19.00 WIB, perawat datang lagi menemui saya. Katanya masih nunggu kedatangan dokter spesialis kandungan yang mau operasi. Saya diminta menunggu dan nanti dikabari lagi.

Suami berbuka puasa di RS Kali ini. Soalnya enggak ada yang nemenin saya selain dia. Dia nawarin makan juga tapi tanggung deh, kan ntar mau operasi soalnya.

Waktu terus berputar, udah masuk pukul 21.00. Saya pun agak ngantuk dan tertidur juga meski, pukul 23.15 perawat IGD datang dan memberi kabar bahwa saya akan di bawa ke ruang operasi saat ini juga. 

Jujur aja saya agak lemes dan lapar. Puasa dari jam 06 pagi dan baru mau operasi jam setengah dua belas malam dong. Lamanya ...

Saya udah nitip ke suami buat beliin nasgor, soalnya lapar banget. Sempet-sempetnya minta makan pas mau masuk ruang operasi.

Saya dibawa perawat ke ruang operasi di lantai atas, lantai berapa, ya? Lupa soalnya. Saya diminta ganti baju dari ruang VK pakai baju biru buat operasi.

Cincin dan jam tangan saya lepas dan dititipin ke suami. Aslinya enggak bawa baju apa-apa soalnya tadinya kan mau langsung pulang aja.

Jadi ntar pakai baju yang sama deh kalau pulang. Saya hanya bawa pembalut, buat jaga-jaga. Aslinya enggak bawa apa-apa, selain air minum dari rumah.

Begitu masuk ruang operasi, ini yang kedua kalinya saya dioperasi. Dulu sempat sakit juga pas masih kerja di Lab dan sebelum nikah, jadi saya lihat lampu-lampu operasi udah enggak aneh lagi.

Dokter anastesi dan dokter kandungannya udah datang. Saya ditangani sama dokter Rima sebagai dokter kandungannya. Sempat di tensi dulu, disuntik juga. Setelah itu saya dibius total.

Satu jam proses kuret berlangsung. Saya terbangun saat di tensi, agak pusing juga setelah ini. Lemes banget badannya. Ada perawat jaga yang mendatangi saya. Nanya gimana kondisi saya.

Saya bilang agak mual dan sepertinya mau muntah juga. Maklumlah udah puasa hampir 18 jam dan dikasih anastesi, pantes aja bikin mual. Akhirnya saya muntah-muntah setelah beres kuret.

Saya dikasih air minum, kemudian disuruh duduk dikursi roda dan dianter ke luar ruang operasi. Ternyata kuretnya udah selesai. Enggak kerasa sakit emang karena dibius juga. Mungkin masih ada pengaruh obat juga.

Suami menghampiri saya dan bertanya keadaan saya. Perawat dan suami mengantar ke ruang VK. Sebenarnya saya udah bisa langsung pulang ke rumah kata perawat. Hanya saja saya pengen istirahat juga. Lagian udah tengah malam dan kasihan suami pasti udah lelah banget.

Begitu sampai ke ruangan. Saya mual dan muntah lagi. Akhirnya saya minum teh anget. Ini pun suami ke luar RS sengaja beliin teh manis anget. Suami baru beliin nasgor setelah saya beres kuret, sekitar jam setengah satu pagi.

Nemu nasgor rasanya bahagia banget. Udah lapar pakai banget soalnya. Setelah ini saya dan suami pun beristirahat. Rencananya setelah suami sahur, mau langsung pulang ke rumah. 

Tadinya ayah saya nawarin buat dijemput. Cuman saya bilang mau pulang naik motor sama suami. Soalnya saya enggak ngerasain sakit sih selepas kuret. Biasa aja soalnya, malah sakit pas lepas IUD dulu.

Akhirnya suami sahur lagi di RS. Dia beli nasi di luar RS. Masih pada rame, soalnya di depan RS banyak yang jualan. Suami akhirnya mengurusi administrasi pas mau pulang ke rumah.

Memang kuretnya di cover sama BPJS, tapi berhubung BPJS sempat off selama dua atau tiga tahun dan baru diaktifkan jelang mau kuret, jadi suami harus bayar denda sebanyak delapan ratus ribu soalnya ketentuan dari BPJS baru bisa diaktifkan setelah dua atau tiga bulan kemudian.

Akhirnya saya pun pulang ke rumah setelah Subuh. Langsung mandi dan istirahat lagi karena ngantuk berat. Begitu juga sama suami. Saya inget lebaran hari minggu dan hari Sabtu saya baru pulang kuret. 

Saya baru mulai kerasa ngilu setelah bangun tidur. Padahal selepas kuret enggak kerasa apa-apa, enggak berasa sakit juga. Beberapa hari lumayan berasa ngilu tapi setelah minum obat, enggak terlalu ngerasa sakit.

Saya dijadwalkan kontrol pasca kuret seminggu kemudian. Memang dikasih obat juga oleh dokter kandungan pasca kuret kemarin. Inilah pengalaman saya menjalani kuretase di RSKIA Kota Bandung.  



Salam, 






















12 comments

  1. Duuuh, ikut sedih ya mba harus mengalami kuretase :(. Aku sedikit ngilu bayangin kuretnya. Tapi untunglah semua lancar dan ga ada masalah yaaa.

    Agak horor pas baca ruangannya bekas pasien covid :o.

    Semoga nanti diksh ganti oleh Allah ya mba :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya Mbak. Aku tuh sampai menghindari RS Hermina biar enggak kuret di sini soalnya di IGD lagi nanganin pasien covid juga. Ternyata di RS ini pun sama ketemu pasien Covid-19. Ruangan operasinya distrilin lumayan lama.

      Delete
  2. Waduuuuh, ku tak bisa membayangkan kuret beginian mbak Lia :( Sedih bacanya :) Apalagi zaman corona begini. ALhamdulillaah segalanya lancar ya mbak. Semoga kelak Allah memberikan buah hati lagi sebagai titipan istimewa :D Peluk dari jauh.

    ReplyDelete
  3. Tetap semangat Teh Lia. Jadi keingat kakak daku yang sempat di kuret juga, alhamdulillah di cover juga sama BPJS. Ternyata sama ya keadaannya, habis kuret bawaannya lapar banget, soalnya waktu itu kami nungguin kakak bukan lama di administrasinya, tapi lama karena kakak daku makan dulu 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Wah ternyata pengalamannya sama dengan kakak Mbak Fenni. Iya alhamdulillah dicover BPJS. Aslinya emang harus puasa dan kalau saya puasanya kelamaan Mbak. Dari pagi soalnya, sedangkan kuretnya tengah malam

      Delete
  4. Ya Allah. Yang sabar dan ikhlas ya Mbak. Semoga Allah menggantikan dengan kehamilan berikutnya. Mbak Lia tetap sehat dan selalu berbahagia dengan suami

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Masyaallah terima kasih Mbak Annie atas doanya.

      Delete
  5. Jadi pengen ikut update blog juga sharing pengalaman kuret masih anget banget 5 November kemarin. Pendarahanku banyak banget plus kontraksi rahimnya juga sakit banget. Sekarang bisa nulis begini dgn badan yg udah enakan itu jd berasa nikmat banget

    ReplyDelete
  6. Aku dulu pernab kuret sakit bgt udahnya ky luka gitu perut ku, mau jalan sakit bgt..smoga cpet dapet gantinya lagi ya ka...
    Oya mau tanya gimana Pelayanannya di RSKIA ka, soalnya sy lagi cari RSKIA..makasih ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba. Udahnya yang kerasa ya. Aamiin. Pelayanannya di sana bagus kok Mba. Sesuai standar prokes. Engga nginep sih saya langsung pulang, jadi engga terlalu banyak berinteraksi sama nakesnya

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Komentar akan muncul setelah saya setujui. Mohon tidak berkomentar sebagai anonim atau menyertakan link hidup. Link hidup akan saya delete. Maaf jika ada komentar yang belum terbalas.