Lebaran di Rumah Tetap Istimewa dengan Menyelami Makna Idulfitri

Lebaran dan makna idulfitri
Idulfitri, freepik.com/starline


Idulfitri selalu dinanti, istimewa, dan lekat di dalam hati. Meski di tengah pandemi seperti sekarang, lebaran atau Idulfitri tetap jadi moment yang istimewa bagi saya terutama setelah menyelami makna dan hikmah Idulfitri.

Meski di tengah pandemi merasakan suasana Ramadan yang berbeda tanpa salat tarawih di Masjid. Ada larangan mudik juga, Idulfitri tahun ini kemungkinan enggak ada salat Ied berjamaah di masjid.

Apa, sih, makna dan hikmah Idulfitri bagi Sahabat Catatan Leannie?

Ternyata Idulfitri bukan hanya sekadar kembali suci, tetapi sebagai ungkapan syukur pada Allah SWT setelah menjalankan ibadah puasa ramadan sebulan penuh. Hari kemenangan bagi mereka yang berpuasa dan mampu meredam hawa nafsu, serta bagi hamba-Nya yang bertakwa.

Idul fitri berasal dari kata "Id" dan "Al-fitri". Id secara bahasa berasal dari aada – ya’uudu, yang artinya kembali. Sedangkan Kata fitri punya dua makna menurut beberapa pendapat, bisa berarti "berbuka puasa" dan "suci."

Idul fitri berarti kembalinya seseorang dalam kondiai yang suci, atau bebas dari segala dosa, kesalahan, kejelekan, dan keburukan sehingga tetap berada dalam kesucian atau fitrahnya.

Berdasarkan hadits Rasulullah SAW yang artinya:

“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan didasari iman dan semata-mata karena mengharap ridho Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (Muttafaq ‘alayh). Barangsiapa yang shalat malam di bulan Ramadhan dengan didasari iman dan semata-mata karena mengharap ridho Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (Muttafaq ‘alayh).


Disebut juga hari raya Id karena terjadi  berulang dan dirayakan setiap tahun pada waktu yang sama. Idul fitri disebut juga hari kemenangan, saat umat muslim merayakan hari raya dengan kembali "buka puasa" atau makan.

Makan dan minum walaupun sedikit merupakan sunnah sebelum salat Ied yang dianjurkan pada umat muslim sehingga pada hari raya Idul Fitri 1 syawal tidak diperbolehkan berpuasa.

Seorang muslim yang merayakan hari kemenangan dan kembali ke fitrahnya akan memiliki sikap istiqamah, jujur, dan taat pada perintah-Nya. Inilah hikmah Idulfitri.

Meski kebanyakan orang tak bisa mudik, namun moment Idulfitri bisa dilakukan dengan beragam cara. Meski jarak memisahkan, tetapi silaturahmi tetep terjalin meski lewat daring.

Baca juga : Menjalani Idulfitri tanpa mudik, begini Cara Memaknai Hari Kemenangan

Meski Idulfitri tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena pandemi COVID-19 membuat jarak semakin terasa, ada larangan mudik, salat tarawih bahkan salat Ied ditiadakan.

Baca juga : Lebaran segera tiba, Ini 7 Hal yang dirindukan saat Idulfitri

Hari raya Idulfitri atau Lebaran tetap istimewa dan selalu di hati. Meski hanya di rumah saja, hari raya kemenangan selalu istimewa dan menyelami makna idulfitri semoga membuat kita bisa kembali fitri. Bagaimana dengan Sahabat Catatan Leannie, apa makna idulfitri bagimu?




Salam,






#BPNRAmadan2020
#BPNChallengeday26





11 comments

  1. Betul banget ya.
    Sesungguhnya lebaran di rumah itu adalah favorit saya yang malas jalan-jalan ini hihihi.
    Makanya nggak terlalu dipikirin sih, hanya saja kangen ortu, udah 4 tahun nggak ketemu mereka.
    Kangen dan penasaran, udah kayak gimana mereka sekarang huhuhu

    ReplyDelete
  2. Inti'y setelah menjadi kembali fitrah kita harus semangat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, jgn sampe abis lebaran kendor lagi. Hehe. Mau dirayakan dmna pun semoga makna'y yg d resapi ya bukan d ratapi..

    ReplyDelete
  3. Makna idul fitri tahun ini bagi saya adalah membuat diri saya yang baru, mbak. Setidaknya memanajemen emosi ketika menghadapi anak² saya dirumah. Karena pandemi ini jadi banyak waktu dirumah bersama anak♥️

    ReplyDelete
  4. Semoga ibadah kita semua diterima di bulan Ramadhan kali ini ya Mbak. Sehingga kita benar2 jadi insan yang kembali dalam fitrah. Tahun ini sepertinya akan lebih melankolis ya lebarannya, berhubung enggak bisa berkumpul bersama keluarga besar. :(

    ReplyDelete
  5. Tak perlu bermegah-megahan, tak perlu mewah, tak perlu glamour. Yang terpenting adalah ibadah dan maknanya. Betul sekali kata mba lia. Semoga kita srmua kembali fitri. Aamin.

    ReplyDelete
  6. Apapun dan bagaimanapun idul fitri akan tetap istimewa. Walau tahun ini suasananya bakalan berbeda banget ya.

    ReplyDelete
  7. Sehubungan tinggal bareng orangtua dan memang jarang pergi saat Idul Fitri, aku nggak terlalu terpengaruh dengan lebaran di rumah aja. Tapi aku sangat sedih membayangkan lebaran tanpa takbiran. Sholat Ied di mesjid, apalagi di lapangan terbuka, itu rasanya syahdu sekali.

    ReplyDelete
  8. Makna idul fitri buat saya artinya memperbaiki diri Teh Lia, memperbaiki lagi kualitas ibadah setahun ke depan hingga ketemu bulan ramadhan lagi

    ReplyDelete
  9. bener banget ya mbak. meski sering menghadapi idul fitri, tentu ini menjadi hari raya yang dianati. ada perasaan sedih ditinggal ramadan dan senang meyambut idul fitri ini...

    ReplyDelete
  10. Lebaran tahun ini memang lain dari biasanya.
    Saatnya silaturahmi dengan memaksimalkan teknologi.
    Lebaran di era Revolusi Industri 4.0.
    It's OK kalo memang lebaran tahun ini kami tidak bisa bertemu langsung dengan keluarga besar, demi kebaikan semuanya.

    ReplyDelete
  11. Benar sekali. Idul fitri artinya kembali fitri. Tentunya hanya diperuntukkan bagi yg berpuasa full sebulan dengan ibadah2 lainnya. Bukan masalah wabah atau tidak wabah. Yg penting kekhusyukan kita ibadah.

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Jika ada link hidup dan brokenlink akan saya hapus. Maaf juga jika ada komentar yang belum terbalas. Terima kasih atas kunjungannya.