Sebagai Perempuan, Lakukan 7 Hal ini untuk Membantu Sesama saat Pandemi

Membantu sesama saat pandemi
Membantu sesama saat pandemi,
via freepik.com

Memang benar pandemi COVID-19 ini punya pengaruh besar terhadap banyak aspek kehidupan, terutama masalah ekonomi. Sudah saatnya sebagai perempuan bergerak, melakukan perubahan dengan membantu sesama saat pandemi.

Dampak paling terasa dialami oleh rakyat kecil. Banyak diantara mereka terutama masyarakat dengan ekonomi lemah bertambah sulit hidupnya.

Mari bantu sesama dengan cara yang sederhana dan dimulai dari lingkungan terkecil, yaitu keluarga. Lakukan step by step tindakan sederhana yang bermanfaat besar di kemudian hari.

Ada 7 hal yang bisa perempuan lakukan baik sebagai seorang ibu, istri, dan bagian dari masyarakat untuk membantu sesama saat pandemi COVID-19, diantaranya:


1. Jangan menyebar Hoax, jaga lisan juga sikap


Jaga lisan dan sikap
Stop Hoax, jaga lisan dan Sikap,
via freepik.com

Beragam informasi yang Kita terima perlu disharing terlebih dahulu sebelum dibagikan ke mana-mana. Efeknya akan dirasakan banyak orang soalnya.

Pengalaman saya sendiri yang punya berbagai grup WA, baik grup sekolah anak, grup literasi, juga grup alumni sekolah SMP, SMU, juga kuliah, masih ada saja segelintir orang yang share pesan yang belum tentu kebenarannya atau berita hoax.

Jaga lisan dan sikap karena situasi sekarang membuat orang kadang sensitif dengan pemberitaan yang ada.


2. Mengajarkan anak menjaga kebersihan


Mencuci tangan
Menjaga kebersihan dengan mencuci tangan,
via pixabay.com/MiroslovaChrienova

Sebagai orang terdekat, ibu punya andil dalam mengedukasi anak tentang menjaga kebersihan, terutama kebiasaan baik mencuci tangan.

Mencuci tangan sebelum makan atau setelah bepergian dari luar sudah jadi kebiasaan rutin di keluarga kami.


3. Edukasi keluarga untuk menggunakan masker 


Keluarga menggunakan masker
Gunakana masker, via pixabay.com/muhamed_hussen

Saya terkadang masih menemukan saat di lingkungan dekat rumah masih banyak warga yang cuek keluar rumah tanpa masker, begitu pula dengan anak-anak yang bebas main di luar dan dibiarkan orang tuanya.

Saya pikir mereka masih kurang kesadarannya tentang bahaya COVID-19 atau bahkan menyepelekan pandemi ini. Padahal virus Corona bisa sampai tahap Infeksi berat pada paru-paru yang berujung kematian.

Tugas seorang perempuan sebagai ibu dan istri adalah mengedukasi keluarga untuk menggunakan masker ketika berada di luar rumah. Langkah sederhana yang berdampak besar terhadap lingkungan.


4. Tetap stay at home dan lakukan social distancing


Stay at home
Stay at home, via freepik.com

Dukung upaya pemerintah dan bantu tenaga kesehatan dengan stay at home dan social distancing. Kedua upaya ini diperlukan untuk mencegah penularan virus Corona.



Social distancing
Jaga jarak dengan social distancing,
via freepik.com

Negara Kita tidak menetapkan lockdown, tapi melakukan upaya social distancing untuk mencegah penyebaran virus Corona meluas. Jangan keluar rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak. Jauhi aktivitas sosial untuk sementara demi kebaikan.


5. Ajak anak untuk menabung dan  melakukan sedekah


Mengajarkan anak menabung
Mengajarkan anak menabung,
via dokumentasi pribadi

Mengajarkan anak menabung dan melakukan sedekah bisa dilakukan sejak dini. Biasanya saya memberi pemahaman dulu mengenai nilai uang dan memberi contoh menabung.

Mengajarkan anak sedekah
Memberi dengan bersedekah, via freepik.com

Sebelum digaungkannya social distancing
Saya ajarkan anak bersedekah lewat cara sederhana misalnya saat belanja ke supermarket atau di masjid, saya sampaikan pada anak untuk berbagi dengan menyisihkan sebagian uang ke kotak amal



6. Mendonasikan sebagian harta pada lembaga terpercaya


Donasi untuk Covid-19
Membantu sesama lewat donasi,
via freepik.com


Donasikan sebagian harta untuk membantu sesama dengan menyalurkan pada lembaga terpercaya. Kamu bisa membantu menyisihkan materi untuk mereka yang membutuhkan, bisa donasi bagi masyarakat atau tenaga medis yang kekurangan APD.


7. Membantu lewat doa dan lebih dekat pada-Nya


Berdoa untuk sesama,
via freepik.com

Pandemi ini mengajarkan Kita untuk lebih mendekat pada-Nya. Berpasrah diri menerima setiap ketentuan-Nya. Doa adalah senjatanya orang mukmin.

Jika belum bisa melakukan banyak hal untuk orang lain, jangan meremehkan kekuatan doa. Berdoa juga bisa diajarkan pada anak sejak dini.

Langkah besar dimulai dari tindakan sederhana yang dilakukan diri sendiri dan keluarga di rumah. Sebagai Perempuan banyak hal yang bisa Kita lakukan untuk membantu sesama saat pandemi. Yuk, mulai dari diri sendiri dan saat ini juga.



Salam,





#BPNRamadan2020
#BPNChallengeday3



5 comments

  1. Memang perempuan terutama ibu rumah tangga sangat berperan ya, dan saya fikir palimg sibuk
    Biasanya anak setengah hari di luar, suami yg kerja pun sore plg, skrg ni all stay at home, wahh... Semua andalkan ibu, dari makan, belajar, cemilan hahhaa
    Sabar2 lah ya buat istri2 semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yess, bener banget, Kak. Dibikin happy aja sih, hihi ... justru senang kalau anak dan suami lahap makannya.

      Delete
  2. Sebenernya gampang dilakukan ya, tapi masih banyak yang nggak mau melakukannya. Waktu belanja mingguan, aku lihat masih banyak pasutri yang bawa anak kecilnya jalan-jalan tanpa masker.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya, saya pun miris sama hal ini, Mbak

      Delete
  3. APD ini yang sering keteteran
    Sedih banget ya? Terlebih jika mau berbagi tapi ga tau harus kemana

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar. Mohon tidak menyertakan link hidup. Terima kasih atas kunjungannya.