7 Tips Jitu Meningkatkan Sistem Imun Tubuh untuk Menangkal Virus Corona


Meningkatkan imunitas untuk menangkal Corona
Meningkatkan imunitas untuk  menangkal Corona, via freepik.com

Virus Corona telah menjadi pandemi atau wabah yang mengegerkan dunia. Sosial distancing dipilih pemerintah sebagai cara untuk mencegah penularan virus corona meluas. Selain itu, memperkuat sistem imunitas tubuh menjadi kunci untuk menangkal virus Corona.

Nah, mulailah peduli dengan kesehatan keluarga. Salah satu caranya dengan  memperkuat sistem imunitas keluarga untuk menangkal Covid-19 atau Corona Virus Disease-2019. Setidaknya ada 7 tips jitu untuk memperkuat sistem imun tubuh yang nanti akan saya bahas pada artikel ini.

Sebelum membahas tentang cara meningkatkan imunitas keluarga, mari Kita simak mengenai Corona Virus Disease-2019 atau Covid-19 di bawah ini!


Tentang Corona Virus Disease-2019


Diberi nama Corona Virus Disease-2019 atau Covid 19 karena kasus awal yang dilaporkan akhir tahun 2019 adalah ditemukannya kasus Pneumonia di Wuhan, Provinsi Hubei, China.

Corona Virus ini adalah jenis Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Virus ini berbentuk bulat dan memiliki tanduk mirip dengan tanduk mahkota.

Anatomi virus Corona
Anatomi virus Corona, via freepik.com

Penyebabnya berasal dari hewan atau zoonotic, yang bisa menular pada manusia dengan berbagai metode penularan. 

Virus corona COVID-19 memiliki gejala klinis sebagai berikut:

- demam
- batuk-batuk
- pernafasan cepat dan tak normal
- dahak kental (kuning-kehijauan)
- anggota tubuh lemas
- sinar x pada paru-paru

Virus Corona adalah keluarga dari coronaviridae,  dengan manifestasi klinis   dari ringan, sedang, hingga berat ketika menginfeksi manusia.


Perkembangan terkini kasus Covid-19 di Indonesia.


Kasus Corona ini terus bertambah di seluruh dunia, begitu pula di Indonesia. Pada tanggal 02 Maret 2020, Indonesia mengumumkan secara resmi bahwa ada 2 kasus positif COVID-19.

Berdasarkan Liputan6.com pada tanggal 22 Maret 2020,  juru bicara pemerintah untuk virus Corona yaitu Achmad Yurianto mengatakan jumlah kasus positif Covid-19 pada Minggu (22/3/2020) bertambah 64 orang. Sehingga totalnya adalah 514 orang,  jumlah pasien sembuh totalnya 29 orang yang diizinkan pulang, sedangkan untuk kasus meninggal akibat Covid-19 totalnya mencapai 48 orang.

Kasus Corona ini membuat pemerintah menerapkan social distancing, yakni menjaga jarak sosial untuk mengontrol penyebaran Covid-19.

Social distancing
Social distancing, via Pixabay.com

Cara ini dianggap efektif karena penyebaran virus SARS-CoV-2  terjadi lewat droplet atau percikan air liur, bukan dari aerosol atau penyebaran di udara.

Contohnya saja saat orang batuk atau bersin di tempat umum tanpa menutup mulutnya maka air liurnya jatuh ke berbagai permukaan yang kemungkinan dipegang oleh orang lain. Jadi menghindari kontak sosial dianggap efektif untuk mencegah penyebaran virus Corona ini.


7 Tips Jitu untuk menangkal Virus Corona dengan memperkuat sistem imun


Selain menjalankan upaya Social distancing atau menghindari kontak sosial di masyarakat, mulailah peduli dengan kesehatan keluarga.

Setidaknya ada 7 tips jitu yang bisa dilakukan untuk memperkuat sistem imun tubuh agar virus corona tidak menyebar luas. Simak, yuk, di bawah ini!

1. Makan secara teratur dan tepat waktu

Makan teratur dan tepat waktu,
via freepik.com

Tips jitu yang pertama dalam meningkatkan imunitas tubuh adalah makan secara teratur dan tepat waktu. Ketika imunitas tubuh kurang baik, maka asupan yang berasal dari makanan seperti vitamin dan mineral dapat membantu pemulihan kondisi tubuh.

Pastikan konsumsi makanan yang kaya
antioksidan, vitamin, A,C,E dan lainnya untuk meningkatkan imunitas tubuh. Jangan lupa makan secara teratur meski dengan segudang aktivitas.

2. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah


Memperbanyak sayur dan buah
Memperbanyak konsumsi sayur dan buah,
via Shutterstock.com

Cobalah untuk memperbanyak sayur dan buah untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh. Vitamin dan mineral pada sayur dan buah dapat menguatkan sistem imunitas tubuh dalam melawan bakteri atau virus.

3. Olahraga secara rutin

Olahraga secara rutin
Rutin berolahraga, via freepik.com

Olahraga secara rutin bisa membuat badan terasa bugar dan membuat tubuh terlindung dari berbagai penyakit. Kamu bisa coba olahraga ringan seperti berjalan kaki  tiga puluh menit setiap harinya, jogging, atau olah raga lainnya.

4. Istirahat yang cukup

Cukup beristirahat
Cukup beristirahat, via Shutterstock.com

Kurang tidur bisa berdampak buruk terhadap kesehatan karena antibodi yang dihasilkan hanya sedikit saat kurang tidur. Istirahat yang kurang bisa menyebabkan insomnia atau stress. Cobalah untuk tidur setidaknya 7-8 jam tiap harinya.

5. Relaksasi untuk mengurangi stress

Jauhi stress
Relaksasi untuk mengurangi  stress, via freepik.com

Jauhilah stress karena bisa meningkatkan produksi hormon kortisol yang dapat menurunkan kekebalan tubuh. Menjauhi stress yang berlebihan jadi kunci untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Cobalah melakukan kegiatan yang disukai, seperti menjalankan hobi yang menyenangkan untuk melepas penat dan hindari stress.

Cobalah menyaring kembali berita atau kurangi penggunaan medsos jika dirasa membuat kekhawatiran bertambah.

Semenjak virus Corona ini merebak, kadang menonton berita atau membuka medsos malah bisa membuat makin khawatir. Cobalah tarik napas sejenak, embuskan perlahan. Ulangi berkali-kali. Teknik relaksasi ini penting buat mengurangi stress.

6. Konsumsi air putih secara rutin

Rutin minum air putih
Minum air putih, via Shutterstock.com

Ternyata konsumsi air putih secara rutin dapat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh karena air membawa oksigen ke sel tubuh sehingga sistem organ menjadi lancar. 

Air juga dapat membersihkan racun berbahaya dalam tubuh. Oleh karena itu, Kita disarankan minum air putih minimal delapan gelas per hari.

7. Konsumsi vitamin C secara rutin

konsumsi vitamin c
Konsumsi vitamin C, via Shutterstock.com

Konsumsi vitamin c secara rutin merupakan hal terakhir untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Vitamin C atau asam askorbat merupakan nutrisi yang bermanfaat bagi imunitas tubuh.

Asupan vitamin c secara alami bisa didapatkan dari berbagai buah-buahan seperti jeruk, stroberi, jambu biji, pepaya dan buah lainnya.


Pencegahan Terhadap Virus Corona


Gejala dan pencegahan Virus Corona
Ketahui gejala dan pencegahan Virus Corona,
via promkes.kemenkes.go.id

Kita perlu mewaspadai penyebaran virus Corona yang kini semakin meningkat. Tak perlu panik berlebihan dalam menanggapi situasi ini. Patuhi kebijakan pemerintah untuk melakukan social distancing dan cobalah ketujuh tips di atas untuk meningkatkan sistem imun keluarga.

Lakukan tindakan pencegahan seperti mencuci tangan sebelum makan dengan sabun, gunakan masker ketika harus ke luar rumah, berhati-hati kontak dengan binatang, tetap stay at home dan bila ada gejala sakit seperti batuk, pilek, bahkan sesak napas, segeralah periksakan diri ke dokter.

Cobalah untuk melakukan berbagai hal yang postif  dan tetap produktif meski  ada di rumah.

Stay at home, via pixabay.com

Salah satu caranya adalah dengan mengikuti komunitas perempuan yang postif seperti Komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis atau IIDN.  Ini cocok banget buat saya yang suka menulis dan membaca.

Stay at home identik dengan full time mom. Sebenarnya sebagai seorang perempuan yang memutuskan menjadi full time mom atau working mom keduanya punya sisi positif. Tak perlu diperdebatkan lagi, ya!

Baca juga :  Full Time Mom vs Working Mom Tak Selalu Negatif, Inilah 5 Sisi Positif Keduanya

Satu hal lagi, jangan melakukan panic buying yang akan merugikan orang lain. Tak perlu berlebihan apalagi sampai menimbun stok masker sehingga merugikan orang lain yang benar-benar membutuhkan.

Dengan mengetahui tentang virus Corona, penyebaran, gejala, juga pencegahannya. Mari bersama-sama memerangi virus Corona agar tidak menyebar lebih luas.

Itulah 7 tips jitu untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Mulailah dari diri sendiri dan keluarga dengan menerapkan ketujuh cara di atas sebagai upaya menangkal virus Corona. Semoga wabah atau pandemi ini cepat berlalu. Aamiin.


Salam,






Tulisan ini diikutsertakan dalam #TantanganBloggingIIDN. 

Sumber gambar dari Freepik.com diedit dengan Snapseed, Shutterstock.com, Pixabay.com dan promkes.kemenkes.go.id





47 comments

  1. Virus Corona ini memang mengubah kehidupan di Indonesia juga dunia ya mbak, banyak orang yang biasanya nongkrong kini disuruh dirumah saja untuk menghindari kena wabah.

    Makasih 7 tipsnya kak, makan secara teratur sudah, perbanyak konsumsi buah sudah kalo sayur mah enggak, olah raga teratur ngga juga, istirahat cukup udah, stres sepertinya tidak karena aku masih bisa komentar bener kan mbak.😂😂😂

    Untuk konsumsi air putih juga udah, kalo vitamin C belum soalnya ngga ada duitnya.😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi ... alhamdulillah berarti sehat, ya, Kak. Vitamin c yang gampang Aja dari buah-buahan lokal juga bisa.

      Delete
  2. Alhamdulillah,udah mulai menerapkan semua tips di atas. Bahkan, saya yang tadinya masih pilih-pilih buah dan sayur kini udah gak lagi. Pokoknya, apa yang ada di rumah, itu aja yang dimaksimalkan. Kan lagi #dirumahaja juga, gak bisa sering-sering keluar belanja.

    Semoga wabah ini segera berlalu dan kita semua senantiasa dalam lindungan-Nya. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun belanja enggak tiap hari kayak dulu, ini sekalian nyetok tapi enggak banyak juga sesuai budget, sih. Memang kalau enggak penting banget mending stay at home aja.

      Delete
  3. Skuyyy kita jadi pahlawan bagi smua dg #diamdirumahsaja kita sukseskan seruan pemerintah untuk selalu menjaga kebersihan, social distancing dan sering2 cuci tangan. Nice share mba Lia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bener banget, Mbak. Ikuti anjuran social distancing dan stay at home. Semoga virus ini cepat berlalu

      Delete
  4. Semoga musibah ini segera berlalu. Alhamdulillah sudah melakukan kegiatan di rumah saja. Paling keluar untuk belanja sayur dan buah yang memang tidak bisa stok lama. 2 hari sekali keluarnya ☺. Sehat-sehat ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Moga Kita semua dikasih kesehatan. Sama, Mbak Litha. Aku juga enggak bisa stok makanan lama. 2-3 hari keluar rumah beli bahan makanan dan itu harus pakai masker.

      Delete
  5. Kak lily kerja di indscript juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak, sih, memang pernah ngunjungin indscript kemarin-kemarin. Kerjanya di rumah aja alias stay at home. Kadang nulis artikel buat media online, ngeblog juga.

      Delete
  6. Kunjungan pertama :)

    Alhamdulillah, saya ngikutin tips di atas. Insyaallah kita cepat terlepas dari derita yang telah merebak di seantero bumi.

    Stay home and stay well :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, salam kenal, Kak. Terima kasih sudah berkunjung :) Semoga wabah ini cepat berlalu. Aamiin.

      Delete
  7. Jauhi stres.
    gimna ga stres buk gara² virus ini usaha ibuk saya jadi berkurang penghasilanya.
    Terus di tambah lagi berita² di media soal virus corona.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya masalah ini enggak cuman berimbas pada Mbak dan ibu Mbak saja,banyak juga yang mengalami hal serupa. Berdoa saja pandemi ini cepat berlalu

      Delete
    2. Menyikapi berita pun perlu dipilah dan disaring dulu. Semoga Kita tetap safe dan sehat, ya

      Delete
  8. Makasi sharingnya Mba, perlu waspada dan selalu jaga kesehatan terlebih pada kondisi pandemik corona. Semoga Corona segera pergi dan Indonesia kembali sehat. Stay safe and healthy ya Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak. Moga Mbak dan keluarga dikasih kesehatan, ya

      Delete
  9. Jangan stress itu yang belum aku terapkan disini mba, yang lain sih sudah mulai dirutinkan, smoga virus Corona cepat berlalu ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang sekarang kondisinya begini, Mbak. Moga bisa memilah informasi biar enggak stress sama keadaan. Aamiin

      Delete
  10. Halo, salam kenal mbak :) Menarik nih tulisannya. Tips di atas yang susah adalah jangan stress. Apalagi di tengah maraknya virus Corona. Baru dengar berita tentang wabahnya saja sudah stress, belum lagi memikirkan efeknya. Banyak orang yang sakit justru bukan terserang virus tapi karena cemas. Maka sekarang saya berhenti ngikutin berita tentang Corona. Mending mengisi waktu di rumah dengan kegiatan membaca dan membuat cerpen, dengarkan musik, serta kegiatan positif lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya, begitu aja, Mbak. Buat kegiatan yang lebih menyrnangkan. Berita enggak usah terlalu dipikirin, memang sekarang situasinya lagi begini. Mau stop dulu ngikutin berita boleh aja, asal tetap proteksi diri dan keluarga biar tetep sehat. Aamiin

      Delete
  11. lengkap sekali informasinya,,,
    salam blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok, terima kasih atas kunjungannya. Salam blogging dan salam kenal

      Delete
  12. Mbak, jauhi stres ini yang susah..baca berita, intip sosisl media banyak yang menakutkan..jadi ketakutan duh
    semoga pandemi ini segera berlalu dan semua membaik seperti semula. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sekiranya intip berita, medsos malah bikin semakin panik, lebih baik kurangi saja intensitasnya. Stress bikin daya tahan tubuh melemah soalnya. Semua pun berharap wabah atau pandemi ini cepat berlalu. Aamiin

      Delete
  13. Semangat stay at home dn meningkatkan imunitas tubuh. Semoga wabh ini segera berakhir dan semua sehat ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yess, Mbak. Stay safe and healthy. Aamiin. Semoga wabah ini cepat berlalu

      Delete
  14. Semua tipsnya akan dilakukan mbak, cuma memang berusaha untuk istirahat cukup karena semenjak semua di rumah jadi kerjaannya ga berhenti2 haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem, Mbak Arda. Kirain saya aja yang begini. Keep strong and healthy buat emak-emak ...

      Delete
  15. Biasanya,kalau badanku udah kurang enakan.
    Aku buat sendiri ramuan nya didapur.
    Jahe dikupas kulitnya kemudian geprek kasar lalu direbus.
    Setelah air mendidik kira-kira udah menjadi segelas air beri teh celup dan gula pasir secukupnya.
    Kalau perut terasa kembung dan mual pas banget dech.

    Karena kesehatan itu penting banget,jadi ada baiknya kita mencegah ya. Terlebih lagi sekarang penyebaran virus covid-19 dah menyebar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Bener gini aja. Buat ramuan sendiri lebih oke.

      Delete
  16. Aku masih miris loh, dengan pendemi di Jakarta yang total kasusnya lebih dari seribu sekarang ini, dan jumlah kematian 78 orang...

    Masih banyak loh orang yg cuek, keluar gak pakai masker, duduk deketan, bersin sembarangan. Bahkan masih banyak emak emak yg naik odong odong motor sama anaknya...
    Ya Allah..

    Kayanya sosialisasi nya harus lebih ditingkatkan deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun banyak banget, ya, Mbak. Nah, itu dia kesadaran masyarakat Kita masih kurang. Sedih sebenarnya

      Delete
  17. betul mba saat ini tuh karena kita berdiam diri d rumah bukan berarti berleha-leha ya, aku malah jadi giat buat bebersih nih. dan rajin pakein karbol plus rutin jemur badan sama workout juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya, sekalian olah raga juga itu, Mbak. Plus nanti rumahnya jadi Makin bersih juga

      Delete
  18. Huhu, aku masih kurang nih olahraganya. Masih cuma sebatas jalan kaki aja ke sana ke mari. Palingan pagi-pagi aja sepedahan ke minimarket dan ke ATM. Kudu mulai dibanyakin lagi nih olahraganya ya. Biar selalu fit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya saya pun kurang olahraga. Jadi kudu banyakin olahraga di rumah, ya

      Delete
  19. Iya, nih. Konsumsi vitamin C sudah hampir setiap hari dan Setiap saat.Semoga semua baik-baik saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tiap saat enggak sih, hehe ... tiap hari rutin minum jeniper

      Delete
  20. Huhuhu saya dong kebanyakan baca berita, jadinya stres sendiri.
    Ketakutan sendiri, jadinya membatasi diri banget deh.

    Sama kurang tidur nih, selama anak di rumah, rasanya sulit tidur dengan nyenyak, anak-anak jerit-jerit mulu hahaha.

    Pada akhirnya, berikhtiar dan berdoa, semoga Allah lindungi kita semua, semoga virus ini segera berakhir dan hilang dari muka bumi ini, aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, ya, anak full time di rumah rasanya luar biasa, terkadang Aku pun berubah jadi mamak Singa. Duh, ... memang lebih baik enggak akses dulu berita kadang bikin khawatir dan enggak tenang

      Delete
  21. Hari ini, akhirnyaaa saya keluar rumah agak jauh, jemput suami di bandara, bener-bener cuma nunggu di parkiran aja. Situasinya memang sudah gak serame biasanya, begitu pula dengan kondisi di jalan raya.

    Jujur, sekarang mau pergi sebentar buat cari keperluan bahan pokokpun, suka deg-degannn, suka parno sendiri, jadilah merubah pola belanja harian ke belanja mingguan, paling gak meminimalisir keluar rumah

    Sehat-sehat Teh Lia & keluargaaa
    Semoga pandemi ini cepat berlalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Moga Mbak Ina dan keluarga juga sehat, ya. Bener, sekarang pergi-pergian ke luar pun ada rasa khawatir semenjak hadirnya virus Corona ini.

      Delete
  22. Tips-tipsnya sebagian besar sudah saya lakukan. Ya intinya sudah ikhtiar semaksimal mungkin. Bismillah saja, semoga kita kuat. Apapun yang terjadi kita harus siap.

    ReplyDelete
  23. Wiwin | pratiwanggini.netMarch 29, 2020 at 5:38 AM

    Tipsnya simpel, yang penting konsisten diterapkan nih.. Salah satu hikmah dari adanya pandemi ini kita jadi peduli sama kesehatan ya.. Semoga saat pandemi berlalu, kita tetap konsisten menjaga kesehatan :)

    ReplyDelete
  24. Jangan lupa juga berjemur ya 10 -15 menit biar dapat asupan vitamin D dari sinar matahari dan sebelumnya pakai sunblock juga.

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar. Mohon tidak menyertakan link hidup. Terima kasih atas kunjungannya.