Inilah 5 Manfaat Pentingnya Silaturahmi Bagi Kesehatan Jiwa

Manfaat silaturahmi untuk kesehatan jiwa
Pic by dream.co.id
Ramadan adalah bulan suci yang istimewa. Salah satu hal yang terjalin indah ketika Ramadan atau Idulfitri adalah silaturahmi bersama keluarga tercinta. Ternyata silaturahmi juga mempunyai efek baik bagi kehatan jiwa.

Silaturahmi termasuk salah satu tanda beriman pada Allah. Pada hadits yang di riwayatkan Bukhori menganjurkan untuk menyambung tali silaturahmi.
Keutamaan silaturahmi bisa diketahui dari sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya:

“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka muliakanlah tamunya. Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka sambunglah tali silaturahmi." Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka katakanlah yang baik atau diam” (HR. Bukhari).

Seseorang yang beriman pada hari akhir harus berkata baik atau sebaiknya diam saja, jika tidak mampu menjaga ucapannya. Terkadang ucapan yang buruk bisa menyebabkan seseorang menjadi lemah, merasa dibully atau depresi karena tak kuat mendengarkan kata-kata yang menyakiti hatinya.

Meskipun begitu, menjaga tali silaturahmi sangat dilanjurkan, jangan sampai memutuskan silaturahmi karena ada suatu hal tertentu.

Dari ‘Uqbah bin ‘Amir ra, Rasullah menceritakan amalan yang utama. Beliau bersabda:

“Sambunglah orang yang memutuskan (hubungan dengan)mu, berilah kepada orang yang tidak memberi kepadamu, dan berpalinglah dari orang yang berbuat zalim kepadamu” (HR Ahmad)

Salah satu hal yang membuat hati tenang adalah menyambung silaturahmi karena bisa berpengaruh terhadap kesehatan jiwa.  Simak, yuk, 5 manfaat pentingnya silaturahmi bagi kesehatan jiwa!


1. Meredakan stress dan cemas berlebihan. 

Masalah dalam hidup yang bertubi-tubi bisa membuat Kamu merasa stress, cemas, dan bingung mencari solusinya. Dengan bersilaturahmi setidaknya Kamu bisa bicara dari hati ke hati dan membuat hati lebih lega dan terbebas dari perasaan negatif.

2. Mendapatkan solusi dari masalah

Bersilaturahmi merupakan interaksi dengan pihak lain, bahkan mungkin nantinya akan ada solusi terbaik. Bisa jadi saudara, teman, atau rekan kerja bisa meringankan beban masalahmu dan memilihkan jalan keluar dari masalah yang menimpamu. Berpikir bersama bisa memberikanmu pilihan untuk keluar dari masalah.

3. Memperpanjang usia

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW menyatakan bahwa:

“Barangsiapa yang senang diluaskan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi.”

Dengan bersilaturahmi, akan membuka pintu rizki dan dipanjangkan umurnya. Alasan bahwa interaksi sosial dapat memperpanjang usia karena berhubungan dengan sistem imun atau kekebalan tubuh seseorang. Semakin bersosialisasi maka kekebalan tubuh akan meningkat sehingga mampu menangkal berbagai penyakit.

4. Memperkuat daya ingat dan kemampuan kognitif

Hal ini disebabkan seseorang yang sering berinteraksi dengan orang lain, aktif secara sosial atau bersilaturahmi biasanya punya daya ingat kuat dan kemampuan kognitif yang lebih baik.


5  Memperbaiki mood dan membuat diri menjadi bahagia

Ternyata bersilaturahmi memiliki pengaruh terhadap kesehatan mental karena bisa mengurangi rasa stress, cemas, atau depresi karena suatu masalah.

Semakin banyak bersilaturahmi akan mempererat tali persaudaraan, memanjangkan umur dan membuka pintu rezeki, meningkatkan ketaatan terhadap Allah SWT, penyebab masuk surga dan dijauhkan dari neraka.

Selain itu, bersilaturahmi juga bisa memperbaiki mood dan membuat diri menjadi bahagia. Hikmah lain dari silaturahmi adalah membuat Kita dan yang dikunjungi merasa senang.

Menjalin tali silaturahmi merupakan salah satu jalan untuk mewujudkan ukhuwah islamiyah. Caranya dapat dilakukan dengan mengunjungi saudara atau  kerabat dekat.  Itulah hikmah dan manfaat kesehatan jiwa dari  silaturahmi. Jadi, tak perlu ragu untuk sering mengunjungi dan bercengkrama satu sama lain, ya.


Salam, 





28 comments:

  1. Setuju banget, saya sering banget mendapatkan hal positif saat bertemu atau bersilaturahmi dengan siapapun.

    Misal lagi merasa down, merasa hidup gak ada progres ke yang lebih baik.
    Terus ketemu teman-teman, cerita-cerita, tiba-tiba saya merasa amat bersyukur dengan kehidupan saya karena ternyata setiap orang punya pertempurannya masing-masing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena wanita ingin didengar, ya, Mbak, terutama saat mengeluarkan uneg-unegnya.

      Delete
  2. Silaturahmi ternyata banyak sekali manfaatnya ya, Mba, termasuk untuk kesehatan jiwa. Tapi memang benar, kok, coba aja kalau kita udah berkunjung ke rumah saudara atau kerabat. Biasanya pulang dari sana, suasana hati jadi lebih tenang dan adem.

    ReplyDelete
  3. Benar, Mbak, setelah ketemu teman baik atau sahabat biasanya uneg-uneg tersampaikan dan sering dapat masukan kalau ada masalah. Hati lebih tenang, alhamdulillah.

    ReplyDelete
  4. Mantap mbak, setuju banget. Selalu senang kalo pulang silaturahmi ke rumah orang tua atau bertemu dengan kerabat-kerabat di kampung halaman, seperti merecharge energi.

    ReplyDelete
  5. Iya betul, silaturahmi bisa membuat hati jadi lega dan senang apalagi silaturahmi sama orang tua dan saudara.

    ReplyDelete
  6. Aamiin Aamiin, makin smgt silaturahmi stlh baca ini. terima kasih bnyk mb ^^

    ReplyDelete
  7. Seneng ya saling berkunjung ke rumah teman, selain itu ternyata banyak benefitnya... mumpun masih bulan syawal, yuk silaturahmi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, Mbak. Banyak sekali keutamaan dari silaturahmi.

      Delete
  8. Karena pentingnya silaturahmi Allah sampai mengharamkan surga orang yang memutus silaturahmi... Naudzubillahi mindzalik.. Smg kita terhindar dari dosa akibat memutus silaturahmi... Aamiin...

    ReplyDelete
  9. salah fokus sama template barunya. wkwkwk...
    baru sadar ini blognya mbak lia.

    setuju sama 5 poin di atas, silaturahim memang punya banyak sekali manfaat dan lagi itu tuntunannya Rasulullah juga kan. jadi ya pasti baiknya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haduh, Mbak otak-atik blognya seabad. Ampun, deh. Iya Mbak Lely.

      Delete
  10. Saling silaturahmi itu emang menyenangkan ya Mbak, banyak manfaatnya pula untuk diri kita.

    ReplyDelete
  11. Banyak sekali manfaatnya,ya, Mbak...apalagi kalau kumpul bareng komunitas menulis. Bisa banyak dapat inspirasi. Sayang, kalau lebaran malah susah ketemuannya karena semua sibuk berkunjung ke kerabatnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, lebaran momennya silaturahmi bareng keluarga besar

      Delete
  12. Banyak manfaatnya bersilaturahmi. Maaf lahir batin mba Lia

    ReplyDelete
  13. Setuju mb silaturahim bisa memperpanjang usia. Wah manfaatnya luar biasa ya klu kita bersilaturahim. Keren mb artikelnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Alhamdulillah semoga bermanfaat artikelnya.

      Delete
  14. Alhamdulillah inshaallah mbak aku dapet semua yang disampaikan di sini Alhamdulillah

    ReplyDelete
  15. aku juga kalo mood lagi gak bagus lebih baik pergi untuk mengunji teman mbaa soalnya memang bisa bikin mood bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaan, Mbak, rasanya jadi lebih lega karena punya teman berbagi

      Delete

Silakan tinggalkan komentar. Mohon tidak menyertakan link hidup. Terima kasih atas kunjungannya.

My Instagram