Indonesia Website Awards

Lima Tahun di Awal Pernikahan adalah Fase Terberat, Simak 3 Faktanya!

Sumber: Pinterest

"Barakallah ... selamat ya, semoga samawa dan langgeng."

Ucapan inilah yang umum diucapkan pada pengantin baru. Saya juga mendapatkan ucapan tersebut ketika menikah empat tahun lalu.

Pernikahan adalah hal yang dinantikan seorang wanita. Indahnya pernikahan, memiliki pasangan yang menemani hidup kita, punya tempat bergantung dan berbagi kisah bersama.

Kebahagiaan ketika awal menikah dan manisnya honeymoon, yang mengalahkan manisnya madu. Halah ...

Kita bisa menemukan  pasangan yang bisa tetap mempertahankan keharmonisan dan keromantisan pasca menikah sampai usia senja. Rahasianya apa, ya? Hehe ...

Sudah banyak yang menyatakan bahwa lima tahun di awal pernikahan adalah masa tersulit bagi kedua pasangan. Mengapa?

Simak saja 3 fakta mengenai lima tahun pertama di awal pernikahan.

1. Fase Penyesuaian dan Realisasi

Setelah menikah, Kita mulai hidup bersama seseorang yang bergelar suami. Seseorang yang membawaku Kita ke dalam dunia baru, yaitu dunia pernikahan.

Setahun  bahkan dua tahun menikah, ada diantara pasangan yang mungkin kaget dengan kebiasaan pasangan yang "enggak banget" dan baru ketahuan setelah menikah.

Inilah fase penyesuaian kedua pasangan untuk membuat pasangannya saling nyaman satu sama lain. Kenyataan terkadang tak seindah realitas hidup. Tetep berjuang untuk mewujudkan pernikahan yang diridainya. Saling memaklumi, memaafkan dan mengingatkan satu sama lainnya sangat penting.

Harus dicatat bahwa cara menyampaikan sesuatu terhadap pasangan perlu dikomunikasikan dengan baik. Niat yang baik harus ditempuh dengan cara yang baik pula.

2. Zona Nyaman yang Berbahaya

Bagi saya sendiri yang mau menginjak lima tahun usia pernikahan, memang saya sadari ternyata menikah itu tak selamanya indah, mudah, dan bahagia. Semua bisa kita upayakan memang, tetapi perlu adanya timbal balik dari kedua pasangan.

Kesibukan kedua pasangan, kelelahan suami selepas bekerja seharian atau istri yang juga lelah mengurus anak atau pun  juga ada yang ikut berkerja di luaran sana, membuat kehidupan pernikahan tidak sehangat dulu. Hal ini bisa terjadi ketika pernikahan menginjak usia tiga sampai empat tahun pernikahan.

Di sinilah kedua pasangan harus mampu saling membahagiakan satu sama lain.  Jangan sampai menjadi zona nyaman yang berbahaya karena merasa pernikahan baik-baik saja tapi ternyata ada kehampaan di hati salah satu atau kedua pasangan.

Ketika dua fase di atas belum bisa dilalui pasangan, ada kemungkinan terjadi perceraian selama lima tahun pertama setelah menikah.

3 . Fase Penerimaan Kedua Pasangan

Ada pasangan yang bikin iri, sudah sampai kakek dan nenek pun saling bergandeng tangan, saling tertawa bahagia dan mencintai satu sama lainnya hingga akhir hayat. Kita tak pernah tahu apa yang mereka alami sebelum ini.

Yang pasti mereka sudah mengarungi kehidupan pernikahan lebih lama dan punya banyak pengalaman hidup. Kita tak tahu apa yang pernah mereka lewati sebelumnya.

Setelah melewati dua tahapan sebelumnya. Tahun kelima adalah masa penerimaan pasangan. Mereka sudah mampu saling menerima satu sama lainnya. Saling mendukung dan tidak menghakimi. Komunikasi adalah hal yang sangat penting untuk kedua pasangan menikah.

Kisah Habibie dan Ainun adalah salah satu inspirasi bagi saya. Saling setia, mendukung dalam setiap langkah, mencintai dengan setulus hati juga rela berkorban demi pasangan. Sungguh  pasangan yang jadi teladan. Cinta mereka tetap terpatri meski salah satu pasangan sudah menghadap Illahi.

Semoga Sahabat yang belum menikah setelah membaca artikel ini bisa segera dipertemukan dengan jodoh terbaiknya

Bagi pasangan yang baru menikah, semoga bisa melewati gelombang di lima tahun awal pernikahan, dan bagi pasangan yang sudah lama menikah, bisa menjalani kehidupan pernikahan yang samawa, berkah, dan langgeng hingga ke surga-Nya.  Aamiin.


Salam,





25 comments

  1. Masyaallah, saya baru beberapa minggu belum beberapa tahun. Tapi fakta yang ditulis ada benarnya juga yes. Makasih mba sharingnya bisa buat pembelajaran saya dengan suami nanti :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehm, pengantin baru. Belum sebulan masih romantis-romantisnya. Iya, sama-sama, Mbak Steffi. Moga bermanfaar, sharingnya 😊

      Delete
  2. Tahun ini usia pernikahan saya dan suami pun menginjak 5 tahun. Memang terasa selama 5 tahun itu hubungan naik dan turun kyk roller coaster, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Mbak. Berarti nikah tahun 2014, ya. Saya nikah Bulan September dulu.Tahun ini menuju 5 tahun pernikahan

      Delete
  3. Saya juga baru 5 tahun pernikahan dan rasanya masih kenalan terus sama suami. Barakallah mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih berasa beradaptasi, ya. Saya juga gitu. Hehe ... Moga langgeng, ya, Mbak

      Delete
  4. Sambil baca saya sambil mengingat2 suami hehehe 😁

    ReplyDelete
  5. Aamiin, 5 tahun pertama masih nyaman. Masih inget anniversary, tahun-tahun berikutnya bye-bye. Untuk itu memang penting komunikasi dengan pasangan 😊.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi,coba dikomunikasikan aja, Mbak. Hehe 😄 Kadang beda aja di awal menikah sama setelahnya.

      Delete
  6. Saya baru beberapa tahun..Hehehe, masih penyesuaian sama suami... saling mengerti dan memahami perbedan psangan kita yah..Insya Allah, samawa selalu.. Aamiin doa yang sama juga untuk mbak Lia dan suami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baru empat tahun. Sama, Mbak. Doa yang sama buat Mabk. Aamiin

      Delete
  7. Replies
    1. Aamiin, wah udah lama juga. Doa yang sama buat Mbak Miyosi 😊

      Delete
  8. Masya Allah bagus sekali infonya mba.. tahun ini saya masuk 8 tahun pernikahan, masih dalam tahap penerimaan dan saling memahami. Saling mendoakan semoga pernikahan selalu berkah dan samawa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, insyaallah. Kita saling mendoakan, ya 😊

      Delete
  9. Barokalloh mb,, smoga langgeng dunia akhirat Aamiin. 😇

    ReplyDelete
  10. Syukaaa bacanya mba, aku sedang berada di fase awal-awal nih. Manis-manis syedap soalnya hihi, semoga apa yang diperjuangkan bisa membuka jalan ridho Allah dalam jodoh dunia akhirat. Aamiin

    ReplyDelete
  11. Betul bun, bahkan ada yg bilang ujian mulai kenceng di tahun kelima... Hehe... Tapi ttp qta berusaha dan mengupayakan yg terbaik ya

    ReplyDelete
  12. 5 tahun pertama masih banyak bahagianya. Bismillah, pertahankan terus ya mba Lia sampai 5 tahun berikutnya dan seterusnya ☺
    Selama kedua belah pihak saling memahami & setia, insya Allah aman-aman saja 😘

    ReplyDelete
  13. Duh bahas nikah nih...saya nya masih prosea belajar dulu...doakan ya mbak semoga jodoh saya dipertemukan dengan cara baik baik

    ReplyDelete
  14. Saya tahun ini pernikahan yg ke 20 tahun..ya kdg msh ada riak kecil dlm rumah tangga. Tp itu adalah seninya hihi... Semoga kita semya samawa, aamiin

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Komentar akan muncul setelah saya setujui. Mohon tidak berkomentar sebagai anonim atau menyertakan link hidup. Link hidup akan saya delete. Maaf jika ada komentar yang belum terbalas.