Bingung Mencari Ide Menulis Artikel? Perhatikan 7 Poin Penting ini!

Tips menulis untuk mencari ide
Pic by Canva


Dari mana mendapatkan ide menulis artikel? Mungkin itu pertanyaan yang terbersit sebagian banyak orang. Sebagian Sahabat ada yang masih bingung mencari ide menulis artikel? Ada 7 poin penting yang perlu diperhatikan, ya. Ulasannya bisa disimak, di bawah ini.

Ide artikel ini berkaitan dengan tema atau topik. Bedakan judul dengan tema, ya. Tema ini bahasanya luas, kalau judul sudah mengerucut dan lebih spesifik.

Sama seperti menggali ide menulis fiksi, menulis artikel pun dapat diperoleh dengan berbagai cara. Berikut ini ada berbagai cara mencari ide menulis artikel. Perhatikan 7 poin penting ini!

1. Kejadian yang sedang Viral atau Hot News

Berita terupdate biasanya dicari oleh media. Coba pikirkan selama seminggu ini ada berita apa yang sedang 'Viral' atau 'Hot News'. Saat ini media sedang membahas pernikahan Artis Baim Wong dan Paula atau Sahabat bisa mencari seputar hot issue lain yang bisa dijadikan ide menulis artikel.

2. Media

Media bisa dijadikan rujukan untuk mencari ide menulis artikel. Lihat apa Kejadian yang lagi 'Viral.' Selain dari televisi, media online pun bisa dijadikan sumber menulis artikel. Jangan batasi media online dalam negeri saja, Sahabat bisa mengambil referensi rujukan artikel dari luar.

Kuncinya adalah membaca.  Bacalah beberapa sumber untuk dijadikan artikel, tulislah dengan bahasa sendiri, hindari copas kecuali untuk data ilmiah dan harus menyertakan sumber artikel sebelumnya.

3. Passion

Menulis artikel sesuai Passion adalah hal yang paling menyenangkan. Setiap orang memiliki passion yang berbeda, sehingga ide menulis pun bisa berbeda. Saya menyukai traveling, artikel tentang tema inilah yang banyak saya buat. Bagaimana dengan Sahabat, passionnya di bidang apa?

4. Sesuai Background dan Kapasitas Diri

Ini adalah cara menulis artikel yang disesuaikan dengan identitas diri atau pekerjaan dari Sahabat semuanya. Background saya di bidang kesehatan, ada beberapa artikel yang saya buat sesuai latar belakang saya di bidang kesehatan.

Jangan khawatir dan merasa minder dengan aktivitas sebagai IRT, bisa ambil tema tips atau parenting untuk membuat artikel. Contohnya Tips Menata Rumah, Tips Mengeksplore Halaman Rumah menjadi Taman Cantik, atau Cara Mengatasi Tantrum Anak, 7 Jenis Mpasi untuk Bayi.

Untuk pebisnis online bisa juga menuliskan artikel tentang berbagai tema. Untuk yang punya bisnis dibidang kecantikan misalnya bisa membuat artikel seputar itu. Contohnya: Cara mengatasi Penuaan Dini atau Bahan Alami untuk Mengatasi Jerawat. Gunakan kesempatan menulis artikel untuk menjaring customer agar melirik produk yang kita tawarkan.

5. Pengalaman

Pengalaman Sahabat bisa dituangkan Dalam artikel, loh. Bisa pengalaman pribadi atau orang lain tentunya. Contohnya pengalaman traveling, misalnya Tips Berkendara bagi Wanita atau Cara Traveling Bersama Balita.

Sahabat bisa menentukan sendiri apa topik atau temanya, ya. Pengalaman orang lain pun bisa dieksplore jadi artikel, loh. Sekali lagi asah kepekaan Sahabat melalui pengalaman pribadi atau orang lain untuk dijadikan menulis artikel.

6. Buku Bacaan

Dari buku bacaan terkadang kita terinspirasi untuk menulis. Begitu juga dengan menulis artikel. Bisa membuat Resensi Buku atau jadi terinspirasi membuat tips memasak atau membuat kue.

7. Benda di Sekitar Kita

Sahabat percaya, enggak, saya pernah menulis artikel karena terinspirasi saat melihat kalender. Di kalender ada pemandangan indah Pulau Padar maka jadilah artikel traveling tentang Pulau Padar. Nah, coba perhatikan benda yang ada di sekitar kita, coba ... ada hal menarik apa di sana?

Setiap ada hal menarik catat juga di buku pencatatan ide menulis. Jika Sahabat ada waktu senggang, catatan tersebut bisa dijadikan artikel.

Asahlah kepekaan menulis Sahabat dengan 7 poin penting di atas. Jangan sampai bingung lagi saat mencari ide menulis artikel. Selamat menemukan ide menulis yang beragam, ya, Sahabat.


Salam,






29 comments:

  1. Saya sering hilang ide ditengah mbak, separo nulis eeh tiba2 hilang dari pikiran.hihi terima kasih ilmunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin harus refreshing dulu, Mbak. Kalau mentok, biasanya saya lakukan hal yang disenangi dulu, kalau udah fresh baru kembali nulis. Bisa bikin hot chocolate, jalan-jalan sekitar taman rumah, atau mengerjakan hobi lain yang disuka. Intinya beri jeda dulu, baru lanjutkan kembali 😊

      Delete
  2. Saya sering hilang ide ditengah mbak, separo nulis eeh tiba2 hilang dari pikiran.hihi terima kasih ilmunya.

    ReplyDelete
  3. Wah bener juga yah.... ide ada dimana2... makasih ya sharingnya Lia... sangat membantu sekali pas lagi mentog ide.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mbak. Ide datang dari sekitar kita.😊

      Delete
  4. Terima kasih tipsnya, mbak. Saya selalu mentok nih kalau mau bikin artikel. Ada rasa nggak pede, gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pede aja, Mbak. Hehe ... beri jeda waktu kalau mentok ide, dengan melakukan hal yang Kita sukai baru kembali menulis.

      Delete
  5. Passion saya belum tahu mba...
    Hanya ada ide terlintas begitu aja...
    Makasih ya tipsnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang passion beda dengan hobi. Lebih dari sekadar disukai. Passion itu menyenangkan. Pelan-pelan aja, nanti juga tahu apa passionnya.

      Delete
  6. Noted! Saya pun sering kehilangan ide. Makasih sharingnya mba e

    ReplyDelete
  7. Noted! Saya pun kerap kehilangan ide saat menulis tapi kadang-kadang ide cermerlang pun muncul di saat yang tidak terduga. Thanks sharingnya mba e

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak Kita. Memang kadang gitu juga sih. Hehe ... Yang penting tulis dulu idenya lalu eksekusi

      Delete
  8. terimakasih ilmunya mbak lia, berguna banget nih buat aku yang masih baru dalam hal penulisan artikel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak. Baru gitu, kelihatannya udah rapi dan bagus artikel punya Mbak Risma.

      Delete
  9. Terimakasih mb lia, ini yg saya cari.

    ReplyDelete
  10. Makasih ya, Mba Lia. Tipsnya bermanfaat banget.😍

    ReplyDelete
  11. Well Noted. Makasih Akak tips kecenya heu

    ReplyDelete
  12. Saya juga suka nulis travelling, mbak Li, Plus inspirasi juga biar jadi pengingat diri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sama, Mbak. Senang rasanya berbagi pengalaman menyenangkan saat traveling.

      Delete
  13. Aku paling seneng nulis pengalaman di blog, itulah kenapa blog banyakan curcolan 🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi ... enggak apa-apa, Mbak. saya suka baca tulisan Mbak Inna :)

      Delete
  14. Kalau saya, ide ada di mana2
    Yang bingung ngerjainny mb wkk

    ReplyDelete
  15. Point melihat benda di sekitar jadi well noted nih mba. Thanks for sharing dan passion saya teknik beberes rumah atau cara mengorganizer mba

    ReplyDelete
  16. Makasih mbak atas ilmunya..
    Sangat membantu untuk nulis besok lagi

    ReplyDelete
  17. Memang benar ya mbak, ide menulis bisa datang dari mana saja. Kalau sudah hobi meski liat apapun jadi tulisan. Wkwkw..saya baru merasakannya sekarang. Dulu mah cuek-cuek ajja. Kalau Salbiah poin 4 mbak Lia. Kebanyakan yang ditulis adalah hasil pekerjaan. Sengaja buat blog untuk menuliskan hasil pekerjaan saya yang telah saya lakukan, biar nggak hilang dimakan waktu, berjejak. Semoga sedikit banyak ada manfaatnya untuk pembaca...

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar. Mohon tidak menyertakan link hidup. Terima kasih atas kunjungannya.

My Instagram