Arti Sebuah Pelukan dan 5 Manfaatnya bagi Kesehatan Anak

Sumber: Pinterest

Memeluk anak ternyata beragam manfaatnya. Sebuah pelukan memiliki arti sebagai satu wujud kasih sayang ibunda untuk buah hati tercinta. Selain itu, sebuah pelukan tenyata memiliki dampak positif dalam kesehatan fisik, psikis dan tumbuh kembang anak. Beragam manfaat bisa dirasakan buah hati yang rutin mendapatkan pelukan terutama dari orang yang disayanginya.

Anak adalah anugerah terindah yang dikirimkan Tuhan ke dunia. Masa kecil anak kita hanya berlangsung sekali. Ingin rasanya mengisi masa kecil buah hati dengan kenangan manis dan tak terlupakan.  Sebuah pelukan, satu tindakan simpel dan sederhana mampu memberikan kenangan indah bagi seorang anak. Sebuah pelukan akan membuat anak merasa nyaman dan disayangi.

Simak, yuk, 5 manfaat memeluk anak, terutama dari segi kesehatan bagi sang buah hati!

1. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Saat memeluk anak, hormon oksitosin pun diproduksi, sehingga terjadi reaksi yang membuat tubuh mengeluarkan zat kimia alami yang berdampak positif terhadap kesehatan, diantaranya menurunkan resiko serangan jantung, mengurangi capek, stress, infeksi dan bisa menyembuhkan depresi.

Pelukan bagi bayi dipercaya dapat membantu meningkatkan berat badan bayi yang lahir kurang dari normal atau berat badan lahir rendah.

2. Membantu Meningkatkan Sistem Imun

Sistem imun tubuh ternyata dipengaruhi kondisi psikologis pemiliknya. Ketika anak  sedang tertekan, peluklah ia. 

Tubuh akan mengeluarkan solar plexus chakra sehingga kelenjar tymus mampu menyeimbangkan produksi leukosit atau sel darah putih sebagai pertahanan tubuh terhadap infeksi dan meningkatkan kekebalan.

3. Mengurangi Rasa Sakit

Ketika memeluk anak ternyata mampu mengurangi rasa sakit yang dialami anak karena efek dilepaskannya hormon oksitosin.

4. Menjaga agar Tekanan Darah Tetap Normal

Memeluk anak mampu mengurangi
stress dan kecemasan  sehingga mampu menjaga tekanan darah tetap normal dan mengurangi risiko terkena serangan jantung.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Saat memeluk anak, adanya kontak kulit diantara ibu dan anak ternyata dapat membuat  kulit terlihat lebih cerah, lembut, halus, bersinar, dan sehat.

Dengan memeluk anak dapat menyeimbangkan sistem ketegangan pada kulit karena efek aliran listrik positif saat adanya getaran pada kulit ketika terjadi pelukan.

Ternyata pelukan bagi anak begitu berarti dan beragam manfaat pelukan dari sisi kesehatan bisa didapatkan dari memeluk anak. Sudahkah hari ini memeluk buah hati tercinta?


Salam,




23 comments:

  1. Sudah, dong. Si kecilku gak mau bangun kalau belum dipeluk Umminya. Ternyata, banyak ya manfaat lain dari sebuah pelukan.

    ReplyDelete
  2. Wah pelukan bisa menjaga kesehatan kulit. Berarti harus tambah-tambah peluk anak nih biar kulit tambah kinclong. Boleh juga dilakukan. Tapi anakku yang lanang susah banget dipeluk padahal yang wadon paling senang kalau dipeluk, kebalikannya banget deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berpengaruh kayaknya karena saat memeluk anak terjadi tekanan dan menimbulkan getaran pada kulit sehingga menyalurkan aliran listrik positif yang mampu menyeimbangkan ketegangan kulit. Teorinya seperti itu, efek lain pelukan juga berdampak secara Psikis membuat lebih bahagia, dengan begitu kulit tampak lebih cerah. Hehe ... panjang, ya, Mbak. Saya tiap hari memeluk anak, dari bangun tidur, saya ucapkan selamat pagi dan bilang sayang. Begitu pula kalau Malam pas mau tidur. Siang atau sore juga saya peluk. Mumpung masih mau dipeluk, takutnya kalau udah lebih gede, belum tentu. 😄

      Delete
  3. Anak ku sudah besar juga masih suka dipeluk mbak dan meluk ibunya apalagi kalau badannya sedang kurang sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Pelukan bisa menenangkan dan memberi rasa nyaman bagi anak. Kebiasaan yang baik, buat anak merasakan disayangi.

      Delete
  4. Iya, Mbak. Pelukan bisa menenangkan dan memberi rasa nyaman bagi anak. Kebiasaan yang baik, buat anak merasakan disayangi.

    ReplyDelete
  5. Kalau ibunya di rumah mana mau sama yang lain, pelukan setiap saat keknya hmhm

    ReplyDelete
  6. Sampai sekarang aja aku selalu rindu dipeluk mamaaa

    ReplyDelete
  7. Oh yang nomer 5 baru tau infonya ini, ternyata ada fungsinya untuk kesehatan kulit ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fungsi ini berkaitan dengan fungsi psikologis, orang yang bahagia wajahnya akan lebih cerah dibandingkan yang sedang bersedia,akan tampak murung. Ada efek dari pelukan yang mampu menyeimbangkan ketegangan kulit sehingga kulit jadi lebih fresh.

      Delete
    2. Eh, typo, bukan bersedia tapi bersedih.

      Delete
  8. puas-puasin meluk balita, karena sebentar lagi mereka beranjak dewasa mungkin agak malu untuk dipeluk hehe

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah anak lanang meski udah SMP masih mau dirangkul ibunya :)

    ReplyDelete
  10. Sudah memeluk anak-anak saya..klau yang cowok karena sedikit malu dan sudah SMP jadi saya peluknya pas dia masih di tempat tidur ketika bangun pagi.

    ReplyDelete
  11. kalau buat orang gedhe mbak? saya suka lho dipeluk-peluk gitu. hehehe

    ReplyDelete
  12. Aku pun sejak tahu pentingnya memeluk anak jadi sering meluk.
    Tapi itu yg no 5 untuk kesehatan kulit beneran baru tau ☺

    ReplyDelete
  13. Masya Allah, baru tahu ternyata banyak manfaat yang didapatkan dari memeluk anak. Thanks sharingnya, mbak!

    ReplyDelete
  14. menarik urainnya...jadi tau manfaat pelukan.
    thank you for sharing

    ReplyDelete
  15. Banyak sekali manfaatnya. Dan anak-anak biasanya juga senang dipeluk, dan saya pun gemas sendiri hihi..nggak sadar anaknya pada gede2..

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar. Mohon tidak menyertakan link hidup. Terima kasih atas kunjungannya.

My Instagram