5 Kuliner di Kawasan Danau Toba yang Paling dicari Traveler karena Rasanya Juara. Mana Favoritmu?


Danau Toba merupakan destinasi wisata penuh pesona di Sumatra Utara. Danau Vulkanik terbesar di dunia ini ternyata punya kuliner khas yang dicari para traveler.

Ragam kuliner yang disajikan di Danau Toba merupakan kuliner khas Batak yang rasanya menggugah selera. Simak, yuk, 7 kuliner di pesisir Danau Toba dan Pulau Samosir yang rasanya juara.

1. Arsik

Via masakandapurku.com

Arsik merupakan kuliner berbahan dasar ikan baik ikan mas, nila dan ikan mujair yang ditangkap langsung dari Danau Toba. Proses memasak Arsik menggunakan campuran khas rempah dan menghasilkan aroma  juga rasa yang menggugah selera. Disajikan dengan berkuah atau sedikit kering mampu menciptakan sensasi rasa pedas, hangat yang membuat lidah bergoyang saat mencicipi Arsik.

2. Natinombur


Via Deskgram.id


Natinombur merupakan makanan dengan bahan dasar ikan seperti ikan nila atau mujair dengan bumbu bakar yang ditambahkan rempah juga andaliman. Disajikan dengan siraman bumbu yang lezat, rasanya pun tak kalah dengan Arsik.

3. Naniura

Via masakandapurku.com

Naniura pun berbahan dasar ikan sama seperti Arsik dan Natinombur, berbeda dalam prosesnya, Naniura tidak dimasak, digoreng ataupun direbus.  Naniura bisa disamakan dengan Sushi.

Ciri khas Naniura adalah sedikit lebih asam karena untuk proses pematangannya menggunakan asam. Disajikan dengan bumbu yang lengkap, membuat ikan terasa lezat walau tanpa dimasak.

4. Manuk Napinadar

Via tempatwisata.id

Manuk Napinadar merupakan ayam bakar dengan campuran bumbu dan andaliman yang khas dengan kematangan yang pas. Rasanya pun lezat.

5. Dali Ni Horbo

Via Femina.co.id

Dali Ni Horbo adalah susu kerbau yang diolah secara tradisional tanpa campuran bahan kimia. Proses memasaknya cukup mudah yaitu dengan dipanaskan pada api kecil dan suhu yang pas, tambahkan garam secukupnya.

Setelah susu cair mendidih dan akhirnya mengental, campurkan perasan air daun pepaya hingga susu kerbau mengental seperti tahu.  Cara lain agar rasanya lebih nikmat adalah Dali Ni Horbo diolah seperti memasak arsik. Hal ini akan menambah aroma dan rasa yang juara pada Dali Ni Horbo.

Inilah 5 macam kuliner di kawasan Danau Toba yang paling dicari Traveler karena rasanya juara. Jika  berkunjung ke Danau Toba, Sahabat pilih mencicipi kuliner yang mana?



Salam,





23 comments:

  1. Beberapa waktu yg lalu aku ke Toba, semoga lain waktu bisa merasakan semua menu itu😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Kayaknya ini emak-emak semua 😍

      Delete
  2. Dali Ni Horbo ini mengingatkanku pada Dangke, olahan khas daerah Enrekang di Sulawesi Selatan. Dangke juga terbuat dari susu kerbau. Wah, kebayang enaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, saya baru tahu Dangke. Mesti belum coba Dali Ni Horbo, kayaknya enak, lihat dari gambarnya aja. Hehe

      Delete
  3. Duh enak bgt kayanya ikannya..pasti Kaya dengan rempah2 Yg khas.. kabitaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikannya segar dimasak dengan bumbu yang kaya rempah. Pasti enak, deh.

      Delete
  4. Naksir sama yang pertama. Enyaaak kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seger kayanya, ya. Lihat fotonya aja begitu menggoda. Hehe

      Delete
  5. Pengen nyoba arsik sama naniura, penasaran sama rasanya yang kayaknya enak nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin ngiler, ya, Mbak. Berasa pengen nyobain semuanya 😊

      Delete
  6. saya masih penasaran dengan ikan arsik yang olahannya asli orang Medan. Sama rasa masakan yang pakai andaliman. teman saya bilang, andaliman itu bikin masaakan jaid lezat. dan dikedai, harganya lumayan mahal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi kalau dimakannya pas lagi berkunjung ke Danau Toba. Ikannya pasti seger dan bumbunya kaya rempah.

      Delete
  7. Enak enak ya, hmmm tapi kapan bisa ke Toba?

    ReplyDelete
  8. Saya sudah merasakan semua karena memang saya gadis Batak dan tinggal di daerah Tapanuli. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, gitu, Mbak. Wah, udah enggak asing lagi, pastinya 😊

      Delete
  9. Replies
    1. Lihat dari gambarnya aja udah kepengen, ya, Mbak. Hehe

      Delete
  10. Penasaran sama naniura. Tapi saya nggak suka makan ikan mentah. Paling kalau ketemu tak ajak foto aja hehe

    ReplyDelete
  11. Naniura, jadi penasaran walau gak tahu rasanya cocok di lidah atau nggak.
    Namanya unik2 ya, mba.

    ReplyDelete
  12. Blom pernah semua wkk
    Moga2 nanti ada ksempatan ke sana y mb

    ReplyDelete
  13. Wahhh asing semua ini menunya, dan semuanya menarik untuk dicoba sepertinya mbak, tp yg bikin aku paling penasaran itu susu kerbaunya hehehe

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar. Mohon tidak menyertakan link hidup. Terima kasih atas kunjungannya.

My Instagram