7 Quote tentang Memaafkan ini Akan Membuka Hati dan Pikiranmu untuk Meminta dan Memberikan Maaf




Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.
 (Q.S Ali Imran 133-134)

Berdasarkan ayat di atas bisa disimpulkan mengenai keutamaan memaafkan. Memaafkan adalah sikap terbaik yang bisa dilakukan oleh seorang muslim.

Rasulullah sebagai panutan memberikan teladan terbaik, bagaimana beliau mampu memberikan balasan atas sikap buruk orang sekitarnya dengan kebaikan dan memaafkan perbuatan mereka.

Bagi sebagian orang meminta maaf atau memaafkan bukanlah hal yang mudah, namun beberapa quote tentang memaafkan ini akan membuka hati dan pikiran Sahabat sekalian, simak saja,  ya, 7 quote tentang memaafkan.

Jadilah seperti bunga yang memberikan keharumannya bahkan kepada tangan yang telah menghancurkan keindahannya. ( Ali bin Abi Thalib)

Memaafkan adalah kemenangan terbaik (Ali bin Abi Thalib)

Memaafkan orang lain bukan merupakan kelemahan. Hanya orang kuat yang mampu memberikan maaf. (Mufti Ismail Menk)

Kamu menolak untuk memaafkan seseorang, namun pada hari kiamat kelak, kamu akan berdiri tegak, memohon kepada Allah untuk memaafkanmu.  (Yasmin Mogahed)

Orang yang paling berbelas kasih adalah dia yang mau memberikan maaf ketika dia mampu membalasnya. (Husein bin Ali)

Berapa kali kita harus memaafkan seseorang? Sebanyak kamu menginginkan Allah memaafkanmu. (Anonim)

Deritamu akan mulai terobati ketika kamu melepaskan rasa sakit masa lalu, memaafkan orang-orang yang telah menyakitimu, dan belajar memaafkan diri sendiri atas kesalahan yang kamu perbuat. (Anonim)

Semoga quote di atas mampu memberikan cahaya pada kita semua untuk mampu memberi dan meminta maaf.

Ya Allah, berilah aku mata yang sanggup melihat kebaikan orang lain, hati yang mau memaafkan kesalahan, pikiran yang bisa melupakan keburukan, serta jiwa yang tak kehilangan rasa iman.

Sumber: Mutiaraislam.net

29 comments:

  1. Semoga kita mudah meminta maaf dan memaafkan aamiin.

    ReplyDelete
  2. Aamiiin yaa Allah...
    Berilah kami kelapangan hati untuk bisa memaafkan...

    ReplyDelete
  3. Meskipun kelihatannya sepele, namun memaafkan tak semudah mengucapkannya. Semoga kita selalu diberi kelapangan hati untuk bisa memaafkan siapa saja dengan hati tulus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti ada rasa yang tertinggi, saya juga sedang berusaha memaafkan

      Delete
  4. Duh bener Mba.. memaafkan tuh ga mudah ya.. kadang di HarI ITU Kita sudah memaafkan..tapi di kemudian Hari kadang teringat kembali Luka Yg pernah ditorehkan orang lain kpd qt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Proses, Mbak. Waktu akan akan menyembuhkan luka, dan memaafkan Akan membuat hati lega.

      Delete
  5. Wah ngena banget nih ke aku, saat ini aku lagi keki sama seseorang, keselnya dah ke ubun -ubun, dikasih hati malah minta jeroan. Sebenarnya aku dah maafin dia sih cuma aku lagi males aja kalau bicara sama dia, males ngerumpi bareng pokoknya males ngapa-ngapain sama dia... aku cuma diam ajja dan lebih baik pergi dari pada ketemu dia...huaahaa, parah yah aku kayanya... mdh-mdhn ini akan segera berlalu..makasih quote nya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak, saya juga pernah begitu. Semoga cepat berlalu dan keadaan Makin membaik,ya.😊

      Delete
  6. Memaafkan memang terlihat mudah tapi ternyata sulitnya minta ampun. Meski demikian, semoga kita diberi kelembutan hati untuk mudah memaafkan dan juga minta maaf.

    ReplyDelete
  7. Aamiin ... Masih berjuang untuk bisa memaafkan seseorang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat, Mbak. Memaafkan akan membuat hati lega.

      Delete
  8. Ademmm baca tulisan ini.
    Aku termasuk orang yg bisa memaafkan meski hati telah hancur berkeping² #uhhuk ☺ Tapi memang butuh waktu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adem kayak habis ujan, ya, Mbak. Hehe ... iya, sih, waktu akan menyembuhkan semua luka asal mau membuka hati.

      Delete
  9. Kadang sy butuh waktu tak sbentar untuk memaafkan orang lain, saya harus belajar membuka hati jangan sampai terlalu lama memendam sakit hati sama orang..kasihan orangnya bisulan terus kalau sampai saya kesel tiap hari *apa hubungannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang lebih seperti itu, sih, saya juga.Kok kayak banyak kesamaan, ya. Hehe ... Pada akhirnya kalau sudah tenang, adem hatinya baru saya bisa membuka hati untuk menerima kesalahan dan memberi maaf, kalau saya yang salah saya akan meminta maaf.

      Delete
    2. Aamiin... Meski kadang sulit, smg bisa memiliki sifat pemaaf.

      Delete
  10. Memaafkan mudah dimulut tapi keikhlasan dalam memaafkan butuh energi yang luar biasa

    ReplyDelete
  11. Aamiin
    Semoga kita bisa menerapkan ilmu ikhlas dengan ikhlas

    ReplyDelete
  12. Maa syaa Allah
    Makasih sudah diingatkan mba

    ReplyDelete
  13. Aamiin Ya Rabb. Sangat luar biasa quote-quotenya. nice sharing, Teh, terima kasih sudah berbagi.

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar. Terima kasih atas kunjungannya.

My Instagram