7 Resep Keluarga Harmonis, Salah Satunya Suami Istri Masak Bersama

 

Resep Keluarga Bahagia
Suami Istri Masak,
ilustrasi dari Freepik.com dan Canva 


Setiap orang pasti mendambakan keluarga harmonis dan bahagia. Siapa, nih, yang ingin tahu resep keluarga bahagia? Ternyata di antara banyak resepnya, salah satunya adalah #SuamiIstriMasak bersama. 


Membantu mengerjakan pekerjaan rumah termasuk memasak berasama pasangan bisa jadi salah satu kunci menciptakan keluarga yang harmonis.Masih banyak rumah tangga yang menerapkan tradisi zaman dahulu, bahwa pekerjaan rumah itu kodratnya istri dan suami nggak perlu membantu atau turun tangan dalam pekerjaan rumah. 


Padahal sebenarnya kodrat perempuan setelah menikah itu adalah hamil, melahirkan dan menyusui. Hal yang tidak bisa dilakukan oleh laki-laki itulah namanya kodrat perempuan.


Jika dipelajari lagi ilmu tentang pernikahan, yang namanya memberikan nafkah atau memberi makan pada istri sudah termasuk menyiapkan sendiri makanannya. Hanya saja adat dan tradisi yang membuat semua pekerjaan rumah adalah tanggung jawab pihak perempuan. 



7 Resep Keluarga Harmonis dan Bahagia


Resep Keluarga Harmonis
Keluarga harmonis dan bahagia,
ilustrasi dari freepik.com/@Lifestylememory.


Ada berbagai resep untuk menjadikan keluarga harmonis dan bahagia. Menciptakan quality time juga penting. Kebahagiaan itu diciptakan, yang pasti harus ada upaya dari kedua belah pihak agar menciptakan keluarga yang sakinah, mawaddah dan rahmah seperti tujuan pernikahan yang sesungguhnya.


Inilah resep keluarga harmonis dan bahagia yang perlu diperhatikan setiap pasangan dalam membangun rumah tangga, di antaranya:


1. Menjauhkan gadget saat bersama keluarga

Sebaiknya memang saat bersama keluarga tidak terlalu banyak bermain gadget baik untuk orang tua maupun anak. Ketika orang tua, terutama ayah pulang kerja dan berada di rumah lebih baik fokus ke keluarga. Jangan terlalu lama berinteraksi dengan smartphone.


Untuk anak, sebaiknya screen time dibatasi agar tidak terlalu lama main gadget, khawatir kena radiasi juga jika terlalu lama main handphone


Menjauhkan gadget saat bersama keluarga akan mengembalikan kehangatan atau keharmonisan kuarga. Semakin merasakan quality time dengan meminimalisir penggunaan handphone


2. Menghargai dan banyak bersyukur

Sudah sepantasnya Kita menghargai kebersamaan.  Menghargai pasangan yang telah mendampingi Kita selama ini. Bersyukur diberikan keluarga, anak yang sehat dan pintar. Memiliki rumah tempat berlindung. Jangan sampai menyia-nyiakan mereka yang selalu ada untukmu.


3. Berbagai tugas dalam pekerjaan rumah tangga 

Membantu pekerjaan istri di rumah itu adalah sunnah, jadi memang pekerjaan rumah tangga sebaiknya tidak dipikul sendirian oleh istri, terutama jika tidak memiliki asisten rumah tangga. 


Tugas istri cukup banyak di rumah, dari mulai mengurus, mendidik anak, membersihkan rumah, memasak, dan lainnya. Sudah sepantasnya seorang suami mau berbagi tugas dalam pekerjaan rumah tangga.


4. Menyeimbangkan kehidupan keluarga dan pekerjaan

Jangan sampai terlalu sibuk bekerja, terutama untuk para suami atau ayah. Jangan lupa alasan bekerja keras untuk keluarga. Jadi jangan sampai kehilangan semua waktu demi pekerjaan dan melupakan keluarga.


5. Memiliki waktu untuk diri sendiri atau me time 

Memiliki waktu untuk diri sendiri atau me time juga penting, sih, menurut saya. Soalnya sebagai seorang istri atau ibu perlu juga menjaga kewarasan agar tidak kehilangan diri sendiri. 


Bisa pergi ke luar rumah sendiri, membaca buku kesukaan, menonton acara favorit atau sekadar makan mie rebus sendirian bisa membuat seorang istri atau ibu bahagia.


6. Membuat keputusan bersama, bukan sepihak

Setelah menikah, ada kalanya mendiskusikan keputusan bersama itu penting agar kedua belah pihak merasa puas. Jangan sampai mengambil keputusan sepihak tanpa meminta pertimbangan pasangan, kadang seorang istri ingin dilibatkan dalam pengambilan keputusan.


7. Menciptakan quality time dengan cara Suami Istri Masak bersama

Menciptakan quality time bersama keluarga bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan  Suami Istri Masak bersama. Sangat menyenangkan bisa memasak bersama pasangan. Hal ini bisa meningkatkan bonding satu sama lainnya.



Suami Istri Masak bersama, Masakan Lezat Membuat Hati dan Keluarga Bahagia


Salah satu moment yang menyenangkan adalah ketika bisa memasak bersama pasangan. Kebanyakan lelaki memang menganggap urusan dapur itu urusan perempuan, tetapi sebenarnya tugas rumah tangga termasuk memasak bisa dilakukan bersama.


Memasak bersama pasangan punya banyak manfaat di antaranya bisa quality time bareng, mengalihkan dari rutinitas harian yang membosankan, bisa mengontrol lebih dekat dengan pasangan, serta bisa menyiapkan menu yang lebih sehat juga bersih.

Sebagai ibu, saya sering sekali membuat masakan favorit keluarga, terutama kesukaan anakku. Biasanya saya memasak menu yang simpel dan praktis saja tetapi disukai seluruh keluarga, contohnya menyiapkan nasi goreng spesial atau membuat mie goreng Jawa yang ditambahkan kecap ABC.


Seluruh produk ABC termasuk kecap ABC telah terdaftar dan dianyatakan aman dikonsumsi oleh BPOM RI. Produk ABC ini diproduksi dengan standar, kualitas, keamanan yang tinggi untuk komsumen, mulai dari penggunaan bahan baku, proses produksi, hingga standar informasi yang tertera pada label kemasan produk.


Memasak bareng pasangan hasilnya semakin lezat dengan ditambahkan kecap ABC. Nggak perlu khawatir soal rasa, penambahan kecap ABC membuat masakan lebih kaya rasa dan pasti disukai oleh semua keluarga. Masakan yang lezat otomatis membuat hati bahagia. Hati yang bahagia dapat membuat hubungan keluarga semakin harmonis dan erat. 


Tulisan ini terinspirasi dari video #SuamiIstriMasak bersama Kecap ABC pada video ini. So, pasti sebagai istri, udah nggak ragu lagi kan, ya, buat ajak suami memasak bersama.



Dengan adanya quality time melalui #SuamiIstriMasak pastinya menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Kegiatan atau kampanye ini diinisiasi pada tahun 2018. Tahun berikutnya yaitu tahun 2019, Insisiasi kampanye dilakukan saat Hari Kesetaraan Perempuan. 


Pada tahun 2020, adanya kolaborasi bersama platform edukasi yang melibatkan anak-anak dalam kampanye Hari Kesetaraan Perempuan. Sedangkan tahun 2021 yang lalu, adanya kolaborasi pasangan artis, yaitu Titi Kamal dan Christian Sugiono yang mengkampanyekan pentingnya kolaborasi suami dan istri saat berada di dapur.


Masakan yang lezat otomatis membuat hati bahagia. Hati yang bahagia dapat membuat hubungan keluarga semakin harmonis dan erat. Memiliki hobi memasak bersama dan menonton televisi juga rutinitas keluarga kami. Quality time yang berkesan nggak perlu mahal. Sering kali nonton bareng atau masak bersama jadi pilihan Kami. 


Nah, itulah 7 resep keluarga harmonis dan bahagia, salah satunya Suami Istri Masak bersama. Gimana nih, sama Sahabat Catatan Leannie, kira-kira kalau di rumah suka masak bareng pasangannya nggak, nih? 



Salam,













15 comments

  1. Nomor satu sekarang makin sulit didapat euy. Kadang raganya ngumpul, eh sibuk sendiri-sendiri sama si kotak di tangan

    ReplyDelete
  2. saya pun mulai membiasakan, kalau lagi kumpul atau pergi bareng anak-anak dilarang bawa hp.

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah lumayan sering juga masak bareng pak suami, lebih terasa ringan kalau masak bareng karena berasa jadi punya asisten. kampanye #suamiistrimasak ini memang pas sekali untuk menciptakan keharmonisan hubungan suami istri.

    ReplyDelete
  4. Seneng banget lihat kampanye #SuamiIstriMasak bersama Kecap ABC ini.
    Rasanya adem dan aku memang seneng bagian cuci-cuci ketimbang masaknya. Hehhe, jadi pemandangan suami masak ini uda lumrah banget di keluarga kami. Adanya kampanye #SuamiIstriMasak begini, menambah makna komunikasi dan kerjasama yang baik antar anggota keluarga.

    ReplyDelete
  5. Masak bareng suami memang salah satu qually time ya Mbak. Apa lagi kalau dibarengi dengan canda tawa. Enak gak enak hasilnya tetap aja bahagia 😁.

    ReplyDelete
  6. Wah, bole dicoba nih Mba tips yang nomor 7
    Menciptakan quality time #SuamiIstriMasak pasti seru banget
    Thank you ya Mba buat tips-nya.

    ReplyDelete
  7. Ahhh, seneng yaaa quality time bersama keluarga kaya gini. Masak-masak salah satu kegiatan yang bermanfaat karena selain menambah bonding, ada hasilnya jg yang bisa dinikmati bersama-sama.

    ReplyDelete
  8. Jujurly ngeliat Titi Kamal dan Christian Sugiono ini senang banget. Saya pernah diketawain temen gegara pernah bilang kalau salah satu kriteria calon suami idaman adalah bisa masak dan mau terlibat di dapur. Nah ada iklan ini kan saya jadi serasa ada yang bela. Wkwkwk.

    ReplyDelete
  9. Iya tradisi di masyarakat kita, pekerjaan rumah adalah tugas istri, termasuk urusan dapur.

    Padahal ada banyak manfaat ya suami-istri masak bersama. Auto besok masak bareng suami ah hehe

    ReplyDelete
  10. Resepnya sangat ampuh untuk diterapkan agar makin cinta bersemi terus sepanjang hari

    ReplyDelete
  11. Kalau aku bertahun-tahun lebih banyak suami yang masak, biasanya aku bagian beres-beres soalnya masakan suami lebih enak wkwkwk. Tapi secara ngak langsung aku dan suami menanamkan mindset pada anak-anak kalau antara laki-laki dan perempuan harusnya ngak ada perbedaan untuk mengerjakan pekerjaan domestik dalam rumah tangga.

    ReplyDelete
  12. Setuju sih mba kalau pekerjaan bersama suami-istri macam memasak bisa memupuk Keharmonisan keluarga

    ReplyDelete
  13. Suami itu anak rumahan, jadi ketimbang staycation dll mending wiken di rumah terus masak-masak. Makanya kita udah sering banget masak bareng di rumah.

    ReplyDelete
  14. Sepakaaat mbaaak, karena memang suami istri butuh quality time untuk ngobrol berdua pun dengan cara masak bersama hihi

    ReplyDelete
  15. Cara baru quality time sama suami ya. Bikin hubungan lebih harmonis ya 😊

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Komentar akan muncul setelah saya setujui. Mohon tidak berkomentar sebagai anonim atau menyertakan link hidup. Link hidup akan saya delete. Maaf jika ada komentar yang belum terbalas.