Cara Terbaik Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

 

Curcuma Plus Grow Emulsion
Curcuma Plus Grow Emulsion,
dokumentasi pribadi 


Orang tua perlu memantau dan mengoptimalkan tumbuh kembang anak dengan baik. Salah satu cara terbaik agar perkembangan dan pertumbuhan anak bisa optimal adalah dengan memberikan nutrisi yang tepat untuk anak, termasuk memberinya multivitamin anak, seperti Curcuma Plus Grow Emulsion


Tumbuh dan kembang adalah dua hal yang berbeda. Pertumbuhan yaitu penambahan ukuran anak, dimulai dari pertambahan berat badan, panjang atau tinggi badan, dan lingkar kepala. Sedangkan perkembangan yaitu penambahan kemampuan anak dari segi motorik, baik kasar maupun halus, kognitif, bahasa, sosial, dan emosional.


Di saat mendengarkan curahan hati orang tua mengenai kondisi anaknya, ada yang merasa berat badan anak stagnan, tingginya kurang, atau bahkan kenapa anak kurang bisa bersosialisasi. Faktor inner child orang tua juga bisa mempengaruhi cara mendidik anak. Sebenarnya hal di atas bisa ditangani jika orang tua tahu bagaimana cara mengoptimalkan tumbuh dan kembang anak.



4 Aspek perkembangan anak yang perlu diperhatikan orang tua


Ada 4 kategori dasar aspek perkembangan anak yang perlu diperhatikan di rumah, diantaranya:


1. Perkembangan fisik dan motorik

Pertumbuhan fisik terlihat dari tulang dan otot tubuh yang sehat, sehingga pertumbuhan fisik dapat terlihat ketika tinggi badan, berat badan, dan lingkar kepala anak bertambah. Pertumbuhan fisik memberi kemampuan bagi anak untuk bereksplorasi dan berinteraksi dengan lingkungannya.


Perkembangan motorik merupakan proses tumbuh kembang kemampuan gerak anak. Kemampuan motorik akan berkembang seiring dengan kematangan sistem saraf dan otot. 


2. Kemampuan untuk berkomunikasi

Kemampuan untuk berkomunikasi pada anak berhubungan dengan kemahiran anak berbicara dan berbahasa. Agar dapat berkomunikasi dengan baik, anak perlu tahu cara mengutarakan sesuatu dan mengerti pembicaraan lawan bicaranya. Kemampuan untuk berkomunikasi perlu dilatih agar anak mampu bersosialisasi dengan baik sampai ia dewasa. 


3. Kemampuan kognitif

Perkembangan kognitif anak meliputi proses untuk mengingat, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. 


4. Kemampuan sosial dan emosional

Perkembangan sosial dan emosional pada anak menjadi salah satu tahap tumbuh kembang untuk berinteraksi dengan orang lain dan mengendalikan emosi anak. Aspek sosial emosional ini berperan untuk menjalin relasi atau hubungan dengan keluarga, teman, dan lingkungannya. 


Keempat aspek ini perlu diperhatikan, tidak hanya berpusat pada salah satu aspek saja agar tumbuh kembang anak optimal. Pertumbuhan dan perkembangan anak itu tidak bisa disamakan antara satu dengan lainnya. Setiap anak dapat memperlihatkan pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda. Berikanlah dukungan terbaik untuk anak supaya dapat menunjukkan grafik perkembangan yang optimal sesuai tahapan usianya. 


Untuk belajar tentang parenting biasanya saya mengambil referensi dari website parenting yang sering saya jadikan panduan. Tidak ada sekolah menjadi orang tua, tetapi orang tua perlu mengupgrade diri agar bisa menemani tumbuh kembang anak dengan optimal.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan anak diantaranya asupan makanan atau nutrisi, pengaruh lingkungan, jenis kelamin dan keluarga.



Cara terbaik mengoptimalkan perkembangan anak


Seorang ibu punya andil besar untuk mengoptimalkan pertumbuhan anak meski ada beberapa faktor yang berpengaruh terhadap tumbuh dan kembang anak. Ada beberapa langkah untuk mengoptimalkan perkembangan anak, diantaranya :


1. Memberikan kasih sayang

2. Mengajak anak melakukan permainan yang menyenangkan

3. Memberikan stimulasi pada anak

4. Membiarkan anak bersosialisasi

5. Memastikan asupan nutrisi terpenuhi dengan baik


Selain memberi asupan makanan, saya juga memberikan anak multivitamin untuk mendukung tumbuh kembangnya secara optimal. Saya memberikan anak saya Curcuma Plus Grow Emulsion. 



Tentang Curcuma Plus Grow Emulsion 


Curcuma Plus Grow Emulsion Rasa Blackcurrant, dokumentasi pribadi 


Curcuma Plus Grow Emulsion merupakan suplemen anak dengan kandungan temulawak organik, minyak ikan kod, kalsium, vitamin D, dan multivitamin, yaitu vitamin A, B1,B2, B5, B6, B12. 


Produk ini dikemas dengan botol plastik berwarna coklat dengan dominasi warna orange, isinya sebanyak 200 ml dan 400 ml. Tersedia rasa Jeruk, Strawberry dan Blackcurrant. Anak saya memilih rasa Blackcurrant buat dikonsumsi. Anakku bilang rasanya enak dan nggak pahit, dia juga minta dikasih suplemen ini keesokan harinya.


Curcuma Plus Grow Emulsion bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan vitamin semasa tumbuh kembang anak, membantu perkembangan otak, pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat, serta membantu memperbaiki nafsu makan anak.


Memang ada berbagai faktor yang bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Namun, sebagai orang tua Kita perlu mengusahakan cara terbaik untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. 


Mengkonsumsi Curcuma Plus Grow Emulsion, dokumentasi pribadi 


Memberi suplemen seperti Curcuma Plus Grow Emulsion adalah salah satu cara mengoptimalkan tumbuh dan kembang anak. Bagaimana dengan Sahabat Catatan Leannie, sharing dong caranya di rumah masing-masing agar tumbuh kembang anak optimal!



Salam,
















 



39 comments

  1. Wah makasih banyak 4 hal indikator perkembangan anak nya teh, jujur aku tertarik pengen beli curcuma tp kayaknya baru susunya aja kalo vitamin atau suplemen nya belum pernah coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Kak. Silakan coba multivitaminnya. Anak saya dikasih ini tiap hari buat jaga daya tahan tubuhnya

      Delete
  2. Minum curcuma bisa untuk meningkatkan serta mengoptimalkan tumbuh kembang anak ya mbak. Saya jadi ingat iklannya curcuma yang unik. Saya mau rekomendasikan ke teman saya juga ah biar anaknya minum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba Maria tumbuh kembang anak jadi lebih optimal dengan penambahan Curcuma Plus Grow Emulsion

      Delete
  3. Makasih penjelasannya tentang tahap tumbuh kembang anak, Mbak Lia. Jadi makin paham mengenai kecerdasan motorik, kognitif, emosional, dll. Perlu banget semua kecerdasan itu ditunjang dengan multivitamin seperti Curcuma Plus Grow Emulsion ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mba Hastin. Makasih sudah berkunjung ke blog ini

      Delete
  4. Ngomongin curcuma plus aku jd inget dulu waktu kecil pengen banget nyobain vitamin ini tapi ortu gak bisa beliin. Sekarang aku yang beliin untuk ponakanku biar mereka makin cerdas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah sekarang keponakannya bisa dikasih multivitamin dari Curcuma Plus

      Delete
  5. salah satu suplemen buat ank yang kandungan di dalamnya cukup menambah asupan nutrisi anak ya, pun percaya, kadang anak asupan sayurnya kurang, atau vitamin lain bisa di tambah curcuma ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba Windi kandungan Dari Curcuma Plus Grow Emulsion ini cukup lengkap untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak

      Delete
  6. Kandungan dalam Curcuma Plus Grow Emulsion ini ternyata banyak ya mbak. Pastinya bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak. Rasa blackcurrant kayaknya unik ya. Ga heran sangat disukai anak mbak Lia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dulu nyobain rasa jeruk. Pas habis anakku bilang pengen Curcuma Plus Grow Emulsion Rasa Blackcurrant

      Delete
  7. Aku ingat pernah memberikan keponakanku multivitamin curcuma plus deh. Cuma ponakanku rada nggak doyan. Kudu dipaksa dulu. Padahal kan enak. Ketimbang disuruh minum obat yang pahit siih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain Rasa Blackcurrant Mba, anakku suka katanya rasanya enak

      Delete
  8. Ini vitamin kesukaan anakku juga nih! Semoga bisa terus mendapatkan manfaat baiknya yaa

    ReplyDelete
  9. anak pertama saya tingginya sesuai umur sih tapi beratnya agak kurang. huhu. kayaknya saya perlu tambah vitamin deh biar bisa meningkatkan nafsu makannya

    ReplyDelete
  10. pas banget ni artikelnya, program di kantor juga lagi ada nih buat kids, dan mesti belajar tumbuh kembang anak juga

    ReplyDelete
  11. Curcuma plus ini banyak yang cari waktu saya kerja di apotek. Apalagi sekarang udah ada tiga pilihan rasa ya. Jadi anak2 semakin semangat minumnya

    ReplyDelete
  12. Ini suplemen favorit saya untuk anak-anak. Suplemen ini ampuh banget untuk meningkatkan nafsu makan

    ReplyDelete
  13. Curcuma plus ini suplemen yang udah terkenal dari jaman dulu. Membantu menunjang pertumbuhan anak secara optimal.

    ReplyDelete
  14. Curcuma Plus ini lengkap banget ya Mbak dan sesuai kebutuhan anak, rasanya pun juga disukai anak-anak doong :)

    ReplyDelete
  15. Setuju banget Mak, untuk tumbuh kembang anak itu dipengaruhi banyak faktor. Dan, untuk mengoptimalkannya bisa kasih curcuma plus ini. Apalagi rasanya sesuai banget sama anak yang pastinya anak bakalan suka banget.

    ReplyDelete
  16. Aaah ini pernah dulu kubeli untuk anakku. Skg dia sdh 20 taun sudah kuliahm emang bagus utk tumbuh kembang anak.

    ReplyDelete
  17. curcuma plus minuman jaman aku kecil >_< dulu semangat banget kalau minum ini, berasa kayak di iklan-iklan hahaha

    ReplyDelete
  18. Wah, cocok nih buat keponakan saya yang paling kecil
    Soalnya dia termasuk anak yang aktif tetapi jarang makan dan pilih-pilih makanan
    Dengan Multivitamin ini semoga bisa memenuhi kebutuhan vitamin yang tidak dia dapatkan dari asupan makanannya yang kurang

    ReplyDelete
  19. Terima kasih untuk tipsnya.

    Anak saya pun suka minum ini. Rasanya segar, manis dengan rasa jeruk. Kadang saya juga suka ikutan minum hehe.

    ReplyDelete
  20. Memang ya perlu cara terbaik untuk optimalkan tumbuh kembang anak. Di antaranya dengan melengkapi dengan suplemen terbaik seperti Curcuma Plus Grow Emulsion ini yang manfaatnya banyak dan rasanya disukai anak

    ReplyDelete
  21. Duh mbak, semenjak anak²ku sakit bergantian, malah makan sayurnya gak bersemangat mereka, huhuhu. Akunya pun jadi gak bersemangat untuk memasak juga.

    Anyway Curcuma bisa juga kan ya untuk daya tahan tubuh anak²? Bulan kemarin gantian eeee ini mulai lagi, duh lemeeeez jadinya aku, Mbak

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah~
    panduan banget menjadi seorang Ibu, terutama yaa.. Yang bertanggunjawab dengan sepenuh hati untuk mencukupi segala kebutuhan anak dari mulai perkembangan fisik hingga mentalnya. Dengan memberikan asupan yang tepat dan tambahan multivitamin, anak tetap tumbuh sehat.

    ReplyDelete
  23. Beberapa bulan lalu ke dokter karena daya tahan anak kurang . Jadi dokter juga rekomendasi konsumsi ini nih. Alhamdulillah sejak konsumsi ini jadi daya tahan tubuh anak lebih kuat dan tidak gampang sakit.

    ReplyDelete
  24. aku tim curcuma ini mbak, terjangkau dan manfaatnya terasa kalau di keluarga kami juga, anak-anak jadi lahap makan meski gak gendut gendut hahahahaa

    ReplyDelete
  25. Curcuma plus itu vitaminku pas masa kecil dulu juga lo. Enak banget, ga bikin trauma karena rasa vitaminnya

    ReplyDelete
  26. Agar anak tumbuh optimal, maka orang tua perlu memberikan gizi seimbang dan suplemen kesehatan ya mbak

    ReplyDelete
  27. Mba Lia, Curcuma Plus ini aman dipakai dalam waktu panjang ga sih? Seberapa lama ya? Anakku doyan banget loh minum ini.

    ReplyDelete
  28. Waktu anakku umur 3 tahun juga sering saya beri curcuma sampai susunya juga karena nafsu makannya yg kurang. Produk curcuma memang beneran menambah nafsu makan dan jaga daya tahan tubuh anak

    ReplyDelete
  29. anak saya juga suka dengan rasanya nih kak, rasa suplemen juga berpengaruh agar tidak ada perlawanan saat memberikannya ke anak. Banyak kok manfaat curcuma plus grow emulsion

    ReplyDelete
  30. Wah bisa nih dijadiin inspirasi kalau udah jdi ibu bagaimana caranya ngoptimalin tumbuh kembang anak

    ReplyDelete
  31. Curcuma Plus vitamin saya dari jaman mbiyen alias waktu kecil. Anak saya sekarang juga diminumin ini. Selain buat penambah nafsu makan karena kandungan curcumanya, bagus juga sih buat menjaga daya tahannya.

    ReplyDelete
  32. Merek ini sudah terkenal dr jaman kecil dulu ya.. Tp jujur sampai sekarang belum pernah nyobain.. Mungkin untuk mengoptimalkan nutrisi anak bisa juga nih ditambah minum suplemen ini ya.. Semoga anakku suka juga deh.. Hehee

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Komentar akan muncul setelah saya setujui. Mohon tidak berkomentar sebagai anonim atau menyertakan link hidup. Link hidup akan saya delete. Maaf jika ada komentar yang belum terbalas.