Ingin Sukses Program Hamil? Lakukan 7 Pola Hidup Sehat ini!

Promil dengan Pola Hidup Sehat
Program hamil dengan pola hidup sehat,
via Freepik dan Canva


"Belum punya anak lagi, ya? Kapan mau nambah, kasian loh kakaknya sendirian di rumah.

"Punya anak lagi aja, satu lagi biar sepasang. Laki-laki Kan udah, tinggal anak perempuan yang belum."

"Ikutan program hamil engga, nih? Jangan lupa buat jaga pola hidup sehat kalau pengen sukses promilnya.


Entah ucapan ke berapa kali yang saya sering dengar ketika ketemu saudara, tetangga, bahkan ada juga teman yang bertanya seperti ini. Sejujurnya jawabannya bikin saya inget lagi kejadian dua tahun silam saat saya pernah mengalami keguguran karena pendarahan.


Ternyata banyak yang perhatian dengan saya ya. Oke, baiklah. Memang anak saya baru satu, nih. Dapat pertanyaan kaya gini rasanya sama dengan pertanyaan kapan nikah waktu masih single. Kadang bisa slow, kadang bisa bikin saya kembali menghela napas panjang. Kadang saya senyumin aja sesekali.



Belajar dari Pengalaman Kehamilan Sebelumnya


Pengalaman keguguran
Keguguran,
via Freepik.com


Siapa sih yang engga pengen punya anak lagi? Mau lah, makanya kalau ada yang nanya kapan punya anak lagi? Saya jadi inget waktu dikuret dua tahun lalu di RSUD Bandung. Kejadiannya jelang sehari mau hari Raya Idulfitri tahun 2020. Saat itu usia kandungan saya baru 6 menuju 7 minggu. Awalnya saya ngeflek karena kelelahan saat mengurus anak yang lagi sakit dan saat itu lagi bulan puasa. 


Penyebab lainnya, kurangnya waktu istirahat karena beberapa hari anak demam, dilanjutkan dengan menyiapkan menu sahur membuat saya merasa mudah lelah. Setelah ngeflek selama beberapa hari, saya sempat bedrest tapi pendarahan engga berhenti sehingga setelah konsul ke dokter kandungan, saya ke IGD buat kuret karena janinnya udah engga ada. 


Saat itu lagi awal-awal pandemi di tahun 2020. Saat saya agak khawatir memilih RS buat kuret. Faskes 1 tempat rujukan BPJS saya sedang tutup karena mau Idulfitri. Sedangkan saya butuh rujukan buat ke RS. Udah bolak-balik hampir 4 RS tapi tetep engga bisa menampung saya karena tidak ada rujukan dari Faskes 1 BPJS. Akhirnya setelah ngobrol sama dokter, saya disarankan ke Puskesmas Rajawali sebagai pengganti Faskes 1. Alhamdulillah di sini saya dapat rujukan buat kuret di RSKIA Kota Bandung.


Jika ditanya bagaimana perasaan saat keguguran sebenarnya sempat ngerasa sedih dan nangis selama seharian. Setelah saya belajar menerima semuanya, Insyaallah saya dan suami udah ikhlas saat itu.


Mungkin waktunya untuk fokus ke anak pertama saya untuk menemani tumbuh kembangnya agar lebih optimal. Pengalaman yang sudah terjadi cukuplah dikenang sebentar saja karena saya engga mau terus bersedih. Ambil hikmahnya dari yang udah pernah terjadi. 


Berhubung saya pernah mengalami keguguran sebelumnya, ketika saya ingin punya anak lagi memang sebaiknya melakukan program hamil. Nah, ada beberapa tips kehamilan sehat yang perlu saya perhatikan untuk meminimalisir keadaan yang tidak diinginkan seperti kehamilan sebelumnya.


Salah satu faktor penentu suksesnya program kehamilan adalah menjaga pola hidup sehat. Mau tahu bagaimana menjaga pola hidup agar sukses promilnya? Simak, penjelasan di bawah ini, ya!



7 Pola Hidup Sehat agar Sukses Program Hamil


Pola hidup sehat saat kehamilan,
via Freepik.com


Pola hidup sehat menjadi hal yang kadang terlupakan, padahal pola hidup sehat ini sangat penting karena jika terus menerus menjalani pola hidup yang tidak sehat bisa menyebabkan gangguan kesehatan sampai masalah kesuburan. Masalah infertilitas ini bisa disebabkan gaya hidup yang buruk baik dari laki-laki atau pun perempuan contohnya saja merokok, minum alkohol juga konsumsi junk food atau fast food.


Pola hidup sehat menjadi kunci keberhasilan program kehamilan, loh, Sahabat Catatan Leannie. Baik Ayah maupun ibu perlu menjaga pola hidup sehat ketika menjalani promil. 7 pola hidup sehat yang perlu diperhatikan, diantaranya :


1. Mengkonsumsi makanan sehat

Makanan sehat yaitu makanan dengan nutrisi yang seimbang, meliputi kandungan karbohidrat, serat, dan protein. Karbohidrat, serat, dan protein ini ternyata bermanfaat untuk kesehatan serta bisa meningkatkan kesuburan. Sebaiknya jangan konsjmsi makanan cepat saji dan gorengan. Pilihlah makanan yang direbus, dikukus, atau ditumis. Jangan lupa konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.


Mengkonsumsi makanan sehat sangat penting saat kehamilan. Terbutuhinya kebutuhan gizi saat hamil berpengaruh terhadap kesehatan janin. Sahabat Catatan Leannie, tahu engga tentang stunting?


Stunting adalah kondisi gagal pada pertumbuhan dan perkembangan yang dialami anak-anak karena kurangnya asupan gizi dalam waktu yang lama, infeksi berulang, dan stimulasi psikososial yang tidak memadai terutama pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan. Kehamilan sehat dapat mencegah timbulnya stunting karena asupan gizi yang baik saat dalam kandungan.



2. Olahraga secara teratur

Rajin berolahraga menjadi salah satu kunci pola hidup sehat. Dengan rutin berolahraga selama 30 – 60 menit dapat membakar lemak sehingga semakin banyak oksigen yang dialirkan tubuh dan dapat meningkatkan energi.


Tidak perlu olahraga berat, biasanya saya jalan pagi keliling kompleks sambil mencari tukang sayur buat stok makanan. Bisa juga olah raga lain yang disukai seperti berenang atau badminton. Lakukan olahraga secara teratur sebanyak 3 – 4 kali dalam seminggu agar tubuh lebih bugar.


Jika ingin merencanakan program hamil, sebaiknya jangan melakukan aktivitas yang berat dan hindari olahraga dengan durasi yang terlalu lama karena dapat menyebabkan kelelahan sehingga dapat menurunkan tingkat kesuburan. Hindari olahraga bersepeda pada pria karena dapat menyebabkan suhu pada testis naik.


3. Management stress

Stres yang berlebihan menjadi salah satu sumber risiko berbagai penyakit dan dapat mengganggu kesuburan. Stress pada perempuan dapat menyebabkan gagalnya ovulasi karena stres dapat menekan hormone luteinizing yang dibutuhkan pada saat ovulasi. Akibatnya pasangan sulit hamil karena ovulasi terganggu. 


Efek stress pada pria dapat meningkatkan kadar testosterone sehingga terjadi ketidakseimbangan hormon pada tubuh, sedangkan jika ingin melakukan promil, maka hormon di dalam tubuh harus seimbang.


Oleh karena itu, sebaiknya kurangi atau hindari pemicu stress. Istirahat sejenak dan cobalaj mengalihkan pikiran dengan menjalani hobi atau hal-hal yang disukai. Management stress memang perlu diatur dengan baik demi menjaga kesehatan fisik dan mental.


4. Waktu tidur yang cukup

Waktu tidur yang cukup adalah peer bagi saya. Pekerjaan sebagai blogger membuat saya memilih waktu terbaik menulis di malam hari atau jelang subuh. Terkadang engga tidur lagi sampai pagi. Sebenarnya saya tahu ini kurang baik buat kesehatan, tapi agak susah mengubah ritmenya.


Ternyata kurangnya tidur atau begadang bisa mengganggu kestabilan hormon.dan mengganggu ovulasi sehingga menyebabkan sulitnya memiliki keturunan. Mengatur waktu tidur adalah salah satu cara agar pola hidup sehat bisa terwujud. Waktu tidur normal untuk dewasa adalah selama 7 – 9 jam. Memiliki waktu tidur yang cukup dan kualitas tidur yang baik akan memengaruhi kondisi tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.


5. Konsumsi air putih yang cukup

Mengkonsumsi air putih punya berbagi manfaat untuk tubuh. Selain sebagai pelepas dahaga, air putih berperan untuk memenuhi cairan yang dibutuhkan tubuh. Dengan minum air putih yang cukup dapat meningkatkan produksi hormon testosterone pada pria, yang berfungsi untuk memproduksi sperma. Bagi perempuan, minum air putih dapat meningkatkan hormon progesterone yang berfungsi untuk mempersiapkan tubuh untuk menghadapi kehamilan.


Jangan konsumsi alkohol jika sedang merencanakan program hamil, karena alkohol dapat menurunkan kadar testosterone yang diperlukan dalam memproduksi sperma. Selain itu, alkohol menjadi penyebab ejakulasi dini, gangguan ereksi, dan motilitas sperma berkurang.


6. Mengurangi konsumsi makanan atau minuman manis

Menjalani pola hidup sehat, salah satunya adalah dengan mengurangi konsumsi makanan atau minuman manis. Bahayanya jika mengkonsumsi makanan yang mengandung gula berlebih terus menerus bisa meningkatkan faktor risiko penyakit, salah satunya diabetes. Pastinya ketika hamil, perempuan harus sehat agar kehamilannya pun minim risiko.


7. Tidak merokok

Dampak buruk merokok tidak hanya dirasakan perokok aktif, termasuk perokok pasif atau yang terpapar asap rokok. Merokok dapat memengaruhi kesuburan karena kandungan zat-zat berbahaya pada rokok dapat memengaruhi kadar hormon. Selain itu, efek merokok pada pria dapat meningkatkan disfungsi ereksi, memengaruhi kualitas sperma, dan menyebabkan kerusakan DNA pada sperma. Tidak merokok atau berhenti merokok adalah pilihan terbaik dalam melaksanakan pola hidup sehat.



Mengenal PT Kehamilan Sehat Sejahtera


Kehamilan Sehat
Kehamilan sehat,
via kehamilansehat.com


Buat pasutri yang mau promil, bisa merencanakan program kehamilan dengan PT Kehamilan Sehat Sejahtera yang merupakan klinik Kehamilan terlengkap dan terpercaya sejak tahun 2016. Pendiri atau CEO klinik ini adalah Bapak Agus Jatmika Soegiarto. 


Pernah merasakan sebagai pejuang dua garis merah, menjadi alasan Bapak Agus membangun bisnis Kehamilan Sehat. Beliau berharap usahanya dapat memberikan mafaat dan membantu masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan mengenai kehamilan dengan fasilitas yang lengkap dan terjangkau untuk berbagai kalangan masyarakat.


Sejak didirikan pada tahun 2016, PT Kehamilan Sehat Sejahtera sudah memiliki 18 cabang klinik yang tersebar di Jakarta, Bekasi, Tangerang, Bandung, Palembang dan Surabaya yang dengan pelayanan terbaik sesuai standar rumah sakit. 


Lima diantara delapan belas cabang di Kehamilan Sehat menyediakan pelayanan persalinan normal yang juga melayani poli anak. Klinik ini memberikan pelayanan dan pemeriksaan kehamilan yang dilakukan oleh dokter spesialis kandungan (Sp.OG) serta tenaga medis bersertifikasi SIP.  


Klinik tersebut bekerja sama dengan dokter spesialis yang berpengalaman dan ahli dalam memberikan pelayanan program hamil, pemeriksaan kehamilan, persalinan normal, senam hamil, vaksinasi, laboratorium, pemasangan IUD, dan poli kesehatan anak. 



Program Hamil di Klinik Kehamilan Sehat  


Program hamil di Kehamilan Sehat,
via kehamilansehat.com



Kehamilan Sehat adalah klinik kehamilan yang memberikan pelayanan terlengkap sejak tahun 2016. Selama kurun waktu kurang dari 5 tahun, Klinik Kehamilan Sehat telah melayani lebih dari 200.000 pasien persalinan, pemeriksaan kehamilan, program hamil, pemasangan IUD, pelayanan farmasi dan tes laboratorium.


Program hamil menjadi salah satu solusi yang dilakukan banyak pasangan agar mendapatkan keturunan. Idealnya, pasangan yang telah menikah lebih dari setahun dan belum memiliki anak bisa melakukan program ini sesuai saran dan edukasi yang tepat dari dokter. Ini adalah proses saat menjalani program hamil di Klinik Kehamilan Sehat, diantaranya :


USG Transvaginal

USG Transvaginal dilakukan dengan memasukan alat langsung ke area kewanitaanbertujuan mengamati sistem reproduksi wanita, yaitu rahim, saluran telur, indung telur, leher rahim, dan vagina. Selain itu dapat melihat kista dan miom yang bisa menjadi penghambat kehamilan. Lakukan USG ini saat sedang menstruasi hari kedua agar hasilnya lebih akurat.


Analisis Sperma

Untuk menemukan tingkat kesuburan pria, Klinik Kehamilan Sehat akan memberikan surat rujukan agar melakukan analisis sperma di laboratorium atau rumah sakit. Pemeriksaan ini tujuannya untuk mengetahui kuantitas dan kualitas sperma. 


Pemberian Vitamin

Pemberian obat dan vitamin diresepkan oleh dokter untuk media pasangan, terutama untuk perempuan. Dokter juga akan memberi edukasi dan konsultasi buat kedua pasangan.


Pemeriksaan hari Ke-12

Dokter akan menecek hasil USG saat haid hari ke-12 untuk melihat perkembangan selur telur pada rahim, tujuannya melihat sel telur mengalami pembesaran atau tidak. Jika tidak, maka dokter akan menaikkan dosis obat dan vitamin serta memberikan saran pada pasangan agar rutin berhubungan.



Kehamilan Sehat bisa Mencegah Stunting


Kehamilan Sehat cegah stunting
Kehamilan sehat cegah stunting,
via freepik.com/@pikisuperstar


Pengalaman kehamilan sebelumnya menjadi satu pengalaman berharga. Kehamilan itu harus dijaga dengan baik. Keguguran bisa terjadi karena beberapa hal diantaranya infeksi TORCH, gangguan autoimun atau penggumpalan darah. Jika ingin melakukan program hamil maka harus dikonsultasikan dengan dokter kandungan. Pengetahuan ini saya dapatkan saat mengikuti webinar "Kehamilan Sehat bisa Mencegah Stunting."


Webinar Kehamilan Sehat
Webinar Kehamilan Sehat Cegah Stunting,
via Kehamilan Sehat


Webinar Kehamilan Sehat tadi bisa simak di Chanel YouTube Rumah Teh Iin "Indari Mastuti" tanggal 01 Juli 2022 bersama Bapak Agus Jatmika Soegiarto selaku CEO PT Kehamilan Sehat Sejahtera dan beberapa orang dokter diantaranya dokter kandungan, dokter anak dan konselor laktasi. Narasumber webinar adalah dr. Adnina Hariningrum CIMI, dr Eko Setiawan Sp.OG , dr Yoga Yandika, So.A, serta bidan Diah Kusuma W,A Md. Keb dari Klinik Kehamilan Sehat. 


Pada webinar tentang kehamilan sehat tanggal 01 Juli 2022 , pencegahan stunting merupakan sebuah perjalanan panjang, dimulai sebelum hamil, saat hamil dan setelah melahirkan. 


Pencegahan stunting sebelum hamil meliputi kesehatan kehamilan, ilmu parenting, asupan gizi, bahkan faktor lingkungan seperti halnya air bersih. Saat hamil, mencegah stunting bisa dilakukan dengan edukasi kehamilan, kecukupan gizi saat hamil, pemeriksaan kesehatan, senam hamil, serta persiapan laktasi. 


Menjaga kondisi saat hamil bisa dilakukan dengan menjaga pola hidup sehat. Salah satunya dengan menjaga asupan makanan dan terpenuhi gizi dengan baik. Adapun suplemen, multivitamin dan mineral yang dianjurkan yaitu  30-60 mg besi, 15 mg seng, 2 mg tembaga, 250 mg calcium, 10 mg atau 400 IU vitamin D, 50 mg vit C, 2 mg vit B6, 300 mg folat, dan 2 mg vitamin B12. 


Kehamilan sehat hadir di setiap tahap kehamilan untuk membantu pencegahan stunting saat masa kehamilan, ada berbagai tips saat hamil yang perlu diperhatikan terutama menjaga pola makan dan kecukupan gizi.


Setelah melahirkan atau pasca persalinan, stunting bisa dicegah dengan cara mempersiapkan kondisi dan kesiapan ibu pasca melahirkan. Klinik Kehamilan Sehat juga memfasilitasi Mom to Be Class, vaksinasi, pemantauan tumbuh kembang anak, dan pendampingan proses laktasi. 


Kehamilan adalah hal yang membahagiakan setiap pasangan. Buat para pejuang garis dua, semoga tetep semangat dan terus berikhtiar mengusahakan yang terbaik lewat  program hamil di https://instagram.com/kehamilansehat. Selain itu, jangan lupakan 7 pola hidup sehat agar program hamilnya sukses ya, Sahabat Catatan Leannie!




Salam,










47 comments

  1. Terima kasih banyak info promil dan tipsnya mbak, pasti sgt dibutuhkan sekali tipsnya untuk pasutri yang ingin promil🥰

    ReplyDelete
  2. terimakasih info tips nya kak, ini cocok banget untuk teman-teman yang sedang mempersipakan kehamiannya supaya terbiasa hidup sehat dan juga berhasil hamil sehat sampai melahirkan.

    ReplyDelete
  3. Cobain jg ahh siapa tahu bisa hamil juga hihi. beberapa emang cocok sih kayak yang dibilang sama dokter untuk promilnya

    ReplyDelete
  4. Kalau di atas 35+ emang udah risiko tinggi sih ya mba buat hamil. jadi banyak banget kendalanya, dan emaknya harus makin strong. Tapi bisa juga kan promil di Klinik Kehamilan Sehat? Apalagi pro normal, suka deh!

    ReplyDelete
  5. Terimakasih info dan tipsnya sangat berguna sekali mbak.

    ReplyDelete
  6. jadi inget, ak pernah USG transvaginal saat hamil dan ketauan ada kista diameter 10 cm.
    Klinik kehamilan sehat ini sangat rekomen yaa buat yg mau promil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga yg merencanakan buah hati di klinik ini bisa berhasil

      Delete
  7. Semoga segera diberi amanah buah hati lagi ya, Mba Lia.
    Saya dulu juga baper ditanya kapan hamil lagi setelah anak pertama meninggal dunia.
    Btw ini menarik sekali Klinik Kehamilan Sehat yang akan membantu para calon ibu dan ibu juga buah hati dengan segala program dan layanan terbaiknya.

    ReplyDelete
  8. Terwajib utk jalankan tips2 dalam artikel ini.

    Dan super hepiiii ada klinik kehamilan yy sangat pro lahiran normal.

    Keren 😍

    ReplyDelete
  9. Terima kasih buat informasi sama tips promilnya pasti sangat berguna dan dibutuhkan nih tips nya buat yang lagi mau program hamil

    ReplyDelete
  10. Pas banget info ni untuk para pasangan suami-istri yang sedang program hamil. Infonya lengkap uy. Dan sepertinya bisa dicoba ke klinik Kehamilan Sehat

    ReplyDelete
  11. Manajemen stres ini susah dikendalikan apalagi kalau support dari orang terdekat dan lingkungan tidak mendukung. Semoga yang memiliki program hamil, dengan bantuan KKS bisa berhasil ya, aamiin...

    ReplyDelete
  12. Promil itu memang harus bisa menjalani pola hidup sehat ya, Mba, biar bayi dan ibu juga sehat. ALhamdullilah kalau bisa lahiran normal juga, jadi lekas sembuhnya. Terima kasih sharingnya, Mba

    ReplyDelete
  13. Selamat menjalani program kehamilan ya mba, memang bener banget sejak sebelum hamil, kesehatan calon ibu sangat penting. Syukurlah sekarang ada Klinik Kehamilan Sehat sehingga semakin banyak calon bumil dan bumil yang teredukasi dan menjalani kehamilan yang sehat.

    ReplyDelete
  14. Kehamilan mmg rahasia Illahi ya mbak..ada yg mudah banget hamil. Ada yg harus berjuang keras dan itupun tak menjamin berhasil. Namun ikhtiar memang harus dilakukan. Saya baru tahu klinik khusus ini mbak..semoga makin banyak pejuang dua garis yang bisa ditolong oleh layanan klinik ini

    ReplyDelete
  15. Sebagai lajang, saya juga kerap menghindari bertanya ke lasangan sudah menikah: kapan hamil, kapan punya anak, kok gak nambah anak lagi. Apalagi saya punya teman yang punya sakit tertentu sehingga tidak bisa punya keturunan. Untungnya rumah tangga mereka bertahan awet meski tanpa anak. Tetap komitmen bersama hingga ajal tiba. Ada juga teman saya yang lain sulit punya keturunan, tetiba berhasil dengan program bayi tabung. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pasangan pejuang garis dua.

    ReplyDelete
  16. Memulai program hamil itu juga diawali dengan melakukan gaya hidup sehat ya mbak
    Biar sukses promil nya

    ReplyDelete
  17. Hidup sehat itu wajib banget ya, aduh aku belom promil, tapi mengingat pola hidupku yg begini jadi ketar ketir sendiri

    ReplyDelete
  18. Pas baca part USG transvaginal auto ngeri2 sedap karena pernah 2 kali. Sebenernya emg nggak sakit, tp rasanya nggak nyaman berhari2. Lah malah curhat ini, mbak. Wkwkwk
    Noted nih kiat2 promilnya, aku izin share link artikelnya ke sepupuku ya, mbak. Kebetulan dia lg ngebet promil

    ReplyDelete
  19. 2020 aku juga lahiran nih mbak, berarti kita pejuang di era pandemi kemrin. tapi masya allah pejuang garis dua . ini penting banget lho pola hidup sehat aku dulu jugasempat menunggu hampir 2 tahun untuk dpat momongan dan disarankan buat pola hidup dan konsumsi nya dijaga alhamdulillah biidznillah dikasih amanah jadi ortu

    ReplyDelete
  20. Lagi promil jg nih, belum ke dokter sih cuma lagi ngejaga asupan nutrisi

    ReplyDelete
  21. Aku dulu program hamilnya baru di tahap benerin pola haid biar teratur dan pola hidup sehat belum sampai ke tahapan berikutnya. Semoga para pejuang garis dua setelah membaca artikel ini jadi makin semangat untuk terus berjuang

    ReplyDelete
  22. Pasti rasanya patah hati banget yaa, kak..
    Kehilangan anak dan harus jalani kuretase.
    Semoga dengan menjalani progmil di PT Kehamilan Sehat Sejahtera, maka jalani proses dengan bahagia dari awal kehamilan hingga melahirkan.

    ReplyDelete
  23. Untunglah makin banyak klinik yang bisa menjadi tempat konsultasi para pasutri yang belum punya anak.
    Mudah-mudahan ke depannya, PT Kehamilan Sehat Sejahtera bisa menambah layanan untuk mengobati para suami yang analisis spermanya lemah.

    ReplyDelete
  24. Lagi pengen punya anak ketiga nih. Kakak-kakanya pada pengen punya adek lagi. Mikir-mikir jaraknya udah aman, mumpun usia juga masih 30an.. Lah kirain bisa dengan mudahnya hamil seperti pas si sulung, huhuhu..ternyata belum juga dikasih rezeki nih. Pas dipikir-pikir, oh iya..belakangan ini juga saya gak menjalani pola hidup sehat..

    ReplyDelete
  25. Iya mba pola hidup sehat itu sangat mendukung promil.. Dan ikut sedih si angka stunting di Indonesia masih masuk kategori besar dnan menjadi salah satu masalah kesehatan..
    Yuk lah cegah bersama

    ReplyDelete
  26. Untuk teman-teman yang ingin hamil lagi atau untuk yang pertama kali, tips di atas pasti sangat menolong. Terus untuk kliniknya bisa ke klinik hamil sehat. Semoga teman-teman sukses dengan rencana kehamilan ya. Nanti melahirkan anak yang sehat dan cerdas sesuai harapan orang tua. Amin

    ReplyDelete
  27. Memang orang nanya ga ada habisnya. Kapan hamil termasuk di antaranya. Gatau dia kadang kita juga sudah ikhtiar, tapi kalau belum berkehendak apa kuasa hamba, ya kan...?
    Senangnya ada Klinik Kehamilan Sehat yang bisa jadi tujuan untuk para calon Ayah-Ibu dan Ayah Ibu demi kehamilan yang sehat selalu

    ReplyDelete
  28. Tipsnya boleh nih dishare untuk sepupu yg belum hamil. Semoga aja pas ngikutin, eh gak lama kemudian hamill aamiin

    ReplyDelete
  29. Gak ada habisnya ya sama pertanyaan-pertanyaan kaya gitu terus aja nambah.
    Sedih ya mbak kalau ditanya gitu apalagi kalau kitanya bukan gak mau hamil tapi memang belum waktunya. Aku doakan segera dikasih lagi ya mbak
    Promil itu bearti peduli dengan masa depan anak & bisa mencegak stunting dan yang berhubungan dengabn gizi buruk

    ReplyDelete
  30. Ya Allah, ikut sedih baca ceritanya, Mbak... Semoga segera diberi amanah kembali ya, Mbak..
    Saya kalau ditanya pengen nambah lagi atau engga, masih suka bingung. Kadang-kadang, dua anak laki-laki aja udah cukup. Tapi kalau lihat anak perempuan cantik, suka pengen juga, tapi masih belum siap repot, huhu...

    Memang sebaiknya sebelum memutuskan hamil, kita harus siap mental, siap fisik juga ya, Mbak. Alhamdulillah sekarang ada Klinik Kehamilan Sehat. Semoga cabang-cabang Klinik Kehamilan Sehat merambah ke kota-kota lainnya, ya.. Aamiin..

    ReplyDelete
  31. Ketujuh tips ini sangat membantu sekali terutama untuk pasangan yang pingin punya keturunan. Sehat selalu ya mbkkk, semoga segera dikasih amanah lagi

    ReplyDelete
  32. Ya allah orangmah seenaknya aja komen da ga ngalamin ya teh, kuat dan sehat ya promilnya lancar.. Kalo aku emang lagi fokus anak 1 dulu deha alhamdulillah happy dan bersyukur banget ❤️ udah ga ngegas klo ada yang nanya

    ReplyDelete
  33. Dennise SihombingJuly 6, 2022 at 8:17 PM

    Saya jadi ingat sepupu waktu mau punya anak setelah 5 tahun kosong dokter meminta si perempuan untuk tidak setress karena kandungannya lemah, baru jadi janin beberapa bulan keguguran. Management setress itu ternyata penting banget ya supaya proses menuju kehamilan tercapai

    ReplyDelete
  34. Wah, sepertinya saya belum punya anak lg karna kurang menjaga badan.. Sering tidur larut jg nih jadi pe er buatku.. Semoga saya segera dikaruniani anak yg ke2.. Aamiin..

    ReplyDelete
  35. Aku tiba-tiba ingat postingan instagram nya Anisa Steviani yg bahas soal mau nambah anak. Semoga Mbak Lia dan suami diberikan kemudahan untuk hamil lagi ya

    ReplyDelete
  36. Mbak Lia, puyeng deh kalau sakit jelang hari raya. Klinik tutup, susah cari rujukan padahal butuh banget dilakukan tindakan segera.
    buat program hamil ini bagus buat kasih jarak antar usia anak dan supaya orang tua lebih prepare akan kehamilan.

    ReplyDelete
  37. Yang namanya menjaga pola hidup sehat itu ya memang penting ya mbak
    Sampai sampai berpengaruh juga ssaat menjalankan program hamil

    ReplyDelete
  38. iya aku juga pernah keguguran rasanya sedih wakttu itu cuma allah cepet ngasih lagi soale langsung hamil lagi makanya abis itu jaga banget kehamilan ga boleh aneh2 lagi terlalu lincahhh

    semangattt yaaaa, semoga diberi yang terbaikk

    ReplyDelete
  39. aku termasuk yang ikut program hamil waktu mau punya anak pertama, aku ganti dokter fertilitas 3 kali sampe akhirnya nemu yang cocok. menurutku kesuksesan program hamil selain dari Allah, kita sebagai pasien, juga dokter ples klinik yang jadi fasilitator, emang harus yang nyaman dan gak bikin down ples profesional di tiap tindakan secara kan promil ga murah dan kita juga ekspek bisa punya anak

    ReplyDelete
  40. Perjuangan sepasang suami istri ya..kak.
    Semoga segera diberikan amanah kembali dan menjaga pola hidup sehat bikin work balance life yang menyenangkan.

    ReplyDelete
  41. Memang ya, gak semua perempuan bisa hamil dengan mudah dan lancar. Ada banyak di antaranya yang kudu diprogram dengan intensif. Yang begini nih yang harus ke klinik ya. Supaya semuanya terpantau dan lancar. Semoga kliniknya membawa banyak manfaat

    ReplyDelete
  42. Wah cabang kliniknya banyak ya mbak? Nanti aku infokan ke temanku yangs edang promil supaya mencoba di sana juga.
    Anak emang hak dari Allah ya, insyaAllah ikhtiar akan lebih memudahkan untuk mendapatkan kehamilan yang sehat TFS

    ReplyDelete
  43. program hamil itu harus siap keduanya juga ya Mbak, tidak hanya istri yang akan mengandung tapi juga suami, semoga nanti saatnya diberi anugerah lagi ya Mbak.
    sekarang udah bisa dong promil di Kehamilan Sehat Sejahtera. :)

    ReplyDelete
  44. Infonya juga bermanfaat kak, semoga bagi teman-teman yg ingin melakukan program hamil dapat menerapkan tips ini deh.

    ReplyDelete
  45. Ada beberapa temenku yg sampai sekarang sedang berjuang utk memperoleh keturunan. Berkali2 ikut promil, tapi berkali2 juga gagal. Aku sendiri sedih tiap dia curhat lagi kalo programnya gugur :(.

    Semoga yaaa dengan semakin banyaknya klinik kesuburan yang membantu kehamilan ini, bisa membantu sangat orang2 yang masih berharap untuk punya anak ❤️

    ReplyDelete
  46. Klo saya sih sudah nggak program lagi mbak, soalnya dah tua. Tetapi informasinya bermanfaat banget nih karena bisa saya share ke teman yg kebetulan sudah lama menikah tapi blm punya babi

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Komentar akan muncul setelah saya setujui. Mohon tidak berkomentar sebagai anonim atau menyertakan link hidup. Link hidup akan saya delete. Maaf jika ada komentar yang belum terbalas.