Jangan Anggap Tabu, Ini Pentingnya Edukasi Manajemen Kebersihan Menstruasi

 

Manajemen Kebersihan Menstruasi
Pentingnya edukasi Manajemen Kebersihan Menstruasi, via freepik.com


Berbicara masalah menstruasi, terkadang masih dianggap tabu oleh masyarakat. Padahal edukasi tentang managemen kebersihan saat menstruasi itu penting. Nah, dalam rangka menyambut Hari Kebersihan Menstruasi tanggal 28 Mei 2021 diselenggarakan webinar "Sehat dan Bersih saat Menstruasi."


Ternyata ada sejarah di balik penentuan tanggal 28 Mei sebagai Hari Kesehatan Menstruasi. Jujur saja, saya juga baru tahu kalau tanggal 28 itu berasal dari siklus rata-rata menstruasi perempuan dan angka 5 dari lamanya menstruasi seorang perempuan rata-rata selama lima hari tiap bulannya.


Hari Kebersihan Menstruasi diperingati setiap tanggal 28 Mei bertujuan meningkatkan kesadaran perempuan akan pentingnya manajemen kebersihan menstruasi, mematahkan stigma dan norma sosial negatif tentang menstruasi yang masih dianggap tabu oleh masyarakat. Peringatan ini adalah aksi tahunan yang melibatkan berbagai pihak, baik pemerintah, organisasi, pihak swasta dan masyarakat luas.


Webinar Sehat dan Bersih saat Menstruasi
Webinar Sehat dan Bersih saat Menstruasi,
via dokumentasi webinar


Webinar yang berjudul Sehat dan Bersih Saat Menstruasi ini dipandu oleh Novita Angie sebagai host dan narsum yaitu Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH dari Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI), ada juga dr. Dwi Oktavia Handayani, M. Epid-Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia yaitu Anna Surti serta Mada Shinta Dewi dan Adi Prabowo dari Mundipharma Indonesia. Webinar ini bertujuan untuk mengedukasi perempuan tentang pentingnya manajemen kebersihan menstruasi.



Tentang Menstruasi 


Menstruasi
Tentang Menstruasi,
via freepik.com


Pembahasan tentang menstruasi ini dipaparkan secara lengkap oleh Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH dari Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI), dan dr. Dwi Oktavia Handayani, M. Epid-Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.


Menstruasi adalah kondisi normal yang dialami oleh perempuan yang ditandai keluarnya darah dari organ intim selama 3-7 hari tiap bulan, selama satu periode rata-rata 28 hari atau 21-35 hari. Hal ini menjadi pertanda bahwa perempuan siap untuk reproduksi atau memiliki anak karena menstruasi diawali dengan sel telur matang yang siap dibuahi.


Darah yang keluar sebenarnya adalah lapisan dalam rongga rahim yang dipersiapkan untuk tempat menempelnya sel telur yang telah dibuahi, kemudian berkembang menjadi janin.


Menstruasi adalah proses biologis normal yang dialami perempuan. Setiap anak perempuan idealnya harus mendapat informasi tentang menstruasi sebelum mengalami menarke atau menstruasi untuk pertama kalinya. 


Pengetahuan tentang menstruasi ini sangat penting supaya anak perempuan bisa menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan selama periode menstruasi, serta tetap beraktivitas dengan nyaman. 



Data dan fakta mengenai kebersihan menstruasi


Data manajemen kebersihan menstruasi
Data tentang manajemen kebersihan menstruasi, via dokumentasi webinar


Kesadaran perempuan di Indonesia mengenai pentingnya manajemen kebersihan menstruasi masih sangat rendah. Ironisnya lagi, seorang ibu ternyata menjadi sumber stigma, mitos, kepercayaan dan miskonsepsi yang merugikan kesehatan perempuan.


Data menunjukkan bahwa hanya 5 dari 10 anak perempuan yang tahu apa yang harus dilakukan saat menarke, hanya 6 dari 10 anak yang bertanya mengenai menstruasi pada ibunya, hanya 5 dari 10 anak perempuan yang mengganti pembalut setiap 4-8 jam saat menstruasi, sisanya hanya mengganti pembalut 2 kali sehari, dan hanya 5 dari 10 anak perempuan yang mencuci tangannya sebelum dan sesudah mengganti pembalut saat menstruasi.



Apa itu Manajemen Kebersihan Menstruasi?


manajemen kebersihan menstruasi
Manajemen kebersihan menstruasi,
via freepik


Manajemen Kebersihan Menstruasi adalah pengelolaan kebersihan dan kesehatan saat seorang perempuan mengalami menstruasi.


Perempuan juga harus menggunakan pembalut yang bersih dan diganti sesering mungkin selama menstruasi.


Perempuan memiliki akses pembuangannya, dapat mengakses toilet, sabun, dan air untuk membersihkan diri dengan nyaman dengan privasi terjaga.


Manfaat pentingnya edukasi Manajemen Kebersihan Menstruasi, diantaranya:


1. Menjaga kebersihan ekstra pada saat menstruasi


2. Mengetahui kondisi kesehatan akibat manajemen kebersihan menstruasi yang buruk


3. Mengetahui cara mencegah kanker serviks, infeksi vaginal, dan juga ketidaknyamanan seperti gatal, bau tak sedap dan keputihan karena manajemen kebersihan menstruasi yang buruk.


4. Mengetahui cara membersihkan area kewanitaan yang dilakukan sehari-hari atau pada saat menstruasi.


Edukasi yang dilakukan pemerintah mengenai manajemen kebersihan menstruasi atau MKM, diantaranya melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) bagi anak usia sekolah dan remaja. Selain itu, mendorong masyarakat agar aktif mencari informasi kesehatan yang tepat, termasuk mengenai MKM kepada tenaga kesehatan terdekat.



Masalah kesehatan dan cara merawat kebersihan saat menstruasi


masalah saat menstruasi
Masalah saat menstruasi, via freepik


Masalah kesehatan yang terjadi karena manajemen kebersihan menstruasi yang buruk diantaranya infeksi saluran reproduksi, infeksi saluran kemih, infeksi jamur, dan peningkatan risiko kanker serviks.


Saat menstruasi, risiko infeksi meningkat karena bertambahnya jumlah bakteri buruk di vagina, akibat turunnya tingkat keasaman vagina karena adanya darah haid sehingga rentan terkena infeksi.


Masalah seperti keputihan, gatal, bau tidak sedap, peradangan, hingga penyakit serius seperti kanker serviks dapat dicegah dengan perawatan area kewanitaan yang bisa dilakukan sehari-hari, tak hanya pada saat menstruasi saja. Apabila merasakan gejala yang tidak normal saat menstruasi, maka dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.


Oleh karena itu, perempuan perlu mengetahui pentingnya penerapan manajemen kebersihan menstruasi yaitu membersihkan vagina secara benar baik dengan air bersih mengalir bisa juga dengan cairan pembersih antiseptik wanita yang sesuai dengan pH vagina dan dapat digunakan saat menstruasi. 


Perhatikan juga penggunaan pembalut bersih dan dapat menyerap darah dengan baik. Jangan lupa mengganti pembalut secara teratur minimal setiap 4 jam sekali.


Merawat area kewanitaan terhitung mudah, yaitu membasuh vagina dengan air mengalir setelah buang air kecil dan besar, jangan membersihkan area kewanitaan dengan sabun mandi, tetapi gunakan pembersih kewanitaan yang sesuai dengan pH vagina dan mendukung flora normal, gunakan tisu berbahan lembut untuk mengeringkan miss v, jangan lupa mencuci tangan sebelum dan sesudah membersihkan area kewanitaan, perhatikan penggunaan celana dalam berbahan katun, serta mengganti celana dalam saat terasa lembab atau basah. 


Bagi perempuan yang sudah melakukan kontak seksual disarankan untuk melakukan pemeriksaan pap smear atau IVA secara teratur.



Jangan anggap tabu bicara tentang menstruasi

Bicara menstruasi, jangan anggap tabu
Bicara tentang menstruasi, via pexels


Saya jadi teringat mengalami menstruasi pertama kalinya saat SMP, saya engga kaget lagi ketika menarke, berbeda dengan teman saya yang sampai masuk UKS karena pingsan ketika menstruasi pertama kalinya. Makanya penting sekali bicara menstruasi pada anak perempuan sejak dini sebelum mereka mengalami menstruasi. Jangan anggap tabu soal menstruasi dan kesehatan reproduksi.


Dalam webinar Sehat dan Bersih saat Menstruasi Anna Surti dari Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia memaparkan tentang "Ibu Bicara Menstruasi." Ternyata anak perempuan yang tak pernah berbicara tentang menstruasi pada ibunya biasanya akan merasa takut, malu dan bingung saat menarke. Padahal, banyak manfaat yang didapat saat seorang ibu meluangkan waktu untuk bicara menstruasi dengan putrinya, seperti kesehatan reproduksi yang lebih baik serta kedekatan ibu dan anak. 


Faktanya, tidak sedikit anak perempuan yang mencari informasi sendiri tentang menstruasi dari teman atau internet, dan mendapatkan info yang tidak benar, padahal peran ibu sangatlah penting sebagai pemberi informasi bagi putrinya. Oleh sebab itu, ibu juga perlu membekali diri dengan pengetahuan tentang cara membicarakan menstruasi pada anaknya sejak dini.


Ada 7 tips untuk membicarakan menstruasi dengan anak, diantaranya : 


1. Sosok ibu adalah seseorang yang diharapkan anak untuk membicarakan menstruasi, jadi bekali diri dengan informasi yang benar karena banyak beredar mitos seputar menstruasi.


2. Membuang pemikiran bahwa bicara tentang menstruasi itu tabu, karena hal ini penting untuk dilakukan.


 3. Jangan berpikir bahwa pembahasa tentang menstruasi ini bisa dibicarakan satu kali saja, tetapi lakukan berulang kali secara bertahap.


 4. Bersikap positif karena isu tentang menstruasi bisa menjadi hal yang sensitif buat anak perempuan


5. Lebih baik banyak berdiskusi dan mendengarkan, daripada langsung menceramahi anak


6. Jelaskan secara kongkrit dengan gambar dan benda yang digunakan, contohnya penggunaan pembalut saat menstruasi


7. Jelaskan pula kepada anak laki-laki, supaya mereka dapat menghormati perempuan yang sedang menstruasi dan tidak melakukan bullying pada perempuan saat menstruasi.




Sehat dan bersih dengan Rangkaian Produk Betadine


Betadine Feminine Care
Betadine Feminine Care


Mundipharma Indonesia berkomitmen memperbaiki kualitas hidup masyarakat Indonesia, terutama perempuan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya. Sejak tahun 2017 Mundipharma Indonesia berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan RI dan POGI menyelenggarakan program edukasi mengenai kebersihan menstruasi, serta membagikan Buku Saku ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ kepada lebih dari 1,000,000 perempuan Indonesia. 


Melalui kegiatan edukasi tersebut, harapannya perempuan Indonesia paham mengenai cara menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan sedini mungkin, serta bisa beraktivitas dengan nyaman selama menstruasi.


Mundipharma Indonesia melalui Betadine Feminine Care melakukan kampanye edukatif #YangIdeal untuk mengajak perempuan Indonesia mengetahui dan mengerti cara yang ideal dan tepat menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan, salah satunya dengan menggunakan pembersih khusus area kewanitaan yang ideal dan sesuai untuk kebutuhan sehari–hari, saat menstruasi, dan saat terjadi infeksi di organ kewanitaan.


Dalam hal ini Betadine Feminine Care menyediakan rangkaian produk area kewanitaan yang lengkap dan berkualitas tinggi.


Betadine Feminine Care merupakan rangkaian lengkap untuk mendukung kebersihan dan kesehatan area kewanitaan, mulai dari sehari–hari, menstruasi dan juga infeksi area kewanitaan. 


Untuk sehari–hari, Betadine Feminine Wash dilengkapi dengan Prebiotik yang merupakan makanan dari bakteri baik dan memberikan perlindungan alami sehari–hari. 


Untuk infeksi di area kewanitaan, Betadine Feminine Hygiene dengan Povidone–Iodine yang memiliki spektrum luas dan terbukti mengatasi keputihan berlebih, gatal, bau tak sedap dan iritasi ringan yang kerap terjadi saat menstruasi. 


Ada juga tisu basah pembersih kewanitaan dengan prebiotik yang 100% biodegradable atau flushable


Mencegah lebih baik daripada mengobati. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan area kewanitaan dengan serangkaian produk Betadine. Semua produk Betadine ini bisa didapatkan di marketplace ini  https://shopee.co.id/betadineofficial atau https://www.tokopedia.com/betadineofficial?source=universe&st=product.


Jangan anggap tabu bicara tentang menstruasi, oleh karena itu edukasi dan pemahaman pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan saat menstruasi pada perempuan bisa terus ditingkatkan. Yuk, praktikkan manajemen kesehatan menstruasi!



Salam,









80 comments

  1. Memang penting banget informasi soal menstruasi kepada anak ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget biar mereka tahu apa yang perlu dilakukan saat menarke

      Delete
  2. Baik mbak, tipsnya udah dapet nih cara mengedukasi anak anak, sekarang tinggal bikin anak perempuannya hahaha :D. Saya juga baru tau di postingan ini doal tanggal 28 Mei jadi hari kebersihan menstruasi nih, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, saya juga belum ada anak perempuan, Mba.

      Delete
  3. Diskusi tentang menstruasi ini mutlak dan kudu dilakukan antara Ibu dan buah hati.
    Untunglah ada zoominar bergizi seperti ini
    jangan menganggap hal yang tabu buat ngomongin tentang menstruasi ya, karena ini hal yang penting untuk dibahas demi kesehatan juga

    ReplyDelete
  4. Kebersihan saat menstruasi ini wajib dan penting banget untuk perempuan, terutama untuk remaja yang baru mendapatkan menstruasi karena kadang masih suka menemukan perempuan yang gak peduli dengan kebersihan saat menstruasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya, yang seperti ini bikin miris soalnya nanti berpengaruh terhadap kesehatan juga terutama kesehatan reproduksi

      Delete
  5. Memang edukasi menstruasi ini penting banget ya buat anak gadis yang pertama kali mens. Jadi bisa lebih ngerti dan bisa menjaga kebersihan saat menstruasi. Jadi ingat pas awal-awal mens kelas 1 SMP dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya Mba, biar mereka punya pemahaman terhadap kesehatan dan kebersihan menstruasi

      Delete
  6. Pengenalan terkait menstruasi ini penting dilakukan sejak dini. Jadi anak juga makin tahu bagaimana menyiapkan diri jika menstruasi tiba. Jangan sampai kita anggap tabu dan anak nyari sumber informasi yang salah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ibu adalah sumber informasi pertama bagi anak

      Delete
  7. Jadi belum terlalu banyak yang tau ya, anak2 perempuan harus udah tau dari dini tentang kebersihan saat haid ini
    Anak aku baru kls 1 sd, mulai sounding2 nih mba. Makasih ya, penting buat mereka..
    dulu aku dapat seminar ttg menstruasi pas kelas 2 smp..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba bener, coba kasih pemahaman dulu sesuai usia mereka, ya

      Delete
  8. Aahh ini penting banget buat yang punya anak perempuan. Emang harus gak boleh nganggep itu tabu sih ya, apalagi diomongin ke anak sendiri.

    Thanks sharing nya ya mbaakk 👍🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mba. Penting untuk edukasi kesehatan juga Mba

      Delete
  9. Edukasi untuk menjaga kebersihan di saat menstruasi itu penting banget. Setuju deh, terutama diinfokan ke anak-anak perempuan remaja muda yang baru mengalami menstruasi. Selain untuk menjaga kebersihannya juga untuk mengedukasi, bahwa kalau sudah haid, berarti sudah bisa hamil. Agar hati-hati terhadap pergaulan yang bebas.

    ReplyDelete
  10. iya mbak, aku setuju banget
    informasi seputar menstruasi ini penting banget untuk disebarkan kepada setiap perempuan
    agar bisa menjaga kesehatan dan kebersihannya saat menstruasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Dian biar mereka paham mengenai manajemen kebersihan menstruasi

      Delete
  11. Ya Allah, temannya ada yagpingsan saat menarke, Mak? Kasihan ya ... kaget ya sampai pingsan? memang ibu harus memberi pemahaman sedini mungkin pada anak ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba kaget sama katanya ada keluhan saat menstruasi

      Delete
  12. Asyik banget ikut webinar ini, manfaat banget teh untuk prepare sounding ke anak perempuanku yang saat ini udah mau 9 tahun. Biar nanti saat menstruasi perdana gak bingung lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, hostnya juga bagus. Suka dengan Novita Angie dan cara penyampaiannya. Para narsum juga memaparkan secara lengkap tentang menstruasi

      Delete
  13. Banyak memang remaja putri yang masih belum teredukasi tentang penjagaan kebersihan saat menstruasi dan bahkan mereka risih bicara mens dengan rekannya. Padahal ini penting, namun perlu juga konsul dan bicara dengan orang yang dpt dipercaya.

    Btw, paling terpenting remaja putri tidak boleh mengasih tahu tanggal pertama menstruasi kepada kakek/ayah/pacar/teman pria karena bisa berbahaya. bisa dihitung tuh kapan ovulasi yang pas untuk kehamilan remaja putri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh Kak, tapi bener juga sih jangan kasih tahu hari pertama menstruasi. Duh, ngeri kalau kejadian sebelum menikah.

      Delete
  14. Dengan adanya edukasi ini menjadi melek ya tentang pentingnya menjaga kebersihan daerah v agar terhindar dari kanker serviks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener Mba, Mencegah lebih baik daripada mengobati

      Delete
  15. Seorang wanita yang kelak menjadi seorang ibu, wajib memahami pengetahuan tentang kewanitaan yang kelak ditularkan kepada anak wanitanya. Artikel seperti ini sangat direkomendasikan untuk dibaca dan dibagikan. Semoga memberi manfaat

    ReplyDelete
  16. Memang kejadian ini saya alami sendiri dari keluarga sih. Masih menganggap hal seperti ini tabu. Contohnya dulu waktu adik saya mulai menstruasi, ibu juga bingung mo kasih tau gmana. Mantap ni pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya memang kejadian seperti ini masih ditemukan di masyarakat, ya

      Delete
  17. Ibulah memang yang paling berperan dalam menyampaikan edukasi menstruasi kepada anak perempuannya, jangan sampe cari tau lewat internet yang kadang infonya suka rancu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya. Ibu itu sumber informasi buat anak, jadi perlu untuk mengupgrade diri juga

      Delete
  18. Menstruasi memang sebetulnya sesuatu yang normal. Tetapi, bila tidak mendapatkan info yang tepat bisa ngeri juga akibatnya di jangka panjang. Bahkan bisa sampai kena kanker serviks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul Mba. Itulah pentingnya edukasi manajemen kebersihan menstruasi

      Delete
  19. ternyata masih banyak yang menganggap tabu ngomongin Miss V ya?

    dulu sering banget saya bertemu dengan perempuan yang (maaf) bau ketika sedang menstruasi

    penyebabnya mungkin karena nggak mendapat edukasi tentang kebersihan menstruasi ya?

    ReplyDelete
  20. Masih ada perempuan yang belum paham tentang MKM ya Teh Lia. Bersyukur kita dapat mengikuti webinar tersebut, sehingga bermanfaat untuk diri dan dapat membagikan informasi kepada yang membutuhkan

    ReplyDelete
  21. aku tuh udah nggak pake sungkan kalau mbahas menstruasi di lingkaran aku (kalau memang sedang butuh dibicarakan). entah di situ ada cowok atau enggak, ya ngobrol aja santai. soalnya cowok juga harus paham mengenai mens bahwa mens adalah hal yg normal

    ReplyDelete
  22. Faktanya ternyata masih banyak perempuan yang belum paham benar tentang manajemen kebersihan menstruasi ya, semoga dengan adanya kampanye ini semakin banyak perempuan yang paham dan menyebarkannya pada lingkungan...

    ReplyDelete
  23. Aku memang suka pake sih produknya Betadine tuh, pilihan utk jaga hygiene keluarga juga, kalo utk personal hygiene pake Betadine feminine memang pas banget dipake menstruasi

    ReplyDelete
  24. Idealnya memang 4-8 jam ganti pembalut. Apalagi saat masih deras-derasnya. Saya kalau bisa tiap jam, atau tiap abis BAK dan BAB, mesti langsung ganti pembalut baru, soalnya nggak nyaman banget kalau sudah basah oleh darah gitu tetap dipakai.

    Pakai cairan pembersih area kewanitaan udah pasti, bukan saat mens saja, tapi untuk pemakaian sehari-hari. Kalau sedang mens lumayan boros pakainya, karena sering :D

    ReplyDelete
  25. Saya berharap event sebagus ini bisa diadakan di sekolah-sekolah (SMP dan SMA). Bisa jadi bagian dari materi pendidikan selama PJJ. Biarkan mereka menyimak lalu menuliskannya sebagai tugas sekolah. Semoga dengan demikian visi dan misi sosialisasi manajemen kebersihan menstruasi bisa tepat sasaran dan bermanfaat.

    ReplyDelete
  26. pernah aku tanya ke teman yang punya anak perempuan pas mau beranjak usia mens. gak gitu mudah juga menjelaskan apalagi kalau anak ada sisi malu kan. memang perlu edukasi sejak dini.

    ReplyDelete
  27. Membuang jauh-jauh pikiran tentang membahas menstruasi itu tabu ialah hal penting. Karena, edukasi ke anak-anak perempuan sebelum menstruasi itu bagus dan harus. Jadi, biar anak-anak tersebut juga gak malu atau canggung, kita yang dewasa juga care terhadap mereka. Terlebih ini menyangkut kebersihan di daerah organ kewanitan yang sangat vital.

    ReplyDelete
  28. Yes penting banget ya mbak pengetahuan tentang menstruasi ini. Nggak perlu deh merasa malu ataupun tabu karena memang sangat penting

    ReplyDelete
  29. Ternyata edukasi menstruasi harus sejak dini ya mbak di berikan pada anak remaja putri supaya bisa mendapatkan pemahaman yang benar tentang menstruasi setuju banget dengan ulasan webinar ini

    ReplyDelete
  30. Ngomongin menstruasi memang bukan hal yang tabu sebenarnya. Tapi dalam membahasnya memang jangan vulgar juga dg anak laki² kita atau teman lawan jenis kita. Yg penting mereka bisa paham dan kemudian akhirnya respek kepada perempuan yg sedang menstruasi. Bisa dengan menolong membelikan pembalut atau obat penahan nyeri. Atau nganterin or nyari'in tumpangan pas lg tragedi darah nembus, misalnya.

    ReplyDelete
  31. Alhamdulillah, walau nggak ikut webinarnya, saya juga kecipratan ilmunya dengan membaca tulisan ini. Emang ya, kebersihan saat menstruasi itu harus benar-benar diperhatikan dan diajarkan pada anak perempuan sejak dini

    ReplyDelete
  32. edukasi manajemen kebersihan menstruasi ini harus banget disebarluaskan ke seluruh penjuru masyarakat Indonesia agar semua wanita lebih aware lagi dalam menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim

    ReplyDelete
  33. Dapat banyak pengetahuan dari acara ini, bikin makin pede kalo mau ngobrolin soal menstruasi sama anakku cewe yang mulai remaja.

    ReplyDelete
  34. Jaman sudah berubah, bahas menstruasi sama anak bukan hal tabu lagi apalagi penting banget dikasih info yang benar sejak dini sebelum mereka mengalami menstruasi pertamanya

    ReplyDelete
  35. Sekarang sudah nggak zaman lagi tabu ngomongin masalah menstruasi. Menurutku ini ilmu wajib banget buat anak-anak. Sebagai bekal masa depan, dan tentu saja untuk kebaikan mereka

    ReplyDelete
  36. alhamdulillah gak tabulah bicara soal mens di rumah soalnya anak aku semua perempuan, malah itu menjadi bahasan wajib dan sering apalagi menjelang mereka aqil baliq, karena tugas perkembangan anak setelah mens itu juga besar, bukan cuma soal perawatan kebersihan atau penggunaan pembalut saja

    ReplyDelete
  37. Memang bener ya, memperbaiki suatu lingkungan tuh dimulai dari hal sederhana dan dari dalam diri sendiri dulu

    Memperbaiki mindset terutama untuk area paling intim bisa mengubah "cara pandang" kita tentang kebersihan

    ReplyDelete
  38. Setuju nih jangan anggap tabu bicara tentang menstruasi. Terutama karena untuk mengenalkan anak pada manajemen kebersihan saat menstruasi. Tapi tenang aja ya udah ada yang mendukung kebersihan area kewanitaan, apa lagi kalo bukan Red days Betadine Feminine Hygiene.

    ReplyDelete
  39. Melalui webinar ini, aku mulai mengubah beberapa kebiasaanku mengenai manajemen kebersihan saat menstruasi. Alhamdulillah, Semoga senantiasa sehat dan bisa menyampaikannya kepada anak-anak karena ibu adlah sumber yang paling dipercaya oleh ananda.

    ReplyDelete
  40. edukasi seputar menstruasi ini penting banget ya mbak
    harus disampaikan sebelum anak memasuki masa pubertasnya, biar saat menghadapi haid pertamanya, anak tak Perlu gugup lagi

    ReplyDelete
  41. Penting banget emang edukasi itu ya. Aku dulu lugu banget masalah ini. Shock pas mengalami. Walau sebelumnya mama udah pernah edukasi sedikit krn aku tmsk lama banget baru mens. Jd sempet dikira abnormal. Haha

    ReplyDelete
  42. Iya ya masih banyak masyarakat yang menganggap menstruasi hal tabu untuk dibicarakan. Padahal lebih banyak manfaatnya kalau makin sering sharing soal hal ini. APalagi ibu kepada remaja putrinya. Krn sangat berpengaruh banget ke kesehatan organ kewanitaan maupun reproduksi.

    ReplyDelete
  43. Risiko2 di atas musti sering2 disounding kepada anak2 ya, Mbak. Apalagi bisa sampai mengakibatkan penyakit2. Mengkhawatirkaan.

    ReplyDelete
  44. Yup, kini bukan jamannya lagi merasa risih dan tabu bicara menstruasi pada anak, termasuk juga pada anak lelaki.

    ReplyDelete
  45. Kadang, saya mikir gini Mbak. Oke baik kita perlu bicarakan hal ini dengan anak perempuan kita, tetapi yang dikhawatirkan, kalau mereka sudah "dapat" duluan sebelum kita mengedukasi mereka. Di mana kita tahu bahwa sekarang ini perkembangan gizi, dll bisa menyebabkan menstruasi lebih awal.

    Kira-kira, berapa usia idealnya kita membicarakan menstruasi dengan anak perempuan kita?

    ReplyDelete
  46. Bener banget dulu tabu kalau ngomongin masalah menstruasi. Senang banget sekarang sudah banyak info yang menyebarkan kebersihan menstruasi. Semoga betadine sering memberikan edukasi lewat seminarnya.

    ReplyDelete
  47. Mulai sekarang diriku berbenah ah lebih baik lagi, masak iya udah dikasih edukasi masih males. Makasih mba sharingnya loh. Kita sama-sama menjaga hidup bersih yuk

    ReplyDelete
  48. Tentu tidak tabu membicarakan bab menstruasi, malah tugas kita ya sebagai seorang ibu. Terima kasih sudah berbagi ilmu mbak.

    ReplyDelete
  49. Wah jadi pengen cepat-cepat belanja Betadine ini deh buat di rumah dan persiapan jalan-jalan saat haid yah supaya tenang dan nyaman selalu

    ReplyDelete
  50. Harus nyetok nih betadine buat bersih area intim kita apalagi kalau seharian bekerja, gerah dan lecek tidak lagi

    ReplyDelete
  51. Sepakat Mbak Lia. Hari gini saatnya bicara tentang pentingnya kesehatan masa menstruasi kepada para ananda kita ya? peer banget buat saya nih.

    ReplyDelete
  52. Bener banget. Kalau selalu dianggap hal yang tabu, maka selamanya akan selalu ada miskonsepsi mengenai menstruasi ini. Setuju juga sama tips bagi ibu yang harus menjelaskan ke anak perempuannya

    ReplyDelete
  53. Betadine Feminine ini sekarang banyak variannya ya, jadi bisa menentukan mana pembersih yang dipakai sesuai kondisi.
    Bicara tentang menstruasi sebaiknya memang dilakukan seorang ibu kepada anak perempuannya yang jelang ABG. Semakin kita terbuka biasanya anak makin mudah bercerita.

    ReplyDelete
  54. Wah terimakasih informasinya Mbak

    Info ini sangat penting bukan hanya untuk kaum Hawa saja kaum Adam pun perlu tau agar bisa simpati kalau² di srkitar kita ada yg mengalami menstruasi.

    ReplyDelete
  55. Link artikel ini sudah saya kirim ke istri saya, biar bisa jadi pengetahuannya nanti mengedukasi anak perempuan kami tentang menstruasi

    ReplyDelete
  56. Wah, sangat bermanfaat tipsnya Mba. Memang benar. Urusan menstruasi harus dibicarakan. Jangan ada lagi kata tabu. Karena ini menyangkut kesehatan. Syukurnya aku punya ibu yang care. Jadi sejak sebelum menstruasi sudah dibekali pengetahuan tentang kewanitaan. Begitu menstruasi pertama sudah gak kaget lagi.

    ReplyDelete
  57. Menarik juga mengetahui munculnya tanggal 28 Mei ini. Memang harus terbuka membicarakan masalah yang satu ini ke anak wanita. Betadine feminine care sangat lengkap untuk menjaga kewanitaan

    ReplyDelete
  58. Dampaknya seram, ya kalau menyepelekan kebersihan organ kewanitaan apalagi saat haid. Semoga semua wanita paham betul dan terus menjaga kebersihan baik saat haid juga pada kondisi biasa.

    ReplyDelete
  59. Tiap kali mens tuh aku suka worry sendiri. Udah bener belum ya perawatan saat menstruasi. Kebersihan area miss V saat mens udah terjaga belum ya.

    Ngeri juga sih kalau jadi kena penyakit aneh-aneh gara-gara ini.

    ReplyDelete
  60. edukasi tentang menstruasi ini memang sangat penting ya, terutama bagi anak remaja yang menjelang atau baru mengalami mentruasi dna perlu bimbingan orang tua dalam mengarahkannya agar ditangani dengan tepat

    ReplyDelete
  61. Noted kak pakai rangkaian produk betadine feminine care ya, aku suka ada gangguan kalau lagi pasca menstruasi, rasa tidak nyaman gitu.

    ReplyDelete
  62. Acara ini luar biasa, banyak hal yang kudapatkan mba dalam menjaga kebersihan saat menstruasi itu wajib.

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Jika ada link hidup dan brokenlink akan saya hapus. Maaf juga jika ada komentar yang belum terbalas. Terima kasih atas kunjungannya.