Menjaring Peluang Dunia Blogging, inilah Rahasia Sukses Memenangkan Lomba Blog



Rahasia sukses menang lomba blog, 
via Canva


Perkerjaan yang paling membahagiakan adalah menjalani hobi yang dibayar. Sejak dua tahun ngeblog, saya tertarik untuk menjaring peluang dunia blogging yang cukup menjanjikan, salah satunya mengikuti kompetisi atau lomba blog. Saya jadi ingin mengetahui apa, sih, rahasia sukses memenangkan kompetisi blog?  Jujur saja selama ini saya termasuk yang jarang menang lomba blog.


Pada awalnya saya menulis di blog untuk sharing berbagai hal yang bermanfaat buat pembaca, menulis pun jadi terapi atau self healing karena dengan menulis bisa membuat saya mencurahkan isi hati yang terkadang tak bisa saya ungkapkan dengan kata-kata.


Seriring dengan seringnya saya menulis di blog, saya pun mulai belajar lagi memperbaiki tampilan blog, belajar ilmu SEO dan menaikkan Domain Authority


Baca juga : Ingin Belajar SEO dengan Mudah? Ikuti 10 Cara ini!


Semakin saya belajar banyak hal, saya merasa ilmu yang saya punya enggak ada apa-apanya.


Sebenarnya ada beberapa peluang dari ngeblog yang cukup menjanjikan selain dari menulis untuk advetorial atau content placement,  monetisasi blog dengan iklan atau afiliasi, produk atau jasa, dan  yang terakhir mengikuti kompetisi atau lomba blog.


Selama mengikuti beberapa kompetisi blog, saya hanya berhasil memenangkan lomba satu atau dua kali saja. Itu pun hanya pemenang hiburan saja, ada rasa bahagia ketika tulisan yang saya buat diapresiasi dan menjadi salah satu pemenang terpilih dalam kompetisi atau lomba blog.


Nah, saya pun enggak menyia-nyiakan kesempatan ketika IM3 Ooredo dan IIDN mengadakan webinar mengenai Mengoptimalkan Peluang Dunia Blog dengan mengikuti webinar  tentang yang dibawakan oleh Mbak Widyanti Yuliandari, Ketua Umum IIDN hari Sabtu tanggal 03 Okjtober 2020 tentang Memenangkan Lomba Blog.


Webinar IM3XIIDN
Webinar IIDN dan IM3,
dokumentasi pribadi


Mengapa mengikuti lomba blog itu penting?


Pentingnya mengikuti lomba blog
Pentingnya mengikuti lomba blog, 
via Canva

Dalam webinar penutup  IM3xIIDN yang ke-25  pada hari Sabtu tanggal 03 Oktober 2020, Mbak Widyanti membuka opening tentang pentingnya memenangkan kompetisi atau mengikuti lomba blog dengan baik, diantaranya:


1. Berlatih menjadi kreator konten yang baik

Untuk menjadi kontent kreator yang baik, seorang blogger perlu mahami tujuan penyelenggara atau klien menyelenggarakan lomba blog, menuliskan ke dalam sudut pandang personal, mengasah kreativitas menulis, dan mampu memanage project terutama masalah waktu.


2. Memberi benefit pada pembaca blog

Kembali lagi kepada tujuan menulis, sebuah tulisan yang diikutkan dalam perlu sebuah kompetisi blog diharapkan dpaat memberikan benefit atau manfaat pada pembaca. 


3. Menaikkan reputasi dan memperluas jejaring

Dengan mengikuti berbagai kompetisi blog, setidaknya bisa dikenal oleh penyelenggara atau blogger lain. Hal ini cukup baik untuk menaikkan reputasi, membangun branding dan memperluas jejaring.


4. Reward yang sepadan dengan upaya

Jika memenangkan lomba blog tentu saja akan memperoleh reward atau hadiah. Hal ini sebanding dengan upaya saat riset, menulis dan share tulisan ke berbagai sosial media. Siapa, sih, yang enggak pengen dapat tambahan penghasilan dari lomba blog, apalagi kalau hadiahnya cukup menggiurkan, bener enggak?


Ketahui penyebab kegagalan dalam lomba blog

Penyebab kegagalan lomba blog
Penyebab kegagalan lomba blog,
via Canva


Setelah beberapa kali mengikuti lomba blog dan seringnya enggak menang, saya kembali menelaah tulisan yang saya buat.

Saat mengikuti webinar bareng Mbak Wied, ternyata ada beberapa penyebab kegagalan mengikuti lomba blog, meski terlihat sepele ternyata bisa menjerumuskan, loh. Apa saja penyebabnya, simak di sini, ya!


1. Tidak memenuhi salah satu syarat atau ketentuan lomba

Seorang blogger harus teliti dan benar-benar paham ketika mengikuti kompetisi blog. Bacalah ketentuan dan persyaratan kompetisi blog, jangan sampai ada yang terlewat, ya.


2. Typo atau salah mengisi form pendaftaran

Typo memang kadang enggak bisa dihindari, tapi sebisa mungkin saat mengikuti lomba blog, sudah self editing dan memastikan tulisan sudah oke. Sayang sekali jika salah mengisi form pendaftaran jadi penyebab kegagalan mengikuti lomba blog, jadi harus lebih jeli dan teliti lagi, ya, Sahabat.


3. Akun sosmed digembok atau private account 

blogger sifatnya private atau digembok, salah mention penyelenggara, atau salah hastag sebagai persyaratan lomba


4. Referensi penulisan terlalu mainstream

Nah, referensi ini juga jadi salah satu penilaian juri lomba. Beberapa lomba meminta menyertakan referensi penulisan, sebaiknya memilah dengan baik referensi saat mengikuti lomba.


Dari keempat hal di atas, saya pun belajar untuk memperbaiki tulisan saat mengikuti lomba blog. Terus berlatih dan memperbaiki diri, salah satu kunci keberhasilan yang saya pegang.



Rahasia sukses memenangkan kompetisi blog

Rahasia menang lomba blog,
via Pexels/Daria Shevtsova


Dalam webinar mengenai tips memenangkan lomba blog, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa aja, sih, rahasia sukses menang kompetisi blog?


1. Pahami tema kompetisi yang diikuti dalam lomba blog

Seorang blogger perlu tahu apa tujuan penyelenggara mengadakan lomba blog, contohnya saja sebuah lomba tentang review laptop, maka perlu mengangkat keunggulan utama produk, contohnya dari segi keamanan data. Bisa juga ditulis tentang kondisi saat ini mengenai pembobolan data. Selain itu, dalam menuliskan review laptop bisa dihubungkan dengan profesi yang sedang ditekuni dan rencana 


2. Drafting, menulis untuk kompetisi blog perlu konsep yang matang

Untuk membuat suatu tulisan yang berkualitas perlu dibuat drafting atau konsep yang matang. Menulis  konten dengan jujur, harus sudah memahami referensi, hindari kalimat yang ambigu, klise, bahkan dipertanyakan maknanya. Selain itu sebuah tulisan harus logis, adanya kepaduan antar paragraf, kalimat pembuka dan penutup yang berkesan.


3. Perhatikan judul artikel yang dibuat

Sebuah judul punya kekuatan tersendiri, buatlah judul yang menari sesuai tema dan rules atau ketentuan kompetisi blog. Jangan lupa untuk memuat kekuatan produk.


4.  Tambahkan ilustrasi sebagai pendukung tulisan

Ilustrasi yang dibuat sebagai pendukung tulisan harus memiliki relevansi dengan tema. Selain itu, perhatikan juga ukuran, relevansi gambar, pemilihan warna, bentuk, dan penempatan gambar. Sebaiknya gunakan foto sendiri atau dokumentasi pribadi dalam blog.


5. Referensi tulisan

Referensi tulisan terkadang menjadi salah satu poin dalam penilaian kompetisi blog. Referensi yang diambil harus berasal dari sumber yang valid dan terpecaya


6. Lakukan self editing sebelum memposting tulisan

Sebelum mengirimkan tulisan untuk lomba blog, jangan lupa lakukan self editing. Periksa kembali kesesuaian tulisan, hindari adanya salah ketik atau typo. 


7. Sharing tulisan ke media sosial

Jangan lupa untuk sharing tulisan ke media sosial agar mampu menjangkau lebih banyak pembaca.

Pada awal ngeblog sekitar dua tahun yang lalu, saya pun menjajal kemampuan dengan ikutan juga beberapa lomba blog. Hasilnya paling sesekali memang lomba, selebihnya sih lolos. 


Baca juga : Merajut mimpi dengan menulis


Ya memang saya akui, ternyata saat menuliskan ini, banyak hal yang perlu diperbaiki tentang kualitas tulisan saya seperti yang diuraikan Buketu IIDN.


Untuk sekarang ini, saya hanya mengikuti lomba yang temanya cocok aja buat saya. It's okay, lah, ya pilih aja yang paling bikin nyaman. Jangan lupa rahasia sukses memenangkan lomba atau kompetisi blog. Yuk, optimalkan peluang di dunia blogging dengan mengikuti lomba blog. 



Salam, 



















































12 comments

  1. Asyik! Pas banget mbak lia, saya juga lagi cari tulisan blogger tentang webinar lomba im3ooredoo x IIDN. Terima kasih mbak lia tulisannya

    ReplyDelete
  2. Setuju pisan, dengan ikut lomba blog skill kita terasah
    Kalo menang berarti naik kelas
    Kalo belum menang berarti ada yang belum kita pahami jadi harus remedial 😀😀😀

    ReplyDelete
  3. Belom pernah menang lomba blog sama sekali. Harus lebih banyak berlatih dan memantapkan konsep deh ini

    ReplyDelete
  4. Lanjutkann, Kakk.. Aku pun kalau ikut lomba yang aku paham dan nyaman aja. Daripada tertekan nulisnya. Hihii..

    ReplyDelete
  5. Ulasan yang komplit banget. Kemarin saat ikut episode terakhir webinar yang diisi oleh Bu Ketu, catatanku belum selengkap ini. Ah, jadi bahagia ada yang berhasil merangkumnya dengan komplit.

    Aku masih piyik banget urusan perbloggingan. Tapi membaca tulisan ini, jadi makin semangat. Nggak ada yang nggak mungkin kalau kita mau mempelajari.

    ReplyDelete
  6. Ah mantap tipsnya..mau mencoba praktek ah...
    Siapa tahu bisa menang lomba blog

    ReplyDelete
  7. Saya beberapa kali mengikuti lomba blog dan belum pernah menang. Biasanya memutuskan ikut lomba tersebut karena temanya menarik dan saya penasaran ingin mengupas materinya lebih lanjut. Dengan mengupas jadi tambah pengetahuan. Proses yang selalu saya nikmati.

    ReplyDelete
  8. Ikut lomba blog memang jadi mengasah skill menulis ya mbak. Terakhir ikut lomba blog bulan kemarin, dan gagal. Hahahaa, ya udah ntar ngikut lagi kalo ada tema yang saya rasa mampu ikuti

    ReplyDelete
  9. wah bagus banget nih tipsnya, aku pengen ikutan lomba blog lagi dan menerapkan tips-tips ini nih biar bisa menang lomba blog

    ReplyDelete
  10. Banyak banget lomba yang pengen diikutin. Sayangnya waktu buat riset dan nulis yang susah 🙈 #nyarialesanaja

    ReplyDelete
  11. nah ini yang kadang kelupaan buat self editing, makanya aku suka typo dan terlanjut terpublish, hehe. Semangat ikut lomba. pokoknya ikut aja karena bisa bikin skill makin terasah. :)

    ReplyDelete
  12. Mbak keren banget nih ulasannya. Saya yang kalah terus kalau ikut lomba jadi banyak belajar nih

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Jika ada link hidup dan brokenlink akan saya hapus. Maaf juga jika ada komentar yang belum terbalas. Terima kasih atas kunjungannya.