Ingin Belajar SEO Onpage dengan Mudah? Ikuti 10 Cara Ini!

Belajar SEO Onpage gratis
Menaikkan DA dan Optimasi SEO Onpage,
Canva

Ingin belajar SEO Onpage dengan mudah? Saya mau sharing tentang materi keren saat mengikuti kelas gratis menaikkan DA.  Dari kelas ini, saya mengetahui ada 10 cara untuk menerapkan SEO Onpage. Penasaran? Nanti, saya bahas lebih lanjut, ya.

Pada awal Juli kemarin saya dan dua puluh sembilan orang lainnya terpilih mengikuti training blogging gratis menaikkan DA gelombang kedua yang dipandu Mas Irwin dan timnya.

Syarat masuk kelas ini adalah mengisi form pendaftaran, salah satu ketentuannya punya DA minimal atau di bawah 10, sudah memasang Google Analytics dan Search Consule di blognya.

Training Blogging Menaikkan DA
Kelas Menaikkan DA dengan Mas Irwin,
canva

Kelas menaikkan DA dipandu oleh Mas Irwin dan timnya. Ada materi tentang Google Analityc, Google Seach Consule, Research Keyword dan yang baru saya pelajari adalah tentang SEO.

Salah satu materi yang menarik perhatian saya adalah tentang SEO Onpage. Sebelumnya memang saya tahu dikit aja tentang SEO saat menjadi content writer.

SEO ini dibagi dua yaitu SEO Onpage dan Offpage, optimasi SEO dari dalam dan luar blog. Kali ini materi yang dibahas tentang SEO Onpage.

Begitu ada materi SEO Onpage untuk pemula, saya tertarik banget buat menyimak dan mendalaminya. Materinya dibawakan oleh Kak Bahrul Ilmi, masih muda sih pematerinya. Usianya pasti banyakan saya yang udah jadi emak-emak. Lol ...

Bahrul Ilmi atau Kak Baim
Kak Baim or Bahrul Ilmi,
 Instagram.com/bahruladitya

Meski masih muda, lulusan Broadcasting IAIN Pontianak ini adalah seorang blogger, freelance content writer, web content editor dan SEO Assistant. 

Beliau juga berbagi ilmu SEO ini pada kami sebagai peserta training. Kak Baim ini  baik deh, sabar banget saat menjawab banyak pertanyaan peserta training, termasuk pertanyaan dari saya juga. 

Penjelasannya juga mudah dipahami sama saya yang kadang butuh loading agak lama kalau belajar ngeblog.  Masyaallah ilmunya emang mantap, terutama buat saya yang masih jadi pemula.

Saya punya blog akhir tahun 2017, dan migrasi ke Top Level Domain sekitar akhir tahun 2018 yang lalu. Jadi memang masih pemula dibandingkan para blogger lain yang udah lama ngeblognya.

Nah, materi menaikkan DA dan SEO On page ini memang saya nantikan banget. Saya mau berbagi tentang materi SEO Onpage yang diperoleh saat training gratis menaikkan DA yang juga dipandu oleh Mas Irwin  dan Kak Pewe.

SEO onpage yaitu optimasi SEO dari dalam blog sendiri, tidak hanya dari artikel atau blog postnya. Optimasi SEO onpage bertujuan agar mesin pencari tahu bahwa blog benar-benar relevan atau sesuai yang dicari user serta berkualitas.

Dengan demikian blog akan banyak  bermanfaat dengan dikunjungi pembaca dan struktur blog dapat dipahami  oleh mesin pencari.

Ada beberapa 10 Cara untuk  menerapkan  SEO Onpage, diantaranya:


1. Keyword ada pada judul artikel

Gunakan keyword utama yang akan digunakan pada artikel,  misalnya:  Tips berjualan online. Jadi dalam
Selain itu, jumlah kata pada judul  tidak terlalu panjang, antara 55-60 karakter saja.


2. Menyisipkan keyword pada permalink

Keyword diletakkan pada permalink atau link artikel yang ditulis, misalnya:
https://contohaja.com/tips-berjualan-online.


3. Sisipkan keyword pada meta deskripsi artikel

Meta deskripsi merupakan penjelasan ringkas yang akan muncul pada hasil pencarian setelah judul artikel. Sisipkan keyword pada meta deskripsi dan kalimat ajakan agar pengunjung membaca artikel yang Kita buat.


4. Sisipkan keyword di paragraf pertama

Hal ini bertujuan agar memaksimalkan meta deskripsi pada hasil pencarian, terkadang google menampilkan paragraf pertama meski sudah mengisi meta deskripsi dengan benar.


5. Optimasi tag heading

Tag heading yang digunakan biasanya H1-H3. H1 merupakan judul artikel, H2 atau Heading dan H3 yang artinya Sub heading.


6. Optimasi gambar pada artikel

Gambar juga dapat dimanfaatkan untuk optimasi onpage, jangan lupa memasukkan keyword ke dalam alt title dan alt image gambar pada blog post.


7. Menggunakan outbound link dan internal link

Penggunaan link keluar (outbound link) dan internal link atau link menuju tulisan lain di blog sebaiknya yang relevan saja dan tidak terlalu berlebihan.


8. Memanfaatkan LSI keyword atau keyword turunan

LSI (Latent Semantic Indexing) keyword dalam artian menggunakan persamaan atau sinonim dari keyword utama atau turunan.  Hal ini bertujuan agar tidak terlalu sering menggunakan keyword pada penulisan artikel.


9. Share tulisan ke media sosial

Tak hanya untuk meningkatkan page view saja, share ke sosmed juga bertujuan
mendapatkan social signal agar artikel yang Kita tulis bisa dengan mudah masuk ke halaman pertama.


10. Melakukan submit ke Google Search Consule

Lakukan submit link artikel pada search consule agar mudah terindeks Google.

Menarik banget kan, ya, kelasnya? Bisa dapat ilmu secara gratis baik menaikkan DA dan belajar SEO Onpage, optimasi SEO Onpage ini bermanfaat banget buat saya yang masih pemula.

Gimana Sahabat Catatan Leannie sudah paham mengenai SEO Onpage?
Bisa ikuti 10 cara untuk menerapkan SEO on page. Jika masih ingin mempelajari SEO lebih dalam lagi bisa mengikuti Kelas SEO, loh. Semangat terus ngeblog sambil terus memperbaiki kualitas diri. Happy blogging!




Jago SEO Onpage
Kelas SEO



Salam,













51 comments

  1. Aku juga ikut kelas naikin DA ini mba, niat awalnya emang mau naikin DA yg menganaskan sekian lama itu. Alhamdulillah dapet bonus materi hehe

    ReplyDelete
  2. Akhirnya bisa nyerap ilmu SEO onpage meski ga bisa gabung di kelasnya.. Terima kasih sharing nya mbak!!

    ReplyDelete
  3. Pengen banget aku belajar google search console. Pengen banget bisa belajar ke blio blio yang master di dunia SEO, ngeblog ga cuma nulis ya nyatanya. Ada hal - hal lain yang harus dipelajari dan kuasai juga. Makasi mbak ringkasannya, membantu banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya, semakin dipelajari semakin banyak hal yang enggak saya ketahui

      Delete
  4. Aku mau masuk kelas ini Blum boleh nunggu yg DAnya diatas 10... Sukses trus y mba tetep semangat ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya, memang buat yang DA di bawah 10 syaratnya Mbak

      Delete
  5. selama ini ngeblog cuman karena for fun dan asal nulis, tapi begitu tahu soal SEO ini jadi tertarik buat cari tau SEO lebih lanjut. thank you banget informasi buat naikin DA nya :)

    ReplyDelete
  6. Mantap nih, tips2nya. Terima kasih sudah mengingatkan soal pelajaran seo ini, ya

    ReplyDelete
  7. Kemarin saya daftar nih, tapi gak diapprove kayaknya. DA saya udah dari zaman baheula lama banget mentok di 13. Pengen genjot lagi tapi butuh usaha keras. Huhuhu. Semoga bisa naik lagi bulan depan. Amin. Terima kasih sharingnya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya syaratnya memang untuk DA di bawah 10. Semoga Bulan depan Naik, DAnya, Mbak. Semangat, ya

      Delete
  8. Semangat selalu buat update blognya ya, selain SEO, yang penting juga kontennya dibuat menarik agar pembaca blognya ngga bosan berkunjung :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mbak. Saya masih pemula, harus banyak belajar

      Delete
  9. Saya nih, ngos-ngosan ngikutin materi dan tugas-tugasnya. Yang lain jago semua. Haha.

    Beruntung banget bisa keangkut di kelas ini. Materinya daging semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Materinya oke banget. Saya pun agak kesulitan sama ngerjain tugasnya, Mbak. Tetep semangat terus ya

      Delete
  10. Kelas gratis menaikkan DA ini memang top banget. Meskipun gratis tapi materiya sangat berkelas dan berkualitas.Bersyukur sekali ya mbak bisa ikut kelas ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, alhamdulillah banget bisa ikutan kelas yang keren ini.

      Delete
  11. kemarin pas buka yang gelombang dua ikut daftar kelas ini, tapi belum keangkut. hiks.. semoga bisa keangkut kelas selanjutnya. Ingin nyerap ilmunya langsung :(

    ReplyDelete
  12. Mantap tipsnya...
    Bisa dicontek nih.
    Aku kan juga mau DA blog ku naik

    ReplyDelete
  13. Lengkap ya urusan SEO on pagenya. Atau masih ada lagi yang perlu dipelajari, Mbak. Kayaknya kelas mahir SEO on page dalam dua minggu juga menarik dah. Iya nggak sih?

    ReplyDelete
  14. Urusan SEO ini emang gak mudah apalagi pas kemarin belajar sendiri, tapi ternyata kalau belajar bareng-bareng jadi makin semangat ya teh. Apalagi dengan coach yang emang jago soal ini. Mantap banget.

    ReplyDelete
  15. Aku belum pernah ikut kelas naikin DA. Baca artikel ini berguna banget buatku. Mau aku praktekkan buat naikin DA. Makasih ya mbak sharingnya.

    ReplyDelete
  16. menarik pake banget mba, dan ini ilmunya daging semua ibarat makanan yaa...kerenlah pokoknya. kelas seo page juga seru ini..

    ReplyDelete
  17. Noted nih ilmunya, seneng ya bisa beljar langsung pada pakarnya SEO

    ReplyDelete
  18. Aku termasuk yang geregetan soal DA ini.
    Sebab anjlok dari 33 ke 18, 17, 16, dan sekarang ke 11.
    Semoga ada kelas yang buat DA di atas 10

    ReplyDelete
  19. Makasi banyak ya mbak. Secara ga langsung baca artikel ini jadi belajar lagi. Bikin aku pengen nulis dengan benar benar rapi dan teliti. Bakal aku coba praktekin ahh langsung.

    ReplyDelete
  20. Seneng banget aq mbak bisa ikut kelas ini, cara ngasih materi itu pas nggak berlebihan tiap step2nya. Jadi buat pemula kayak aq nih gampang memahami juga. Yang bikin bahagia itu DA yang awalnya imut2 sekarang udah beranjak remaja.. hehehe

    ReplyDelete
  21. Coach-nya pro semua sih di kelas ini, lihat perkembangan DA membernya aja bikin mupeng, bayangkan kalau ikut kelas yang premium pasti bakal makin woah banget!

    ReplyDelete
  22. Hiks ngiriiiiii ...... keren banget ya?

    Kemarin daftar tapi ngga lolos, semoga lain kali bisa lolos trus ikut advance, amin

    ReplyDelete
  23. Wuah bermanfaat sekali ikut kelas seperti ini. Materi dan informasi yang disampaikan pasti begitu berguna dalam memanage atau optimasi blog secara maksimal

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah banget ya mbak, diajari sama para coaches dengan sabar. Semoga kita bisa terus belajar dan ngeblog konsisten meskipun udah makmak, hihihi...

    ReplyDelete
  25. Duuh nyesel ga ikut kelas ini. Waktu itu ada penawaran nya di email ya kalo ga salah. Takut ga kepegang materinya soalnya saya punya bayi

    ReplyDelete
  26. Seneng bisa ikutan kelas ini, sayangnya aku ga ikut daftar karena blog blm connect ke GSC dan GA

    ReplyDelete
  27. Wah, terima kasih mba tipsnya :D.

    Salam kenal ya mba :D.

    ReplyDelete
  28. asik banget ya ikut kelas ini Mba. Sayang banget aku belum keangkut kemarin. Kalo hasilnya bagus begini. Next batch aku daftar lagi ah biar keangkut.

    ReplyDelete
  29. Tipsnya semua bermanfaat kak emang gitu klo Punya blog bukan cuma nulis Aja ternyata harus belajar banyak Hal SEO, ngerti keywords dll

    ReplyDelete
  30. Belajar SEO ini emang penting untuk semua blogger sih ya ^^ Gimana mbak setelah mengikuti kelasnya? SEO sudah jago dong, hehehe...terimakasih juga untuk artikelnya jadi bisa mengupdate pengetahuan mengenai SEO ini lagi.

    ReplyDelete
  31. menarik mbak.. sebagian besar point di atas .. masih banyak yang belum aku mengetii... harus belajar dari dasar banegt nih kayaknya

    ReplyDelete
  32. kak Bahrul Ilmi ini begitu hits di kalangan blogger ya kak, apalagi ilmunya masya Allah, semoga aku kebagian slot buat belajar seo on page

    ReplyDelete
  33. bener-bener ngebantu banget 10 cara ini bagi pemula seperti saya...makasih ya mba tipsnya.

    ReplyDelete
  34. Aku jadi sambil ngecek apa yang uda atau yang belum aku lakukan niih...
    Ternyata langsung bisa naikin DA yaa..kalau diterapin ilmunya bener-bener.
    Canggih banget.

    ReplyDelete
  35. Hmm ini ya rahasia biar DA Naikk...
    Oke thx infonya

    ReplyDelete
  36. Ilmunya mantep banget.
    Jadi sambil baca, sambil praktek ini...
    Haturnuhun sudah merangkumkannya, kak.

    ReplyDelete
  37. Makasih sharingnya, mbak. Aku pengen banget padahal ikut kelasnya mas pewe ini tapi syarat tidak memenuhi

    ReplyDelete
  38. Wah ada tambahan Coach ya di Kelas Naikin DA. Waktu di gel. 1 yang bawa materi tentang SEO on page ini Mas Irwin eh tapi isi materinya sama kok. Itu juga yang saya terapin untuk optimasi on page :)

    ReplyDelete
  39. Boleh banget ilmu SEO nya aku save ah... Sudah lama juga aku gak ngulik blog. Habisnya belakangan ini sibuk dengan media sosial.

    ReplyDelete
  40. Alhamdulillah ya mba kita bisa masuk di kelas penuh ilmu ini. Ya meskipun harus jantungan tiap hari dibuatnya. Tapi justru pecutan itulah yang membuat kita belajar

    ReplyDelete
  41. No.10 nih melakukan submit ke google search console aku belum bisa kak. Mau banget ikutan belajar SEO . Kemaren mau daftar eh kendala umur blog karena aku baru ganti domain

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Jika ada link hidup dan brokenlink akan saya hapus. Maaf juga jika ada komentar yang belum terbalas. Terima kasih atas kunjungannya.