Strategi Jitu Menghadapi Lonjakan Pesanan saat Harbolnas di Blibli.com, Dijamin Untung!


Strategi Jitu hadapi Harbolnas di Blibli.com
Strategi Menghadapi Harbolnas di Blibli.com

Tahukah Kamu kalau tanggal 12 Desember merupakan hari belanja online nasional atau lebih dikenal dengan Harbolnas?  Biasanya pembeli menantikan event ini agar dapat membeli produk dengan harga promo dan diskon yang menggiurkan. Untuk yang berjualan online pun, moment Harbolnas jadi ajang untuk meningkatkan omset.

Untuk para pebisnis online, berjualan di Blibli.com merupakan satu keuntungan, apalagi  saat Harbolnas ini sering kali terjadi kebanjiran order atau lonjakan  pesanan yang artinya meningkatkan profit penjualan.

Tentang Harbolnas dan Lonjakan Pesanan di Blibli.com

Harbolnas dan Lonjakan Pesanan di Blibli.com

Harbolnas ini pertama kali digelar pada tanggal 12 Desember 2012, dengan jargon 12.12.12. Penyelenggaraan Harbolnas ternyata punya tujuan untuk memajukan perindustrian e-commerce di Indonesia. Kampanye Harbolnas dilakukan untuk mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan dan keamanan belanja online.

Sejak tahun 2012, sejumlah pelaku e-commerce ikut serta dalam perhelatan ini. Tak hanya Harbolnas, tapi melalui program bertajuk “Blibli Histeria Jerat Jerit 10.10, 11.11, 12.12”, situs Blibli.com mengalami kenaikan jumlah pelanggan yang bertransaksi, setidaknya 35x lipat dibanding hari biasa, seperti dilansir Telset.id, tanggal 15 Desember 2018.

Selain itu, situs ecommerce Blibli.com terus mengalami pertumbuhan, baik jumlah anggota penjual maupun pelanggan. Pertumbuhannya mencapai 2-2,5 kali dibanding tahun sebelumnya. Hal ini diungkapkan CEO Blibli.com, Kusumo Martanto pada Tempo.co, tanggal 04 Oktober 2017 yang lalu.

Blibli.com sebagai salah satu situs e-commerce di Indonesia telah menyiapkan berbagai strategi jitu demi mengantisipasi lonjakan pesanan saat Harbolnas.


Strategi Jitu Blibli.com Bersiap Hadapi Harbolnas


Blibli.com bersiap hadapi Harbolnas,
via Merdeka.com

Blibli.com  sebagai salah satu situs e-commerce terpercaya di Indonesia dan meraih meraih penghargaan, yaitu pada Gadget Award tahun 2012 sebaga The Best E-Commerce. Hal ini menunjukkan dedikasi Blibli dalam customer satisfaction.

Blibli.com bersiap menghadapi harbolnas dengan melakukan beberapa strategi jitu di bawah ini!

Stelrategi Blibli.com menghadapi lonjakan pesanan saat Harbolnas
Strategi Blibli.com hadapi Harbolnas

1.  Evaluasi Kapasitas Pengunjung dan
  Performa Situs

Situs belanja online Blibli.com,
via aplikasi Blibli.com

Bagi situs e-commerce terpercaya seperti Blibli.com, Harbolnas merupakan event yang harus dimanfaatkan dengan baik. Customer Satisfaction menjadi tujuan Blibli.com.

Kenaikan atau lonjakan pesanan sudah pasti akan terjadi saat Harbolnas, maka Blibli.com mengantisipasinya dengan cara mengevaluasi kapasitas pengunjung per tahun dan  memastikan performa situs tetap stabil. Situs Blibli.com cukup resposif dan bersahabat dengan smartphone.

2. Mengecek dan mengevaluasi kembali performa kurir, agen, dan warehouse


Kesibukan saat Harbolnas di Blibli.com,
via blibli.com

Pengiriman produk hingga sampai ke pihak pembeli menjadi hal yang perlu diperhatikan. Blibli.com sampai saat ini telah bekerja sama dengan ketiga puluh perusahaan jasa logistik terkemuka di Indonesia. 

Blibli.com juga mengevaluasi kembali kinerja kurir, agen, dan pihak gudang atau warehouse. Ketersediaan barang, proses pengemasan, juga pengiriman harus berjalan lancar dan bisa menjangkau pihak seller maupun customer yang ada di seluruh Indonesia 

3. Menyiapkan Warehouse dan Merchant Blibli.com dalam rangka Customer Satisfaction


Warehouse atau Gudang Blibli.com,
via blibli.com

Blibli.com memberikan imbauan pada merchant dan warehouse untuk  memberikan service terbaik pada pembeli.  Customer satisfaction atau kepuasan pelanggan adalah yang utama. Merespon pesanan, merekap penjualan, dan mengirimkan pesanan sesuai permintaan customer adalah hal yang perlu diperhatikan seller.

Blibli.com juga memfasilitasi gratis foto dan upload foto produk gratis dan memberikan pelayanan gratis biaya pengiriman untuk customernya. Hal ini bisa jadi poin postitif bagi merchant seller Blibli.com

Strategi Seller menghadapi Lonjakan Pesanan saat Harbolnas 


Strategi seller atasi lonjakan pesanan saat Harbolnas
Strategi seller menyambut Harbolnas

Tak hanya pihak e-commerce atau Blibli.com yang punya strategi menghadapi Harbolnas, penjual atau seller pun perlu strategi untuk menghadapi harbolnas dengan mempersiapkan hal-hal di bawah ini!

1. Evaluasi persediaan barang di gudang

Evaluasi persediaan barang di blibliseller.com
Evaluasi persediaan barang di gudang,
via blibli.com

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam berjualan online adalah masalah stok barang.  Saat Harbolnas, penjual harus menyesuaikan atau mengupdate jumlah ketersediaan barang dengan stok di gudang. Untuk mengantisipasi lonjakan pesanan, penjual sebaiknya menyediakan stok barang lebih banyak dibanding hari lainnya.

Evaluasi juga produk yang paling banyak diminati pembeli dan lakukan update secara berkala jumlah barang yang tersedia di gudang.

2. Kesesuaian pesanan customer 

Mengecek kesesuaian pesanan customer di blibli.com
Mengecek kesesuaian pesanan customer,
via blibli.com
Hal ini terkadang jadi masalah yang terjadi antara penjual dan pembeli. Dengan adanya Harbolnas, pesanan akan semakin meningkat. Penjual harus mendata secara teliti pesanan customer agar tidak keliru mengirimkan pesanan.

Pengalaman membeli barang secara online, saya pernah mendapatkan barang yang tidak sesuai pesanan. Pernah membeli baju batik couple dengan ukuran yang berbeda dengan yang saya pesan. Pernah juga mendapatkan model yang berbeda dengan gambar. Nah, hal ini jangan sampai terjadi jika penjual ingin mendapatkan kepercayaan pembeli.

3.  Promosi bagi Seller Blibli.com

Cara Promosi saat Harbolnas
Promosi saat Harbolnas

Untuk menarik minat pelanggan, pihak seller akan berlomba-lomba menarik perhatian pembeli dengan diskon atau harga promo. Selain itu, penjual juga harus menayangkan foto produk yang oke dan sesuai kenyataan atau real picture.

Masalah ini akan teratasi ketika berjualan di Blibli.com, karena Blibli menyediakan 
kualitas foto produk yang maksimal lewat upload foto dan foto produk secara gratis buat seller di Blibli.com. 

4. Respon seller terhadap customer

Respon pesanan Customer di Blibli.com

Seller perlu merespon dengan baik pesanan customer, dengan cara membalas  chat dengan fast respon, karena pembeli kadang akan mencari penjual yang merespon cepat tentang pertanyaan seputar produk yang ingin mereka beli.

5. Menambah tim  atau karyawan yang menghandle pesanan customer

Tambahan karyawan untuk antisipasi lonjakan pesanan saat Harbolnas, via blibli.com

Lonjakan pesanan butuh penambahan tim atau karyawan untuk menghandle pesanan, baik merekap pesanan dan memilih barang untuk dikirimkan ke pembeli. Penambahan tim memang dibutuhkan untuk antisipasi lonjakan pesanan saat Harbolnas. Hal ini bertujuan agar kinerja tim maksimal.


6. Menjamin pengemasan dan pengiriman produk 


Blibli.com menjamin pengemasan dan pengiriman produk, via blibli.com

Masalah yang sering terjadi dalam Jual online adalah pengiriman produk dan pengemasan. Dengan berjualan di Blibli.com penjual dan pembeli mendapatkan keuntungan dengan adanya gratis biaya pengiriman dan pengemasan dari Blibli.com.

Blibli.com juga bekerja sama dengan tiga puluh perusahaan logistik di Indonesia yang dapat menjangkau seluruh wilayah di Indonesia.

Tips Penting untuk Pembeli saat Harbolnas

Tips untuk pembeli saat Harbolnas
Tips untuk pembeli saat Harbolnas

Meski harbolnas tinggal beberapa saat lagi. 12 Desember menjadi saat yang dinantikan seorang pembeli. Harbolnas merupakan waktunya berbelanja online dan dapatkan harga promo yang bisa menghemat pengeluaran. 

Chat yang slowres, lama pengiriman barang dan ketidaksesuaian produk seringkali menjadi hambatan saat membeli produk secara online. Simak, yuk, tips buat pembeli agar bisa memaksimalkan Harbolnas!

1.  Buat daftar pembelian barang

Mencatat daftar pembelian barang,
via Jabar.tribunnews.com

Pastikan juga pembeli membuat daftar pembelian barang sesuai yang kebutuhan. Jangan sampai kalap saat harbolnas, bisa jadi barang yang seharusnya dibeli malah enggak terbeli karena membeli barang lain yang diinginkan.

2. Pilih situs e-commerce terpercaya dengan berbagai keuntungan dan kemudahan

Blibli.com, Big Choice Big Deals

Blibli.com jadi salah satu pilihan belanja online karena punya berbagai keuntungan dan kemudahan. Ada berbagai alasan membeli produk di blibli.com, diantaranya keleluasaan kategori, gratis foto produk, kemasan dan biaya pengiriman gratis, kemudahan proses pengiriman , asuransi produk, layanan merchant care, dan terdepan dalam inovasi in-store.

3. Manfaatkan promo penjualan dengan baik

Promo Harbolnas di Blibli.com
Promo Harbolnas di Blibli.com

Bijaklah menghadapi harbolnas, manfaatkan event ini dengan berbelanja online yang memudahkan dan banyak pilihan kategori seperti di Blibli.com. Pilih barang yang sudah tertulis dalam daftar pembelian barang. Jangan kalap karena dikson. Ingat, belilah produk yang dibutuhkan jangan membeli semua barang yang diinginkan.

4. Pastikan koneksi internet stabil untuk mengakses pembelian barang


Koneksi internet dan belanja online,
via tirto.id

Pastikan juga koneksi internet stabil untuk melakukan transaksi pembelian dan pembayaran di Blibli.com. Jangan sampai mengalami kesulitan saat akan membeli dan membayar produk ketika belanja online.

5 Pilih juga metode pembayaran yang praktis dan aman

Inovasi in-store yang praktis dan aman di Blibli.com,
via tirto.id

Harbolnas bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para penjual, pembeli, dan situs e-commerce tentunya. Pastikan Blibli.com menjadi salah satu pilihan terbaik untukmu. Adanya inovasi in-store yang mudah dan praktis bisa jadi plihan untuk berbelanja di Blibli.com.

Maksimalkan penjualan dengan memilih jualan online di Blibli.com. Ada berbagai strategi dan tips jitu yang dilakukan Blibli.com, penjual dan pembeli.

Yuk, gabung bersama komunitas Blibli seller dan menjadi bagian dari Merchant Blibli.com. Ada banyak keuntungan dan kemudahan jika bergabung dengan Blibli seller.

Keuntungan bergabung dengan Blibli seller

Bersiaplah hadapi lonjakan pesanan ketika Harbolnas tiba bersama Blibli.com, dijamin untung enggak tanggung-tanggung, loh.



Sumber gambar yang ditampilkan dalam artikel ini berasal dari dokumentasi pribadi  dan  olah grafis dilakukan secara mandiri via Canva, Snapseed, dan Collage Maker. Saluran Youtube dari Playlist Blibli Seller.


Salam, 













45 comments:

  1. Kirain buyer aja lho yang siap2 berburu barang di harbolnas... ternyata seller harus lebih mateng ya persiapannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Soalnya kan, pasti banyak kenaikan atau lonjakan pesanan pas Harbolnas. Makanya perlu persiapan juga

      Delete
  2. Bentar, mau tanya, mohon jangan di bully.
    Harbolnas itu kapan sih? hahahahhahaha

    Ya ampun, saya beneran jarang loh belanja online, pernah sih tapi 2 bulan sekalipun enggakhahaha

    Pengen ah ikutan harbolnas, saya iri ama temen2 yang pamer tiap harbolnas dapat barang murmer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penjelasan tentang Harbolnas ada di paragraf awal. Harbolnas itu tiap tanggal 12 Desember, alias 12.12.

      Saat Harbolnas, emak mana sih yang enggak suka harga promo atau diskon. Hehe

      Delete
  3. Ngeri akuh pas harbolnas takut kalap. Belom pernah ke Blibli sih, semoga kuat nanti saat tiba masanya. Coba ke Blibli ah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha ... moga rezekinya banyak buat belanja kebutuhan sehari-hari di Blibli.

      Delete
  4. Aku juga sering, mba. Produk tidak sesuai pesanan. Apalagi saat harbolnas, kemungkinan barang tidak sesuai itu besar. Penjual dan pembeli harus jeli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ini masalah umum yang sering terjadi, Mbak. Penambahan karyawan atau tim bisa jadi solusi biar lebih fokus, bisa jadi kesalahan karena pekerjaan seller yang overload karena banyaknya pesanan saat Harbolnas

      Delete
  5. Wow sepertinya menarik belanja di blibli.com ini. Sudah lama tak belanja online. Berusaha belanja dari teman-teman dekat saja 😁. Dulu pernah jualan online di market place tapi skrng mau fokus dengan menulis dulu.

    Semoga mba Lia menang ya. Terus menginspirasi ya mba ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga dulu punya olshop, Mbak. Akhirnya off karena fokus ngurus anak. Sekarang konsentrasi di nulis aja.

      Delete
    2. Oh, iya. Aamiin, makasih doanya, Mbak Litha

      Delete
  6. Wah keren nih blibli.com bener2 punya persiapan khusus buat hadapi lonjakan pembelo di harbolnas.. duh siap2 kalap nihh 😍 #dompetmanadompet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapin dompet yang tebel, Mei. Wkwkwk. Nuhun udah mampir

      Delete
  7. infonya menarik banget dengan mengulik ke "dapurnya" blibli nih mba. Dan aku rasanya gasabar buat menantikan harbolnas ini plus ak udah siapkan budgetnya sendiri hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe ... pengen ya belanja hemat dan harga promo. Asal belanja sesuai kebutuhan aja, it's oke menurutku

      Delete
  8. Sblmnya blm pernah harbolnas, haha jrg blnja online gtu. Tp jd pengen ah, lbh untung ya kan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan kalau mau coba. Beli aja barang yang sesuai kebutuhan, Mbak

      Delete
  9. Jarang belanja online. Tapi ini Blibli menarik sekali ya Mba. Banyak manfaatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Banyak keuntungan dan kemudahan yang ditawarkan blibli

      Delete
  10. Blibli ini selalu ada aja yang unik, jadinya bikin kita hapal dan senang belanja di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak kemudahan dan keuntungan juga saat berjualan atau belanja di sini

      Delete
  11. Lengkap banget reviewnya mbak. Aku belum pernah belanja di Blibli. Pengen coba juga klo ada promo menarik seperti Harbolnas besok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Mbak. Hehe ... Saya juga mau cari barang yang dibutuhkan, siapa tahu ada yang cocok.

      Delete
  12. penjualnya bersiap, pembeli gak kalah bersiap dong. siapin saldo yang banyak hihi. karena belanja adalah kesenangan tersendiri.

    ReplyDelete
  13. Blibli banyak promonya, tapi produknya belum ada yang saya butuhkan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maybe bisa buat istri, anak atau keluarga. Hehe

      Delete
  14. kalau aku harus persiapkan saldo, quota, mental supaya kuat menghadapi diskonan n cashback saat harbolnas hahaha

    ReplyDelete
  15. Saat Harbolnas, belanja jadi lebih seru, apaklagi di Blibli.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang paling saya suka adalah gratis ongkirnya ktu loh

      Delete
  16. Harbolnas gini memang saling menguntungkan bagi penjual maupun pembeli.

    ReplyDelete
  17. Ampun dah kalau kena harbolnas. Pinginnya sih ngamanin dompet dan ATM. Wkwkwkwk...

    Tapi oke juga kalau abis beli-beli terus dijual lagi. Ngurangi rasa bersalah pasca impulsive

    ReplyDelete
  18. Sekarang makin praktis berbelanja ya, dari pembeli, penjual harus siap menghadapi harbolnas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Harus disiapin biar dapet keuntungan dan berasa manfaatnya

      Delete
  19. Harbolnas, hari yang ditunggu-tunggu untuk berbelanja

    ReplyDelete
  20. Udah jarang belanja online,, Harbolnas antara pingin ikut atau enggak,, ngerinya klo mbablas,, soalnya saya belanja suka khilaf hihi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, inilah masalah umum wanita. Wkwkwk. Membuat skala prioritas dengan bikin daftar pembelian barang sesuai kebutuhan, mungkin bisa jadi solusinya, Mbak.

      Delete
  21. makasih mbak sharingnya..hmmm, yuk ah kepo-kepo dulu ke blibli.com..sapa tau ada barang-barang yang cocok hehehe

    ReplyDelete
  22. Seperti pengalaman Harbolnas tahun lalu, memang perlu banget deh bikin list belanjaan dan memastikan kuota internet masih ada dan stabil aat hari-H. Hehe.. Godaannya banyak jadi kudu dicatat. Trus kalo sambungan internet lemot gitu bikin gemes apalagi pas lagi flash sale.

    Btw, keren ini metodenya Blibli dlm rangka Harbolnas nanti :)

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar. Mohon tidak menyertakan link hidup. Terima kasih atas kunjungannya.

My Instagram