Indonesia Website Awards

Rekomendasi Perlengkapan MPASI untuk Bayi

Rekomendasi produk IQ Baby
Rekomendasi perlengkapan MPASI bayi,
via instagram.com/@i.q.baby dan canva


Bayi yang sudah memasuki usia 6 bulan perlu dikenalkan makanan pendamping Asi atau MPASI. Sebagai orang tua, perlu mencari tahu rekomendasi produk perawatan bayi dan perlengkapan MPASI untuk bayi usia 6 bulan serta menyiapkan menu makanan sehat penting dilakukan untuk memenuhi kebutuhan gizi buah hati.

 

Ada berbagai tanda bahwa bayi siap untuk mendapatkan MPASI, di antaranya dapat meraih makanan dan memasukannya ke dalam mulut, duduk sendiri tanpa bantuan, dapat menegakkan kepala, tertarik pada makanan yang dimakan orang lain, dapat membuka mulut dengan baik untuk mengambil makanan dari sendok, mampu menelan makanan serta tidak mengeluarkannya kembali dari dalam mulut. 


Melihat tanda-tanda tersebut dan setelah usia anak 6 bulan, dulu saya bertekad menyiapkan sendiri menu MPASI karena ingin memberikan yang terbaik bagi anak saya. 



Tips untuk mengenalkan MPASI pada bayi


Panduan MPASI
Tips Mengenalkan MPASI pada bayi,
via freepik dan canva


Ada beberapa tips atau panduan yang dapat dilakukan untuk mengenalkan dan membiasakan bayi dengan MPASI, di antaranya:


🌷Ajak bayi untuk makan bersama dengan keluarga di meja makan

🌷Memberikan MPASI secara bertahap

🌷Memberikan waktu pada bayi agar menyesuaikan diri

🌷Membiarkan bayi makan sendiri

🌷Memperhatikan peralatan makan yang dipakai oleh bayi



Apa saja peralatan MPASI yang perlu disiapkan oleh orang tua?


Alasan pemberian ASI ekslusif selama 6 bulan dan perlu diberikan makanan pendamping ASI setelahnya karena setelah usia 6 bulan kebutuhan gizi harian bayi meningkat sehingga memberi ASI saja tidak cukup untuk pemenuhan nilai gizi bayi. Oleh karena itu, pemberian MPASI bermanfaat memenuhi kebutuhan harian bayi yang tidak mampu dipenuhi oleh ASI.


Ada berbagai daftar perlengkapan MPASI yang perlu disiapkan orang tua, yaitu :


🌷Alat untuk membuat MPASI seperti baby food maker seperti blender, kukusan, saringan kawat, perasaan jeruk

🌷Alat makan dan minum bayi seperti tempat makan, sendok, cangkir, botol minum bayi 

🌷Sterilizer

🌷High Chair

🌷Celemek

🌷Frozen food box untuk menyimpan MPASI


Menjadi orang tua dan merawat bayi apalagi memang perlu banyak belajar, termasuk mencari produk perawatan bayi yang terbaik. Sahabat saya memberikan rekomendasi produk IQ Baby sebagai produk perawatan bayi yang berkualitas.



Rekomendasi perlengkapan MPASI dari IQ Baby


IQ Baby menjadi salah satu rekomendasi produk perawatan bayi terlengkap dan berkualitas. Ada beberapa perlengkapan MPASI dari IQ Baby, di antaranya :


1. IQ Baby Slow Cooker

Produk IQ Baby
IQ Baby Slow Cooker,
via instagram.com/@i.q.baby


IQ BABY Slow Cooker dengan ukuran 1 liter adalah alat untuk memasak makanan bayi dan makanan keluarga. Panci slow cooker dengan bahan material keramik tebal dan kokoh, tahan api 100°C sehingga aman dipakai memasak. Bahannya PDA approve dan BPA Free. Olahan makanan yang dihasilkan sangat lembut untuk diberikan pada bayi. 



2. 9 in 1 Smart Baby Food Processor

Produk perawatan bayi IQ Baby
IQ BABY 9 in 1 Food Processor,
via instagram.com/@i.q.baby

IQ BABY 9 in 1 Food Processor merupakan salah satu rekomendasi produk IQ Baby, sebuah alat multi fungsi pengolah makanan yang dapat membantu mengukus, mencincang, menghaluskan makanan, menghangatkan makanan, menghangatkan botol susu, merebus telur, dan mencairkan. Selain itu dapat berfungsi sebagai sterilizer dan membersihkan botol susu. ⁣ Dengan satu alat, semua pekerjaan menjadi beres.



⁣3. IQ Baby Mini Cooper

Food Cooper
IQ Baby Mini Cooper,
via instagram.com/@i.q.baby


IQ Baby Mini Chopper adalah produk IQ Baby yang menjadi solusi bagi para ibu yang sering kerepotan saat menyiapkan makanan pendamping ASI dengan food chopper ini. 


IQ Baby Mini Chopper ini juga bisa digunakan untuk menggiling dan menghaluskan bumbu dapur, buah hingga daging. Selain itu, food chopper IQ Baby sudah dilengkapi teknologi USB Charge sehingga menjadi lebih praktis terutama digunakan saat travelling.



4. IQ Baby Hand Blender

Hand Blender
IQ Baby Hand Blender,
via instagram.com/@i.q.baby


IQ Baby Hand Blender dapat mempermudah proses memotong, mencincang, atau mengaduk bahan makanan dengan sempurna. Blender MPASI ini terbuat dari bahan stainless steel yang hemat listrik.


Baby Hand Blender ini bebas BPA dan aman untuk buah hati. Terdapat dua kontrol kecepatan yang bisa diatur pada blender ini. Hand blender MPASI dapat digunakan untuk membuat bubur buah atau sayur.



5. Multifunction Sterilizer

Sterilizer dari IQ Baby
Multifunction Sterilizer,
via instagram.com/@i.q.baby

Alat sterilisasi multifungsi IQ Baby untuk memasak makanan dengan sistem kukus sehingga sangat membantu pekerjaan para ibu baik untuk keperluan bayi dan rumah tangga



6. IQ Baby Keep Warm Feeding Set

Keep Warm Feeding plate,
via instagram.com/@i.q.baby


Perlengkapan MPASi Keep Warm Feeding Plate dari IQ Baby ini dilengkapi dengan beberapa bagian, yaitu

🌷 Lubang air yang berfungsi menghangatkan makanan dan menjaga suhu makanan agar nutrisinya tetap terjaga

🌷3 kompartemen yang berfungsi untuk memisahkan berbagai jenis makanan

🌷 Adanya silikon suction di bagian dasar sehingga piring tidak mudah digeser, sehingga menjadikan pilihan terbaik agar bagi si kecil untuk belajar makan dengan mandiri

🌷Heat Detector membuat piring berubah warna menjadi lebih terang apabila suhu makanan terlalu panas.


Jangan lupa menggunakan produk perawatan bayi IQ Baby dari IQ Baby Official Shop untuk mempersiapkan perlengkapan MPASI bagi buah hati! 


Memasuki usia 6 bulan, sudah saatnya buah hati diberikan makanan pendamping ASI. Perhatikan juga tanda kesiapan bayi untuk memulai diberikan MPASI. Jangan lupa memberikan porsi yang tepat saat memberikan MPASI. Yuk, pakai berbagai rekomendasi produk perawatan bayi di atas agar lebih mempermudah menyiapkan menu sehat untuk si kecil!


Setiap ibu pasti ingin memberikan yang terbaik bagi buah hatinya, termasuk saat menyiapkan MPASI. Perhatian juga berbagai rekomendasi perlengkapan MPASI untuk bayi berusia 6 bulan agar menyiapkan menu pendamping ASI lebih mudah, praktis, dan aman.



Salam,


Referensi:

1. https://www.alodokter.com/mpasi-diberikan-setelah-bayi-berusia-6-bulan

2. https://hellosehat.com/parenting/bayi/gizi-bayi/mpasi-6-bulan/

3. https://www.popmama.com/baby/0-6-months/winda-carmelita/perlengkapan-mpasi-pertama-yang-mama-wajib-punya?page=all

4. https://www.orami.co.id/magazine/perlengkapan-mpasi#google_vignette















22 comments

  1. Untuk yg belum punya bayi atau anaknya udah besar, list produk peralatan MPASI di atas bisa jadi ide tuk kasih kado ke teman yang baru melahirkan.

    ReplyDelete
  2. asyuk banget deh new mom jaman now di support sama IQ baby yang punya banyak rekomendasi produk mpasi. bagus - bagus semua lagi. auto pengen kan, tapi buat hadiah deh, anakku udah gede gede, hahahaha

    ReplyDelete
  3. asyuk banget deh new mom jaman now di support sama IQ baby yang punya banyak rekomendasi produk mpasi. bagus - bagus semua lagi. auto pengen kan, tapi buat hadiah deh, anakku udah gede gede, hahahaha

    ReplyDelete
  4. Peralatan yang baik untuk melengkapi kebutuhan bayi di usia 6 bulan. Di Rekomendasiksn untuk para ibu yang mempunyai bayi.

    ReplyDelete
  5. Perlengkapan mpasi dari IQ baby ini lengkap banget ya. Jadi solusi bagi setiap ibu yang ingin menyiapkan mpasi untuk anaknya. Praktis dan canggih pula.

    ReplyDelete
  6. Banyak juga ya perintilan MPASI ini. Harus siap-siap juga untuk anggarannya biar bisa memberikan MPASI terbaik untuk mereka.

    ReplyDelete
  7. sebagai yang belum nikah, ternyata banyak juga barang-barang yang aku belum familiar. makasih kak rekomendasinya, bisa jadi inspirasi juga nih buat ngadoin temen kalau lagi lahiran :D

    ReplyDelete
  8. Lengkap ternyata nih alat tempurnya untuk mempersiapkan MPASI nya. Memang untuk buah hati itu setiap orang tua pasti ingin mempersembahkan yang terbaik ya.

    ReplyDelete
  9. Kebetulan baru banget ngobrolin urusan mpasi ini sama teman yang memang baru melahirkan beberapa bulan lalu. Slow cooker, hand blender memang jadi barang wajib nih untuk persiapan mpasi anak.

    ReplyDelete
  10. Nice artikel! aku save duluuu untuk di tahun depan hihi thanks ka sudah sharing

    ReplyDelete
  11. Ini rekomendasi banget sih, karena dengan adanya alat-alat yang disebutin di atas bisa buat mpasi anak lebih mudah

    ReplyDelete
  12. Paket lengkap ya bun, meskipun belum punya baby memang MPASI tuh penting pol untuk kembang tumbuh bayi..

    ReplyDelete
  13. Ternyata lengkap banget ya produk dari IQ Baby, makin senang deh kalau bisa miliki semua perlengkapannya terutama para bunda yang butuh untuk MPASI bayi. Kemudahan menemukan produknya juga jadi makin pilihan para bunda gunakan produk IQ Baby deh.

    ReplyDelete
  14. MPASI salah satu bagian penting dalam proses tumbuh kembang anak. Jadi orang tua harus betul-betul memberikan perhatian lebih. Salah satunya dengan perangkat untuk MPASI si kecil. IQ Baby bisa banget nih jadi rekomendasi

    ReplyDelete
  15. Kangen masa-masa mempersiapkan anak MPASI.
    Memang paling riweuh, sekaligus fase saling mengenal karakter anak juga bonding terhadap Ibu semakin kuat.

    ReplyDelete
  16. Ternyata banyak juga ya perlengkapan ASI saat ini, apalagi setelah istilah "parenting" muncul.

    ReplyDelete
  17. Dalam menyiapkan MPASI perlu perlengkapan yang baik dan berkualitas. Asiknya di IQ Baby ini lengkap tersedia ya Teh

    ReplyDelete
  18. wah ini perlengkapan mpasi dari IQ baby lengkap juga yaa.. bisa bantu mama prepare masakan mpasi dengan mudah <3

    ReplyDelete
  19. Baru tau ternyata ada cooker yang khusus bayi yaa.. Jadi udah gak ribet lagi kalau mempersiapkan anak MPASI.

    ReplyDelete
  20. cocok neh untuk hadiah ke temen... semoga harganya terjangkau dan masuk di kantong saya. Makasih mba untuk rekomendasinya

    ReplyDelete
  21. Ternyata banyak juga ya perlengkapan yang harus dipersiapkan untuk MPASI DeBay ini. Tapi, kayanya bisa jadi referensi kado nih buat sepupuku yang baru lahiran. hhe

    ReplyDelete
  22. Kalau punya semua alat ini, pasti mempermudah pekerjaan ibunya ya kak. Pelan-pelan dikumpulin satu satu dulu ya kan ka.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Komentar akan muncul setelah saya setujui. Mohon tidak berkomentar sebagai anonim atau menyertakan link hidup. Link hidup akan saya delete. Maaf jika ada komentar yang belum terbalas.