Indonesia Website Awards

Resensi Naladhipa, Jantung Hati yang Menerangi karya Riski Diannita

Resensi Naladhipa karya Riski Diannita
Novel Naladhipa karya Riski Diannita,
via dokumentasi pribadi 



Judul Buku : Naladhipa, Jantung Hati yang Menerangi

Penulis : Riski Diannita

ISBN : 978-623-332-915-6

Jumlah Halaman : 204

Cetakan : Pertama, Desember 2022



Naladhipa, Jantung Hati yang Menerangi


Ketika membaca novel remaja Naladhipa, Jantung Hati yang Menerangi karya Riski Diannita, saya merekomendasikan novel ini untuk dibaca karena selain alur ceritanya menarik sarat akan pelajaran moral buat pembacanya.


Saya suka sekali saat melihat cover Naladhipa ini. Ada mixed atau perpaduan warna biru muda cerah yang menggambarkan siang dengan matahari dan awan yang cerah. Selain itu ada juga warna biru donker yang menggambarkan malam dengan cahaya bintang dan bulan.


Naladhipa, gabungan dari dua kata yang berasal dari Bahasa Sansekerta, yaitu Nala dan Dhipa. Nala dalam bahasa Sansekerta artinya "Jantung Hati," sedangkan Dhipa artinya "Cahaya," atau "Yang Menerangi," jadi Naladhipa itu maknanya adalah "Jantung Hati yang Menerangi."



Naladhipa: Kisah Kartika, Surya dan Chandra yang penuh warna


Hidup Kartika Nirmala penuh kesulitan sejak bertemu dengan Surya Birendra di SMA Nawasena. Bersyukur ada Chandra Abisetya yang selalu membantu Kartika. Surya, cowok yang jadi biang kerok di sekolahnya tak menghentikan langkah Kartika. 


Bersama Chandra yang selalu jadi penyelamatnya, bukan berarti Kartika menjadi seorang cewe yang manja. Di balik perseteruan, mereka bertiga menyimpan sebuah rasa. 


"Aku belum bisa memaafkan Surya. Entah sampai kapan aku bisa ikhlas menerima takdir ini. Masih ada rasa dendam di hatiku. Kadang aku ingin Surya juga merasakan penderitaan yang aku alami. Ampuni aku, Tuhan." (Kartika Nirmala-Naladhipa hal 2)


"Mungkin semua ini memang salahku sendiri yang sejak awal berbuat buruk kepada Kartika. Aku pun memperoleh karma. Kuharap Tuhan masih memberikan kesempatan untuk memperbaiki semuanya. Ternyata sangat tidak mudah." (Surya Birendra-Naladhipa hal 2)


" Seandainya Surya bisa lebih baik pada Kartika, akankah gadis itu mencintainya? Seperti ada kedekatan takdir antara Surya dan Kartika. Ada pula saatnya aku terpisah jauh dari Kartika. Hanya ada Surya bersamanya. Haruskah aku menyerahkan Kartika ke tangan Surya?" (Chandra Abisatya- Naladhipa hal 2)


Membaca novel Naladhipa karya Riski Diannita, saya suka dengan pemberian nama tokoh dalam cerita ini. Dari Kartika Nirmala, Surya Birendra hingga Chandra Abisetya. Nama-nama yang punya kharisma, penulis memilih nama yang bagus buat tokoh di novel ini.


Saya juga salut dengan kegigihan tokoh Kartika dalam menjalani kehidupannya. Bukan berasal dari keluarga berada tak membuatnya merasa berkecil hati. Ia belajar dengan giat hingga mendapatkan beasiswa di sekolahnya.


Sebagai anak asisten rumah tangga di rumah Surya, ia tak kehilangan semangat meraih mimpinya bahkan saat ayahnya meninggal karena kecelakaan saat menjalankan tugasnya sebagai sopir keluarga Surya.


Surya, sosok anak yang berasal dari keluarga berada kadang membuat ulah terhadap Kartika di sekolahnya. Kehadiran Chandra sebagai sahabat Surya dan orang yang juga mengagumi Kartika memberi warna baru dalam novel Naladhipa ini.


Novel Naladhipa menceritakan kisah Kartika, Surya, dan Chandra dengan gejolak masa remajanya. Haruskah Kartika memilih antara Surya atau Chandra? Siapakah satu jantung hati yang menerangi?


Novel teenlit karya Riski Diannita ini recommended buat dibaca. Perjuangan Kartika dan cerita cinta segitiga di antara mereka memberikan banyak pelajaran atau nilai moral yang positif bagi pembacanya. 


Berasa ikut balik lagi ke masa SMU baca novel ini. Kisah kasih di SMU selalu menyisakan kenangan tersendiri. Buat yang mau baca novel lain karya Mba Riski Diannita bisa baca review saya tentang 1 Hati 150 Hari yang nggak kalah menarik ceritanya.


Itulah resensi novel "Naladhipa, Jantung Hati yang Menerangi," karya Riski Diannita. Bagaimana menurut Sahabat Catatan Leannie, tertarik nggak nih buat baca novel teenlit Naladhipa ini?


Salam,








13 comments

  1. Bagus idenya ya?
    Membidik kisah Cinderella milenial bernama Kartika yang harus memperjuangkan cita-cita nya
    Bagus nih kalo dibikin drama atau film

    ReplyDelete
  2. Bagus artinya ya, Naladhipa, jantung hati yang menerangi...baca novel teenlit begini jadi bikin awet muda, karena menikmati kisah-kasih masa remaja yang penuh semangat meraih cita dan cinta

    ReplyDelete
  3. Iya ya, nama-nama tokohnya nggak biasa, kayak zaman now yang nama tokoh kebarat-baratan. menarik nih novelnya, bisa jadi list bacaan di bulan puasa ini :)

    ReplyDelete
  4. Novel-novel teen memang banyak memberi warna dalam dunia literasi khususnya novel. Kisah yang diangkat selalu menarik

    ReplyDelete
  5. Teenlit tuh bacaan hiburan banget loh menurut saya. Meski terkadang bikin gemes, alur cerita teenlit biasanya seru meski simpel. Yang sering saya baca memang tentang cinta segitiga dengan tiga karakter yang unik.

    Saya setuju dengan Lia, penamaan tokoh-tokohnya keren banget. Bisa nih jadi ide buat bapak/ibu yang sedang menanti kelahiran buah hati. Judul novelnya juga keren deh. Kalo gak salah NALA dan DHIPA ini dari bahasa Sansekerta bukan ya? Artinya juga mengesankan "Jantung hati yang menerangi". Apik luar biasa.

    ReplyDelete
  6. Kisah teenlit ya? Lama ga baca genre ini tapi emang pemilihan nama tempat dan karakter unik banget.

    ReplyDelete
  7. Bagus banget arti Naladhipa, bisa jadi nama anak tuh #eh :D
    Wah jd ini ceritanya kisah cinta di sekolah yaa, jd keinget masa-masa paling indaaah, masa-masa di es em aaaa #malahnyanyi
    Nanti ini akan berkembang jd setting mereka udah dewasa atau tetep SMA aja ya? Penasaraan :D

    ReplyDelete
  8. Kalau novel teenlit seru buat dibaca.
    Apalagi kalau udah sekitar sekolahan cerita yang diangkat, bisa seakan balik lagi ke jaman sekolah ya Teh

    ReplyDelete
  9. Kisahnya keren banget. Ada rasa dengan lawan jenis, karena pernah bersama dalam satu lingkup lingkungan, pernah saya rasakan juga kisah Naladhipa ini. Kata2nya juga banyak yang romantis ya, jadi mengingatkan moment2 yang lalu.

    ReplyDelete
  10. Cantik sekali. Naladhipa.
    Kisah cinta remaja yang selalu aku suka dengan plot cinta segitiga dimana tokoh utamanya begitu menyedihkan kondisinya, namun tetap bisa bangkit dan bertahan. Semoga siapapun yang dipilih Kartika, mampu membawanya ke terangnya cahaya kebahagiaan.

    ReplyDelete
  11. Iya banget nih, nama tokoh-tokohnya menarik ya. Gak pasaran. Sangat Indonesia. Btw, menarik nih tema novelnya. Huhu udah lama gak baca novel kisah anak SMA. Jadi kangen masa-masa SMA deh ih.

    ReplyDelete
  12. kisah cinta di sekolah memang selalu asyik untuk dibaca yaa. saat membacanya kita akan dibawa ke masa-masa sekolah dulu, membayangkan apa yang kita lakukan di masa itu

    ReplyDelete
  13. Judulnya unik
    Begitu juga dengan nama nama tokohnya
    Cerita kisah cinta di sekolah selalu menarik ya bikin orang penasaran

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Komentar akan muncul setelah saya setujui. Mohon tidak berkomentar sebagai anonim atau menyertakan link hidup. Link hidup akan saya delete. Maaf jika ada komentar yang belum terbalas.