Menjelajahi Keindahan Bawah Laut di Seaworld Ancol


Menjelajahi Seaworld
Jalan-jalan ke Seaworld

Taman Impian Jaya Ancol atau kini lebih dikenal dengan Ancol Jakarta Bay City merupakan tujuan wisata di Jakarta yang punya beragam pilihan untuk dikunjungi.

Kamu bisa memilih Dunia Fantasi atau lebih dikenal dengan Dufan, Atlantis Water Adventure, Gelanggang Samudera, Seaworld, atau Pantai Indah Ancol. Kami sekeluarga beserta sahabat suami memilih menjelajahi keindahan bawah laut di Seaworld, Ancol.

Sebenarnya ini adalah kunjungan latepost, kira-kira di Bulan Maret 2019 yang lalu, bertepatan dengan hari lahirnya suami. Kami mengajak anak dari kakak ipar menemani Dzaky serta ketiga anak lain dari sahabat menambah serunya acara kunjungan Kami ke Seaworld saat itu.

Keseruan menuju Seaworld
Berangkat dari Bandung kira-kira pukul 8.30 WIB, lebih lambat dari waktu yang dijanjikan memang, but it's okay. Untungnya perjalanan enggak macet sehingga pada pukul 11.00  WIB atau lebih, Kami sudah sampai di Ancol.

Sea World yang berada di di Taman Impian Jaya Ancol, Jalan Lodan Timur No. 7, RW.10, Ancol, Pademangan, Kota Jakarta Utara ternyata tak pernah sepi pengunjung apalagi saat kami berkunjung ke sana bertepatan dengan hari libur nasional.

Begitu sampai di loket, tas dan makanan dititipkan  di tempat penitipan barang. Kami kemudian masuk ke Seaworld.

Ada beberapa hal menarik ketika menjelajahi keindahan bawah laut di Seaworld Ancol, yuk, simak di bawah ini!

Melihat ragam koleksi ikan dari berbagai perairan Indonesia dan dunia

Begitu masuk ke sini, saya cukup terkesan melihat banyaknya ikan yang ada di akuarium besar.

Pandangan saya tertuju ke arah "Shark Aquarium," atau akuarium yang berisi ikan hiu. Saya sempat mengabadikan foto di kolam ini, sebagai dokumentasi dan kenang-kenangan. 

Shark Aquarium 
Ada juga Hammer Shark yang cukup unik dan jadi favoritnya Dzaky di Aquarium yang satu ini.

Hammer Shark, perhatikan bentuk kepala ikannya

Beragam jenis ikan ada di sini, bisa mencapai ribuan species yang berasal dari kawasan laut Indonesia, seperti Samudera Hindia, Laut Jawa, Samudera Pasifik  bahkan dari Samudera Atlantik.

Beragam jenis ikan di Seaworld

Swafoto bersama ikan-ikan

Beragam koleksi Ikan Air Tawar di Indonesia dan dunia, diantaranya Piranha dan Arapaima 

Kamu bisa menemukan aquarium yang berisi ikan Piranha juga ikan Arapaima. Ikan Arapaima merupakan ikan air tawar terbesar di dunia yang berasal dari perairan Amazon. Beratnya bisa mencapai sampai 200 kilogram dengan panjang mencapai 3 meter.

Bersama ikan Arapaima

Atraksi yang menarik perhatian seperti Feeding Show, Barongsai dan lainnya

Salah satu tempat yang jadi perhatian penonton adalah aquarium utama. Aquarium ini menampung 5 juta liter air laut dengan perkiraan sebanyak 35.500 ekor ikan laut Indonesia dari 35 spesies.

Aquarium utama di Seaworld  dengan ukuran 38 x 24 meter dan volume air yang cukup besar disebut sebagai akuarium air laut terbesar di Asia Tenggara.

Aquarium ini dipadati pengunjung karena  adanya feeding show atau  pemberian makanan untuk ikan-ikan di sana dan juga beragam atraksi lain sering juga dilakukan untuk menarik minat pengunjung.

Atraksi Barongsai di dalam air
Saat Kami berkunjung ke sini, ada atraksi barongsai di dalam air. Kami benar-benar terkesima dengan penampilan mereka. Riuh tepuk tangan penonton pun ikut menyemarakkan suasana.

Kamu juga bisa melakukan fun dive dengan membayar uang sebesar Rp.500.000,00 untuk mendapatkan sertifikat menyelam di aquarium utama ini.

Berfoto di Antasena Tunnel, spot favorit pengunjung di Seaword

Kami juga menjelajahi sebuah terowongan kaca atau dikenal dengan nama Antasena Tunnel, terowongan sepanjang 80 meter ini menjadi spot favorit pengunjung untuk berfoto di sini. 

Antasena, spot favorit di Seaworld

Kamu bisa berjalan di travelator sambil memandangi berbagai jenis ikan yang berenang di atas terowongan kaca. Di sisi terowongan terdapat informasi mengenai jenis ikan juga habitatnya.

Arena Touch Pool yang disukai anak

Seaworld juga menyediakan arena touch pool, di tempat ini Kamu bisa menyentuh beberapa jenis hewan seperti bintang laut, sea turtle, dan lainnya. Saat itu, Dzaky begitu antusias memegang sea turtle.

Arena Touch Pool

Melihat berbagai koleksi hewan laut yang diawetkan

Seaworld dilengkapi dengan museum yang berisi koleksi hewan laut yang sudah diawetkan. Ada koleksi berbagai jenis ikan, cumi, dan hewan laut lainnya. Inilah beberapa koleksi hewan laut yang sempat dokumentasikan.





Ragam koleksi hewan yang diawetkan


Jelly Fish Sphere, wahana baru di  Seaworld Ancol

Kamu bisa melihat Jelly Fish atau ubur-ubur yang indah dalam kolam diterangi cahaya warna warni. Ubur-ubur ini jadi wahana baru di Seaworld. Kamu juga bisa menjadikan tempat ini buat swafoto.

Sayangnya di spot ini, saya tidak mendokumentasikannya karena saat itu gawai sudah habis baterainya, meski begitu rasanya senang sekali melihat keindahan bawah laut. Keindahan bawah laut yang memesona bisa Kamu temukan juga di Raja Ampat.

Baca juga : Raja Ampat, Surga Tersembunyi dari Timur yang Tersohor hingga ke Mancanegara

Beragam ikan dan biota laut lainnya membuat saya terpesona akan ciptaan-Nya. Bukan hanya saya, Dzaky pun excited melihat keindahan bawah laut di Seaworld.

Seaworld, wahana yang disukai anak

Ada Toko Merchandise dan Restoran juga di sini

Kamu juga bisa membeli merchandise atau oleh-oleh sebagai kenang-kenangan di Seaworld, Ancol. Ada boneka berbentuk ikan atau topi yang bisa dijadikan buah tangan. Saat makan siang pun, Kamu bisa membeli makanan atau santap siang di restoran Seaworld. Berbagai pilihan menu bisa Kamu pilih di sana.

Untuk tiket masuk Seaworld dikenakan tarif sebesar Rp. 85.000,00/orang pada hari senin-jumat, sedangkan untuk weekend dan hari libur dikenakan tarif Rp.100.000,00. Jam operasional Seaword mulai pukul 09.00 - 18.00 WIB.

Berbagai jenis aktivitas menarik bisa dilakukan di Seaworld. Selain tempat rekreasi, Seaworld juga menjadi wisata edukasi untuk mengetahui keanekaragaman biota bawah laut di Indonesia dan dunia. Sebagai wisata edukasi lain, Kamu juga bisa berkunjung ke tempat ini.

Baca juga: Puri Maerokoco, Taman Mini Jawa Tengah

Rasakan kebersamaan indah bersama keluarga saat berwisata bersama ke Seaworld. Yuk, nikmati berbagai keindahan bawah laut di Seaworld Ancol



Salam, 







65 comments:

  1. mbak, bagus, lengkaapp dan detil sekali tulisannya. jadi merasakan berkunjung kesana lgsung melalui tulisan mbak Lia Yuliani😍💕terima kasih bnyak mb ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak Vidya. Mungkin kalau ada kesempatan bisa berkunjung juga ke sini. Hehe biar bisa lihat langsung. Anak-anak pasti suka ke sini.

      Delete
  2. Dulu saya kesini masih single, jaman itu harga tiket masuknya masih 50ribu. Pengen kesini lagi stelah punya anak. Ngumpulin uangnya dulu deh, soalnya tiket pesawat sekarang muahal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah lama juga, ya, Mbak. Iya sih, buat yang di luar kota apalagi beda pulau mesti dipertimbangkan juga biaya transportnya. Moga suatu saat bisa ke sini bareng anak-anak, ya, Mbak.

      Delete
  3. Duhhhh jadi ingat saya terakhir ke sini pas sedang hamil Lubna 2,5 bulan :) Artinya, belum pernah ajak Lubna ke sini. Dia pasti seneng banget kalau bisa ke Sea world. Semoga next time pas ke Jakarta bisa mampir Sea world lagi :) aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Moga Lubna bisa ke SeaWorld, ya. Pasti seneng lihat banyak ikan di sini.

      Delete
  4. Serunya memang sama anak2 kalau k sini sekalian edukasi jg y kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Kalau pun anak masih kecil, dia juga senang, kok, lihat banyaknya ikan di sini. Untuk yang udah sekolah bisa jadi referensi belajar juga.

      Delete
  5. Belum pernah lihat dunia bawah laut selain di TV dan foto2, so pengen banget deh bisa ke Sea World ini bersama keluarga dan anak2. Pastinya seru sekali ya Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Anak-anak pasti senang. Moga bisa ke sini, ya, Mbak bareng buah hati

      Delete
  6. Sudah lama gak ke Ancol. Berasa ke Sea World baca tulisan mba Lia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng sih, Mbak lihat keanekaragaman biota laut di sini. Banyak banget ikannya.

      Delete
    2. Iya, Mbak. Hehe, barangkali mau berkunjung lagi ke Ancol sekalian main ke Seaworld

      Delete
  7. Terakhir ke seaword sekitar 7 tahun yang lalu. Jadi pingin ke sana lagi ajak si bontot yang belum pernah. Makasih update infonya, Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak. Seru memang kalau ngajak anak ke sini.

      Delete
  8. Saya pernah lewat depan Seaworld, duluuu banget. Sayangnya belum sempat mampir sampai sekarang, hehe. Baca ulasan Mbak Lia ini jadi pengen merencanakan ke Sea World jika mampir ke Jkt. Apalagi bungsu saya suka banget ma hiu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak moga bisa ajak anaknya ke sini, pasti dia seneng, buat yang udah sekolah sekalian belajar juga keanekaragaman biota bawah laut

      Delete
  9. Aku tuh dari dulu pingin banget ke sini. Tapi gak ada yang ajakin. Kalo buat kencan berdua kayaknya oke ya. Tapi kalo liburannya rombongan ya jadi tekor. 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, berdua aja sama Misua juga boleh. Hehe ��

      Delete
  10. anakku suka banget main di kolam sentuhnya seaworld ancol hehehe, selagi akunya ngadem

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya, Mbak. Anak saya juga suka pegang penyunya. Mungkin ada rasa penasaran anak pengan megang hewan laut.

      Delete
  11. Udah lama banget nggak ke Ancol. Aku pengen ngajakkin anakku ke sana mbak. Makasih ya buat infonya, lengkap banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak. Iya, bagus buat anak, banyak wahana edukasi buat pembelajaran juga

      Delete
  12. Keren ih, edukatif banget hiburannya. Harus dibaca banget ini sama emak-emak yang masih punya anak sekolah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Miss Juli. Bagus juga buat wisata edukasi, Miss.

      Delete
  13. Fixed mbak lia ku harus ajak Julio ke sini kelak. Dulu pernah ke sini pas aku masih SMP tapi pasti sudah banyak yang berubah ya..seru kali liat ikan pada terbang (saat di terowongan hehe)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Ajak aja. Seru di terowongan Antasena bisa lihat banyak ikan. Suka lihat ikan pari kalau saya. Ada wahana baru Jellyfish atau area ubur-ubur, sayang saya enggak foto karena batre habis.

      Delete
  14. Lihat ini jadi inget terakhir kali kesana itu pas tahun 2016 kalau gak salah hehee. Itupun pas awal-awal nikah, sekarang belum sempat lagi main kesana. Jadi mupeng bawa si kecil kesana mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak, Kalaupun masih kecil anaknya pasti suka lihat ikan-ikan. Buat anak sekolah bagus juga sekalian wisata edukasi

      Delete
  15. Dari jaman aku kecil, kalo liburan ke jakarta ya tujuannya sea world yang. Next juga si kecil kalau ada rezeki di bawa kesana.

    ReplyDelete
  16. mumpung masih masa liburan anak sekolah, cocok ya membawa anak ke Ancol untuk menjelajahi berbagai Wana wisata di dalamnya. Ke Dufan saja belum tentu bisa kajangkau semua dalam satu hari. Blm lagi Wana wisata lainnya...
    Gak cukup satu hari deh ah bagi kami main ke Ancol itu kalau mau eksplorasi semuanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, Mbak. Enggak mungkin sehari kelar ngubek-ngubek Ancol. Memang Seaworld wahana ramah anak dan bisa sekalian buat esukasi juga.

      Delete
  17. Waaah komplit banget jelasinnya, sudah lama gak ke Ancol nih hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, saking excitednya semua hal ditulis. Saya juga baru me sini lagi setelah satu apa dua tahun yang lalu

      Delete
  18. Jadi pengen kesana mumpung liburan. Baru anak2 aja yg kesana dari sekolahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mom, anak-anak pasti excited ke sini. Seru lihat banyaknya ikan.

      Delete
  19. Belum pernah lihat bawah laut, cuma bisa lihat di sea word dah lama ga ke ancol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Selain Ancol saya juga belum pernah. Pengen sih ke Raja Ampat, tapi belum kesampaian

      Delete
  20. Keindahan bawah laut di Sea World dari jaman aku SD pas baru-baru buka sampai sekarang bener-bener bagus ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Indah banget lihat alam bawah laut di Seaworld.

      Delete
  21. Waaah Seaworld.. Belum pernah kesini nih, jauh dari surabaya. hehehe... cocok banget ya mba untuk liburan bersama anak-anak. mau juga ngajakin anak-anak kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Cocok buat wisata edukasi anak juga

      Delete
  22. Seaworld nih yang belum pernah daku jejaki, padahal tinggal di Jakarta, hihi.. Semoga berkesempatan juga kek gitu melihat seaworld

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, deket ini, Mbak. Ntar bisa nyusul ke sini. Hehe

      Delete
  23. Indahnya pemandangan di bawah laut, Ancol memang top

    ReplyDelete
  24. Ancol itu alternatif banget untukku buat ngajak anak melihat keindahan bawah laut. Apalagi bisa memperkenalkan dia dengan beberapa ikan dan hewan laut lainnya. Alhasil dia ketagihan kalau diajak ke Seaworld, lumayan jugalah sekalian jalan-jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, jadi sering dong, datang ke sini. Meski sering, kayaknya enggak bakal bosen, ya

      Delete
  25. Ah mba baca ini aku jd ingat tempo hari kepikiran ngajak su baby ke Jakarta Aquarium tp smp skrh blm jadi jadi, oen nunggu diskon an deh hehe kemarin brp HTM nya mba? Katanya seratusanwya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi pengen juga ngunjungin Jakarta Aquarium. Iya sekitar 100an, misua yang bayar soalnya. Hehe, lupa tepatnya berapa

      Delete
  26. Fun dive itu berarti kita nyelem di aquariumnya ya mom? Yg gak terlalu pinter berenang boleh ikutan gak ya? Blm bisa diving di Raja Empat sementara diving di Seaworkd dulu haha. Itu pasti anak2 seneng yaaa liat ikan2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus Lulus diving dulu, dapat sertifikat gitu buat nyelam. Hehe, kujuga pengen tapi enggak yakin bisa diving

      Delete
  27. aku terakhir k seaworld ini pas masih SD gitu kalo ga salah hihi. Dan sekarang udah sebagus ini ya mba ada feeding dan jelly fish buat berselfie ria

    ReplyDelete
  28. Sudah berapa tahun yang lalu ya...aku ke Sea World?
    Hehehe...sejak aku SD.

    Ada pertunjukkan anjing laut gitu gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya kalau pertunjukkan hewan laut di Gelanggang Samudera, maybe. Belum pernah juga, sih, ke sini

      Delete
  29. tahun 2012 aku ke seaworld anterin ponakan pengen liat ikan2 hehehe eh yang seneng malah aku tantenya wkwkwk berasa banget excitednya apalagi bisa foto2 dengan spot binatang air :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, sekalian ikut happy, ya, Teh Herva. Hehe

      Delete
  30. Pengen banget deh main ke Seaworld lagi. Terakhir kapan yaa udah lama banget. Haha. Ntar kalau anak udah gedean ke sini ah..

    ReplyDelete
  31. Kemarin ngeliat iklan SeaWorld di tivi, terus baca tulisannya mba Lia, jadi ikutan pengin ke Seaworld. Sebagai warga luar Jakarta, bisa nih jadi salah satu list destinasi yang menarik buat dikunjungin nih kalau pas ada rejeki ke Jakarta. Makasih sharingnya ya mba ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Aamiin. Moga bisa berkunjung ke sini bareng keluarga, ya ��

      Delete
  32. Seru banget sih, entah kapan kami bisa ke seaworld.
    Mupeng ih.

    Kalau ke Jakarta tuh bingung ya mau ke mana, saking banyak yang kudu di kunjungi, tapi kalau punya anak, ke tempat seperti ini is a must! *halah hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, niatnya emang ngasuh anak. Hehe ... emaknya juga suka kok lihat ikan-ikan di sini

      Delete

Silakan tinggalkan komentar. Mohon tidak menyertakan link hidup. Terima kasih atas kunjungannya.

My Instagram