Indonesia Website Awards

Belajar sambil Bermain Game Edukasi Anak di Culinary Schools

Culinary Schools
Bermain game edukasi Culinary Schools, 
via dokumentasi pribadi dan canva

Mengenalkan anak pada dunia kuliner bisa dilakukan dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. Kita bisa mengajak anak belajar sambil bermain game edukasi makanan di Culinary Schools.


Bermain game merupakan hal disenangi anak-anak. Saya membolehkan anak bermain game asalkan diberi batas waktu tertentu dan memilih game yang cocok untuknya. 


Nah, ketika menemukan permainan online gratis Culinary Schools, cocok sekali dimainkan untuk anak karena situs games ini berisi banyak sekali permainan menarik seputar dunia kuliner yang edukatif. 



Manfaat Bermain Game Edukasi bagi Anak


Bermain menjadi aktivitas penting untuk tumbuh kembang anak. Dengan berkembangnya teknologi, kegiatan bermain sambil belajar dapat berpindah ke ranah digital.


Bermain game edukasi ternyata mempunyai berbagai manfaat bagi anak, di antaranya melatih kemampuan berpikir strategis untuk menyelesaikan masalah, melatih kemampuan multibahasa, membantu anak belajar secara mandiri, dan memperkuat memori anak.


Sebelum membolehkan bermain game, orang tua perlu memastikan bahwa anak memainkan game yang sesuai dengan usianya, jangan lupa mendampingi dan mengawasi anak ketika bermain game serta yang terakhir adalah memperhatikan batasan screen time pada anak. 


Salah satu rekomendasi game edukasi tentang kuliner yang saya mainkan bersama anak adalah Culinary Schools. Ada yang udah pernah memainkan game tentang makanan yang satu ini? 



Rekomendasi Game Edukatif tentang Makanan di Culinary Schools


Melalui situs Culinary Schools  ini terdapat lebih dari 150 macam permainan online gratis yang bisa dimainkan. Saya memilih memainkan game edukatif makanan agar dimainkan bersama anak dengan menyenangkan.


Ada beberapa rekomendasi game edukasi dari Culinary Schools yang mudah dan menyenangkan dimainkan oleh anak, di antaranya:


Can I Eat It 


Can I Eat It
Can I Eat It

Can I Eat It merupakan permainan yang mudah dilakukan, cocok dimainkan oleh anak Pra Sekolah atau Taman Kanak-Kanak dengan memilah benda yang dapat dimakan atau tidak. 


Game ini mencakup, buah-buahan, sayuran, kue, sosis, kaus kaki, tongkat, gelas, baterai, serangga, dan banyak lagi yang perlu dipilih apakah termasuk makanan atau bukan.



Fruit Fit

Fruit Fit

Fruit Fit merupakan game edukasi tentang buah. Pemain dapat melihat gambar buah-buahan dengan nama buah-buahan yang ada di sebelahnya dan menguji pengetahuan dengan bermain kuis. Pada Guessing The Fruits, pemain akan memilih buah berdasarkan kata kuncinya. 

Fitur Fruit Fit
Fitur game Fruit Fit


Bermain Fruit Fit
Bermain Fruit Fit


Fruit Words Game

Fruit Words, Culinary Schools
Fruit Words Game

Fruit Word Game merupakan permainan menuliskan atau mengeja nama buah dengan menggunakan keyboard di layar. Game ini berisi 25 buah berbeda. Permainan ini menggunakan bahasa Inggris sehingga anak bisa belajar menuliskan nama-nama buah-buahan dalam bahasa Inggris.


Veggie Friends

Veggie Friend
Veggie Friends

Veggie Friends merupakan game edukasi untuk mengenalkan nama dan bentuk berbagai sayuran pada anak. Melalui fitur Learn About Vegetable, anak bisa mengetahui tentang manfaat berbagai jenis sayuran. 

Learn About Vegetable
Learn About Vegetable

Sedangkan untuk bermain game, anak bisa memainkan Match The Games dan merangkai bentuk sayuran hingga menjadi bentuk sayuran secara utuh. 


Bermain game Veggie Friend
Bermain game Vegie Friend


Food Count 

Food Count
Food Count

Food Count merupakan permainan matematika yang membuat anak belajar berhitung dengan mencocokan gambar makanan dengan jumlah yang tepat pada layar permainan. Game ini cocok dimainkan anak kelas 1 sekolah dasar. 


Bermain Food Count
Bermain Food Count

Ada banyak pilihan game online yang mengedukasi dari Culinary Schools. Ada berbagai pilihan game yang bisa dipilih di sana. Dari kelima game edukasi di atas cukup menarik dimainkan oleh anak, terutama untuk anak pra sekolah atau anak sekolah dasar.  


Senangnya bisa belajar sambil bermain game edukasi anak tentang makanan di Culinary Schools. Kalian bisa mengakses Culinaryschools.org jika ingin bermain game online secara gratis dan tanpa perlu download aplikasinya. 



Salam,





18 comments

  1. Wihh info baru banget nih. Jadi rekomendasi juga buat adek saya.

    ReplyDelete
  2. Jaman sekarang pembelajaran tidak hanya dapat dilakukan dengan aspek-aspek yang kaku. Tapi juga bisa melalui game-game berisikan edukasi. Nah tinggal bagaimana orangtua memperkenalkan dan konsisten membimbing anak-anaknya.

    ReplyDelete
  3. Mengajarkan anak untuk "bermain" di dapur harus berhati-hati dan bertahap. Risikonya dapur bisa kotor, berantakan, dlsb. Sebab itu mulai dengan teori atau pemahaman jadi langkah yang baik. Bakalan suka banget kalo pakai culinary school untuk mengawali langkah belajar anak sebelum benar-benar terjun ke dapur.

    ReplyDelete
  4. Pada era digital ini permainan anak sedikit banyaknya beralih ke permainan digital. Di tengah banyak permainan digital anak, saya sebagai orang tua mesti selektif memberikan game ke anak. Rekomendasi game nya menarik. Makasih sharingnya mba.

    ReplyDelete
  5. Ternyata games culinary school ini seru juga ya😍. Saya aja yg dewasa kepo pengen cobain main haha. Seru nih bermain sambil belajar. Edukatif banget.Thx for share teh Lia

    ReplyDelete
  6. Memang zaman sekarang ini perlu adanya inovasi pembelajaran salah satunya yaitu ini dengan membuatkan pembelajaran tersebut dengan menggunakan game

    ReplyDelete
  7. wah anak-anak pasti suka ya sama game komputer ini apalagi sekarang memang anak-anak lebih cepat terpapar komputer dibandingkan generasi kita

    ReplyDelete
  8. Pas banget nih beberapa hari ini lagi ngumpulin berbagai macam media edukasi, termasuk cerita edukasi dan game edukasi.

    Terima kasih mbak infonya

    ReplyDelete
  9. Sekarang tuh biar gimanapun namanya gadget ya gabisa dijauhin dari anak karena emamg mereka hidup di jaman serba teknologi.
    Jadi tinggal orangtuanya aja yang perannya lebih di maksimalin supaya anak gam melulu konsumtif gadget tanpa pengetahuan..

    Game edukasi kaya culinary gini bagus banget buat mengasah kemampuan motorik dan logika anak..

    ReplyDelete
  10. Sayangnya anak saya sudah cukup besar dan sudah bisa memasak sendiri. Kalau nggak, cocok juga nih main game Culinary School ini.

    ReplyDelete
  11. Rekomendasi games yang menarik untuk anak-anak. Selain mengasah kemampuan kognitif anak, juga memberikan edukasi. Tapi seperti yang disebutkan, yang nggak boleh diabaikan adalah soal jenis game dan juga batasan waktunya. Harus selalu diperhatikan.

    ReplyDelete
  12. Sebenarnya bermain game ini banyak sekali manfaatnya untuk anak ya, Mba. Memang sih tentu saja harus diberikan games yang sesuai usia dan untuk edukasi begini.

    ReplyDelete
  13. Yeayyy makasih infonya kak Lia. Kebetulan aku lagi nyari game edukasi yg bisa diakses via website. Mau ngajak bocil2 taman kanak kanak main game sembari belajar.

    ReplyDelete
  14. Buat si kecil yang takut sama sayur bisa mengubahnya jadi seneng sayur nih berkat ini games ya Teh

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah jika sudah banyak game yang bermamfaat buat pendidikan anak. Game terkadang jadi buah simalakama, karena fitur iklan game lain yang muncul saat anak main game educative. Dengan mudahnya anak-anak berpindah game hingga membuatnya terlena pada game membuang-buang waktu.

    ReplyDelete
  16. Veggie Friends sihh yang menurutku menjadi list game yang perlu dikenalkan dengan anak kecil. Karena yang sangat friendly dan pengetahuannya tuh simpel tapi menarik gitu.

    ReplyDelete
  17. Anak-anak dan games yang dimainkan kudu sesuai usia dan mengandung banyak media pembelajaran yaa.. Culinary School salah satu tempat bermain games yang seru dan banyak manfaatnya.

    ReplyDelete
  18. Wah makasii rekomendasinya ya. Anak-anak memang suka maen game tapi tetap harus dipilihkan games yang ada nilai edukasinya. Anak-anak tetap fun main game tapi bisa sambil belajar juga

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Komentar akan muncul setelah saya setujui. Mohon tidak berkomentar sebagai anonim atau menyertakan link hidup. Link hidup akan saya delete. Maaf jika ada komentar yang belum terbalas.