Mengetahui Jenis Kulit untuk Perawatan Kulit Terbaikmu

Foto by Pinterest

Berbeda jenis kulit, berbeda pula perawatannya. Tiap jenis kulit punya kebutuhan dan nutrisi yang berbeda. Ada beberapa cara mengetahui jenis kulit untuk perawatan kulit terbaik buat Sahabat semua.

Cara mengetahui jenis kulit adalah dengan mengidentifikasinya sendiri atau bertanya pada dokter kulit. Ada lima jenis kulit yang perlu kita tahu, diantaranya:

1. Kulit Normal

Kulit normal adalah jenis kulit yang jarang terkena masalah, kandungan air dan minyak seimbang, warna kulitnya merata, tampak lembut dan halus, pori-pori normal, tidak ada noda merah, komedo, atau jerawat yang mengganggu penampilan.

Jenis kulit normal tidak butuh perawatan yang khusus hanya perlu rutin memakai cleanser atau pembersih juga moisturizer seperti pelembap dan tabir surya.

2. Kulit Kering

Karakteristik kulit kering bisa dilihat dari adanya pengikisan kulit mati, kulit terasa kasar, terlihat garis kulit dan pori-pori terlihat jelas.

Faktor cuaca yang panas dan kering bisa menyebabkan kulit kasar. Salah satu tanda penuan dini adalah kulit yang kering terasa saat usia bertambah terutama di usia 30 tahun ke atas.

Penyebab kulit kering diantaranya faktor genetik keluarga, efek samping obat-obatan, radiasi dari  matahari dan sinar UV, mandi air panas terlalu lama.

Perawatan kulit kering perlu pelembap yang cocok, tanpa detergen, menggunakan krim siang untuk melindungi dari radiasi uv, menjaga kelembapan kulit dengan mengaplikasikan krim malam.

3. Kulit Berminyak

Kulit yang berminyak jelas terlihat dari kulit yang berkilau saat terkena cahaya matahari, pori-pori kulit tampak besar, adanya komedo dan jerawat.

Penyebab kulit berminyak bermacam-macam diantaranya masa pubertas, cuaca panas, efek obat-obatan, dan stress.

Gunakan pembersih dengan kandungan ringan selama dua kali sehari, untuk kulit berjerawat, jangan memencetnya karena akan memperparah kondisi kulit berjerawat.

4. Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi adalah campuran antara kulit kering dan berminyak. Kulit berminyak di zona T, yaitu di bagian dahi, hidung dan dagu, juga kulit kering di bagian yang lainnya. 

Penyebab kulit kombinasi adalah faktor genetik dari riwayat keluarga dan perubahan cuaca.

5. Kulit Sensitif

Kulit sensitif ditandai dengan kemerahan di kulit, kering, gatal, kulit merasa terbakar, dan kulit terlihat menipis.

Penyebab kulit sensitif diantaranya jerawat, Rosacea yang ditandai pembuluh darah atau kuku yang rusak, Dermatitis kontak karena iritasi dari sabun, detergen, atau pelembap.

Setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda, karena tiap jenis kulit butuh perawatan dan nutrisi yang berbeda. Ketahui jenis kulit untuk perawatan kulit terbaikmu.

You Might Also Like

0 comments